Comscore Tracker

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya 

Menggerakkan lengan bisa mengurangi nyeri  

Sudah mendapat giliran vaksinasi COVID-19 belum? Bila sudah, tetap disiplin protokol kesehatan, dan bila belum, bersabarlah hingga waktu giliranmu tiba. Sembari menunggu, kamu bisa memperkaya pengetahuan seputar COVID-19 dan vaksinnya, seperti mengenal efek samping vaksinasi dan cara mengatasinya.

Setelah vaksinasi COVID-19, mungkin kamu akan mengalami beberapa reaksi yang tidak nyaman, seperti halnya vaksinasi lainnya. Harus dipahami bahwa reaksi tersebut normal.

Kalau kamu tak mengalami reaksi apa pun setelah disuntik, bukan berarti vaksin tidak bekerja dengan baik, ya. Ini karena masing-masing orang punya respons yang berbeda-beda terhadap suntikan vaksin yang diterimanya.

Untuk itu, mari mengenali dengan baik efek samping atau beberapa respons tubuh yang mungkin timbul setelah kamu mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, beserta cara mengatasinya. Simak sampai habis, ya!

1. Timbul nyeri, kemerahan, dan bengkak ringan di area penyuntikan

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya Lengan yang nyeri, bengkak, dan kemerahan usai vaksinasi adalah reaksi normal. freepik.com/freepik

Melansir laman resmi Seattle Children’s Hospital, reaksi pada lengan setelah mendapatkan suntikan biasanya berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Reaksi ini tak perlu dikhawatirkan, karena normal dialami usai vaksinasi.

Untuk meringankan gejalanya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Kompres area sekitar lenganmu dengan menggunakan waslap bersih yang dibasahi dengan air hangat. Lakukan selama kurang lebih 10 menit. Tujuannya agar peredaran darah menjadi lebih lancar
  • Kamu diperbolehkan memijat area lengan, akan tetapi pijatlah dengan lembut dan teratur
  • Gerakkan lengan dengan memutar, ke atas, dan ayunkan, kemudian ulangi beberapa kali. Gerakan tersebut direkomendasikan untuk mengurangi ketegangan di sekitar lengan

2. Demam ringan 

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), reaksi tubuh berupa demam ringan sebetulnya adalah hal yang normal. Ini artinya tubuhmu merespons dengan baik atas vaksin yang diterima. Tubuhmu sedang membangun antibodi untuk melindungi diri dari paparan virus yang sebenarnya, yaitu SARS-CoV-2, penyebab COVID-19.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala demam di antaranya:

  • Hindarilah pemakaian selimut yang tebal
  • Kenakan pakaian yang sedikit longgar dan tidak terlalu tebal
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik
  • Kompres dahimu menggunakan waslap air hangat

Baca Juga: 10 Cara Terbaik Mempersiapkan Diri sebelum Vaksinasi COVID-19

3. Sakit kepala ringan 

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya Kadang bisa terjadi sakit kepala ringan setelah vaksinasi. unsplash.com/Usman Yousaf

Setelah disuntik, kadang efek samping yang timbul berupa nyeri kepala ringan. Sebetulnya gejala ini tidak akan mengalami perburukan bila kamu bisa menanganinya dengan cepat.

Sakit kepala yang dirasakan ini merupakan reaksi demam dalam tubuh. Cara terbaik untuk meringankan efek sakit kepala sebetulnya sama dengan cara mengatasi demam, yaitu istirahat cukup, pastikan tubuh tetap terhidrasi, dan kompres dahi bila perlu.

Walaupun konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol tidak dilarang, tetapi jangan jadikan itu sebagai solusi utama. Nyeri kepala ringan adalah bagian dari reaksi bekerjanya vaksin COVID-19. Segera konsultasi ke dokter bila sakit kepala dan demam memberat dan tak kunjung reda.

4. Merasa kelelahan atau mengantuk 

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya Kelelahan dan mengantuk juga dilaporkan beberapa orang usai mendapat vaksin. unsplash.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Kelelahan dan mengantuk juga dilaporkan beberapa orang usai mendapatkan vaksin. Efek ini mungkin kamu rasakan karena tubuh sedang beradaptasi dengan suntikan vaksin COVID-19. 

Kamu dianjurkan untuk segera beristirahat cukup setelah mendapat vaksinasi. Jaga kualitas tidur tetap baik agar keesokan harinya kamu akan terbangun dengan perasaan segar dan bugar.

5. Merasa pegal-pegal pada sebagian atau seluruh tubuh

Ketahui 5 Efek Samping Vaksinasi COVID-19 dan Cara Mengatasinya Ilustrasi badan pegal. freepik.com/jcomp

Reaksi lain yang mungkin akan timbul setelah disuntik adalah berupa pegal di beberapa bagian tubuh atau bisa juga di seluruh tubuh. Untuk mengatasinya, kamu bisa mandi dengan air hangat. Ini membantu tubuh jadi lebih segar dan relaks.

Melansir USA Today, kamu juga bisa menambahkan dua cangkir garam ke dalam bak mandi berisi air hangat untuk mengurangi rasa pegal yang dialami. Kamu bisa berendam selama 10-15 menit, setelahnya langsung tidur dan beristirahat.

Pada dasarnya efek samping yang terjadi setelah vaksinasi COVID-19 bersifat ringan dan tidak berbahaya. Umumnya, setelah mendapatkan suntikan vaksin kedua kamu akan mengalami ketidaknyamanan sedikit lebih banyak dibanding suntikan pertama. Namun, lagi-lagi, ini normal dan tak perlu ditakuti. Kamu bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengatasinya.

Kalau kamu sudah menerima vaksinasi, jangan lengah dan tetap patuhi protokol kesehatan guna melindungi diri dan orang lain di sekitar kita. Sementara itu, kalau sudah tiba giliranmu, jangan menundanya, ya!

Baca Juga: 7 Latihan Olahraga untuk Pasien COVID-19 agar Cepat Pulih

Reni Purwanti Photo Verified Writer Reni Purwanti

Haiiii... jangan lupa bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya