Comscore Tracker

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik Ini

Bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah

Sering mengalami sakit punggung? Penyebabnya sakit punggung bermacam-macam, mulai dari postur duduk yang salah, mengangkat benda berat, trauma akibat jatuh, dan lain-lain.

Tenang, ini bukan akhir dari segalanya. Ikuti cara alami yang bisa dilakukan di rumah ini untuk meredakan sakit punggung yang bisa menyiksa. Let's try!

1. Perhatikan postur tubuh saat beraktivitas

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniLakukan peregangan tiap beberapa jam sekali (Freepik/rawpixel.com)

Ingat, hindari postur statis dalam waktu lama. Perhatikan persendian, otot tulang belakang, dan pinggul. Bagaimana cara meminimalkan tekanan dan kelelahan pada area tersebut?

Salah satunya adalah hindari duduk berlebihan, terutama saat bekerja. Dilansir Spine-health, tekanan pada cakram tulang belakang meningkat saat duduk dalam waktu lama.

Triknya, usahakan untuk berdiri dan berjalan sebentar setiap jam untuk melepaskan beban dari cakram. Lakukan peregangan singkat, seperti mengangkat tangan, menggerakkan leher, memutar bahu, atau memiringkan tubuh ke kiri dan kanan.

Jika tidak, postur tubuh yang buruk akan menyebabkan masalah pada punggung dan meningkatkan rasa sakit. Ketika rasa sakit muncul, kurangi aktivitas berat dan beristirahatlah sejenak.

2. Tidur nyenyak bisa membuat tubuh segar kembali

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniUntuk mengurangi rasa sakit, kualitas dan durasi tidur harus terjaga (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Berdasarkan studi berjudul "Chronic Low Back Pain, Sleep Disturbance, and Interleukin" yang diterbitkan di The Clinical Journal of Pain tahun 2011, sakit punggung akan berkurang dengan tidur nyenyak di malam hari.

Yep, kualitas dan durasi tidur yang baik memiliki banyak manfaat. Seperti membuat tubuh terasa segar, mengurangi stres, dan berdampak positif pada penyembuhan.

Sulit tidur nyenyak? Coba minum teh! L-theanine, asam amino yang ditemukan dalam daun teh membantu agar tubuh rileks. Selain itu, suplemen yang terbuat dari akar tanaman Valeriana officinalis bisa membuat tidur lebih cepat dan lebih lama.

Cara lainnya adalah minum jus ceri atau ekstrak ceri karena terdapat enzim tertentu yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen melatonin untuk memperbaiki siklus tidur.

3. Regangkan sendi dan jaringan lunak dengan yoga

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniYoga bisa membantu meredakan nyeri punggung (pexels,com/Burst)

Yoga bisa dilakukan di mana saja dan tidak butuh banyak modal. Manfaatnya melimpah, seperti meningkatkan kesehatan otot dan persendian, meregangkan punggung, memperbaiki kelenturan tulang belakang, dan lainnya.

Awali dengan peregangan secara perlahan dan lanjutkan bila kita merasa nyaman. Disarankan melakukan yoga pada pagi hari untuk mengendurkan tulang belakang serta mengurangi kekakuan dan nyeri punggung.

Dilansir Healthline, ada beberapa pose yoga yang disarankan untuk mengatasi sakit punggung. Contohnya downward-facing dog, sphinx pose, extended triangle, bridge pose, dan masih banyak lagi.

4. Konsumsi minuman antiinflamasi secara teratur

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniMinuman dari kunyit bisa meredakan sakit punggung (Freepik/rudoelena)

You are what you eat. Reaksi inflamasi dalam tubuh bisa berkurang atau bahkan hilang jika kita teratur mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat antiinflamasi. Apa saja contohnya?

Salah satunya adalah minuman dari kunyit. Berdasarkan studi yang dikutip oleh Seniors BlueBook, menunjukkan bahwa kunyit bisa membantu meredakan nyeri punggung atas dan bawah. Ini karena kunyit memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Selain kunyit, cobalah jahe. Sebagai agen antiinflamasi, jahe dipercaya selama ribuan tahun untuk menyembuhkan sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, dan meredakan mual.

Cara penyajiannya sederhana, cukup diseduh dengan air panas. Bisa menggunakan rimpang segar maupun bubuk. Disarankan untuk mengonsumsi minuman ini sebelum tidur agar proses antiinflamasi bekerja saat kita terlelap.

Baca Juga: 7 Penyebab Nyeri Leher yang Paling Umum, Ketahui di Sini!

5. Mandi atau berendam dengan air hangat

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniMandi dengan air hangat bisa mengurangi rasa sakit (freepik.com/goffkein)

Merasa tidak enak badan? Mandi dengan air hangat akan membuatmu merasa lebih baik. Mengutip dari Louisiana Pain Specialists, efek relaksasi dari air hangat berguna untuk meredakan rasa sakit dan nyeri.

Air hangat akan merangsang aliran darah ke otot dan persendian yang kaku. Kehangatannya membantu mengendurkan otot, mempercepat penyembuhan jaringan, dan mengurangi kejang otot.

Meski bisa membuat rileks dan mengurangi kecemasan, pastikan suhunya pas, tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi akan mengiritasi kulit dan membuatnya kering, memperparah eksem bila ada, dan meningkatkan tekanan darah, dilansir Healthline.

6. Tempelkan patch panas ke area yang sakit

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniPatch panas bisa meredakan sakit punggung (verywellhealth.com)

Orang Indonesia pasti familier dengan benda satu ini. Yep, apa lagi kalau bukan heat patch alias koyo panas? Patch yang bersentuhan dengan kulit akan aktif dan menimbulkan sensasi panas yang menenangkan.

Cukup ditempelkan ke titik nyeri, kita akan mendapat pasokan panas terus-menerus untuk meredakan sakit punggung. Patch panas cocok dibawa selama perjalanan jauh maupun disimpan di meja kantor untuk mengurangi pegal-pegal.

Namun, disarankan untuk selalu mengikuti instruksi atau petunjuk pemakaian. Jangan dipakai terlalu lama untuk mencegah kerusakan kulit.

7. Meditasi mungkin bisa membantu

Ucapkan Selamat Tinggal pada Sakit Punggung dengan 7 Trik IniSelain menenangkan pikiran, meditasi juga bisa membuat tubuh rileks (freepik.com/interstid)

Seberapa sering kamu bermeditasi? Meditasi adalah cara terbaik untuk mengurangi kecemasan dan stres, melepaskan hormon endorfin, dan meningkatkan konsentrasi.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal JAMA tahun 2016, ditemukan bahwa pengobatan berbasis mindfulness-based stress reduction (MBSR) bisa mengatasi nyeri punggung bawah kronis pada orang dewasa.

Penelitian ini melibatkan 342 orang dewasa usia 20-70 tahun yang telah berjuang melawan nyeri punggung bawah selama kurang lebih tujuh tahun. Pelatihan meditasi kesadaran dan yoga ini diberikan selama dua jam per minggu.

Kapan waktu yang tepat untuk bermeditasi? Lakukan selama 5-10 menit pada pagi hari di ruangan yang tenang. Meditasi juga bisa dilakukan sebelum tidur atau saat beristirahat di tempat kerja.

Nah, itulah sederet trik atau cara mengatasi sakit punggung yang bisa dilakukan. Menurutmu, mana cara ternyaman dan terampuh?

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Nyeri Pinggang yang Aman dan Minim Risiko, Simak Yuk

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya