Comscore Tracker

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medis

Jadi lebih sehat dan percaya diri, deh!

Selain 'mengganggu' secara penampilan, lemak membandel di perut juga memicu berbagai risiko kesehatan terutama perihal kardiovaskular. Untuk menghilangkan tumpukan lemak ini dan membuatmu jadi lebih nyaman, percaya diri, dan sehat, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan menurut para ahli!

1. Biasakan berjalan kaki setiap hari

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medistenoblog.com

Kalau kamu terlalu sibuk untuk melakukan olahraga rutin di gym atau bahkan di rumah sekalipun, selalu sisipkan kegiatan berjalan kaki sebagai kebiasaan harianmu. Sebuah studi yang dipublikasikan di The Jounal of Exercise Nutrition & Biochemistry menemukan bahwa seorang wanita obesitas yang melakukan program jalan kaki sebanyak tiga kali seminggu, dengan total durasi 50 sampai 70 menit selama 12 minggu, berhasil menghilangkan lemak perut lebih signfikan.

2. Ucapkan selamat tinggal pada stres

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medisthehtgroup.com

Stres dapat mengacaukan setiap bagian tubuhmu, baik mental maupun fisik. Karena itu, alih-alih melampiaskan stres dengan makanan, alkohol, dan lain-lain, lebih baik temukan dulu sumber penyebab stres dan solusi untuk mengatasinya.

3. Mulai rajin mengonsumsi serat

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medisgreatist.com

Kalau mencari makanan yang benar-benar dapat membuatmu kenyang lebih lama dan sehat, serat yang bisa ditemui di gandum, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, oats, dan sebagainya adalah solusi yang kamu butuhkan. Sebaliknya, makanan dengan kadar karbohidrat dan gula yang tinggi hanya akan membuatmu lebih cepat lapar dan berujung pada berat badan yang tak kunjung turun.

Baca Juga: 6 Teh Terbaik yang Membakar Lemak Lebih Efektif daripada 1 Jam Ngegym

4. Mulai berlatih kekuatan otot

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medisplanetfitness.com

Terutama bila kamu ingin lemak bandel di sekitar perut menghilang dalam jangka waktu panjang, maka berlatih kekuatan otot adalah opsi yang optimal. Pasalnya, aktivitas ini akan membentuk otot-ototmu dan menggantikan lemak tubuh serta mempercepat proses metabolisme.

5. Mengonsumsi protein terutama sebelum berolahraga

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medisatkins.com

Tidak hanya membuatmu kenyang lebih lama, protein juga membantu membuat otot lebih kuat dan besar dan mendorong lemak untuk keluar. Sebagai panduan, kamu bisa mengonsumsi sekitar 70 gram protein sepanjang hari.

6. Mulai prioritaskan tidur

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medischicagohealthonline.com

Kalau kuantitas dan kualitas tidurmu selama ini belum optimal, mulailah untuk memperbaikinya. Tidur terlalu lama akan membuat tubuh jadi lebih malas, sementara tidur terlalu sedikit di malam hari justru akan memicumu lebih banyak makan.

7. Memasak makanan sendiri

7 Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Membandel, Menurut Ahli Medismedicmadness.com

Peneliti di UK menemukan bahwa individu yang makan masakan homemade lebih dari lima kali dalam seminggu memiliki kecenderungan BMI tinggi lebih rendah. Selain itu, individu yang memasak makanannya sendiri juga mempunyai beberapa kebiasaan sehat lainnya seperti olahraga lebih banyak dan menggunakan bahan-bahan sehat seperti sayur dan buah.

Tentu saja, semua kegiatan ini membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya. Karena itu, walau berat di awal, pastikan kamu tetap disiplin dan rutin dalam menjalankannya, ya!

Baca Juga: 10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You