Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Pakai Tabir Surya

Benarkah penggunaan tabir surya bisa memperlambat penuaan?

Tahukah kamu kalau kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia? Mengutip National Geographic, kulit orang dewasa beratnya sekitar 3,6 kilogram dengan luas permukaan 2 meter persegi.

Penting bagi kita untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit. Salah satunya dengan mengoleskan tabir surya atau sunscreen ke kulit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus rajin pakai tabir surya. Check this out!

1. Mencegah munculnya bintik matahari

Bintik matahari atau sunspots merupakan bintik-bintik cokelat pada area kulit yang terkena sinar matahari. Walau tidak berbahaya dan tidak bersifat kanker, bintik ini memengaruhi penampilan.

Dilansir Parrish Healthcare, bintik matahari bisa muncul di wajah, bahu, lengan, punggung, dan punggung tangan. Untuk melindungi kulit dan mencegah peradangan, gunakan tabir surya.

2. Melindungi kulit agar tidak terbakar matahari

5 Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Pakai Tabir Suryailustrasi sunburn (sunoven.com)

Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan bisa menyebabkan luka bakar (sunburn) yang menyakitkan. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang mataharinya terkenal "kejam". Gejalanya adalah kulit menjadi merah, nyeri, dan terasa panas ketika disentuh.

Yang lebih mengerikan, sunburn merupakan penyebab utama sebagian besar kanker kulit, seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma, mengutip The Skin Cancer Foundation.

3. Mengurangi risiko kanker kulit

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), penyebab sebagian besar kanker kulit ialah terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet (UV). Radiasi tak kasatmata ini bisa merusak sel-sel kulit.

That's why, gunakan tabir surya spektrum luas, minimal SPF 15. Makin tinggi angkanya, maka makin baik. Oleskan ulang setelah beraktivitas di bawah sinar matahari selama dua jam, setelah berenang, atau jika banyak berkeringat.

Baca Juga: 7 Masalah Kulit Berbahaya, Bisa Membahayakan Nyawa!

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

5 Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Pakai Tabir Suryailustrasi kerutan (pixabay.com/analogicus)

Matahari membuat kulit menua sebelum waktunya. Ini disebut sebagai photoaging. Sinar matahari bisa merusak kolagen dan jaringan ikat, yang membuat kulit kehilangan elastisitas dan memunculkan kerutan.

Menurut Canadian Dermatology Association, paparan sinar matahari selama bertahun-tahun akan meningkatkan jumlah kerutan di mata, mulut, dan dahi. Bahkan, bisa menjadi lipatan yang dalam!

5. Mencegah telangiektasis

Dilansir MedlinePlus, telangiektasis adalah pembuluh darah kecil yang melebar di kulit. Salah satu penyebabnya ialah paparan sinar matahari.

Gejala yang paling umum adalah terdapat garis merah samar di wajah, yang dijuluki sebagai spider veins. Garis tersebut akan menghilang sementara ketika ditekan.

Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah melindungi kulit dari sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya serta memakai kacamata hitam, masker wajah, dan topi.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus rajin memakai tabir surya atau sunscreen. Siapa lagi yang akan melindungi dan menjaga kulit, kalau bukan kita sendiri?

Baca Juga: 7 Fakta Penting Sunburn, Kulit yang Terbakar Matahari

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya