Comscore Tracker

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangis

Air mata juga bisa kering lho...

Manusia mengawali kehidupan di dunia dengan menangis. Gak hanya bayi, sampai dewasa pun manusia akan terus ditemani dengan air mata. Sebenarnya, sejauh mana kamu tahu tentang air mata? Dilansir dari University of Claifornia, Berkeley Wellness, ketahui fakta-fakta menakjubkan tentang air mata berikut ini.

1. Meski jarang menangis, kamu masih menghasilkan air mata setiap harinya

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangisobozrevatel.com

Saat dewasa pun kamu masih akan menghasilkan air mata, sekitar 148-296 ml per harinya.

2. Air mata punya beberapa lapisan

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangisfirmoo.com

Lapisan air mata punya sistem yang rumit. Sederhananya, air mata terdiri dari tiga lapisan: minyak, air dan lendir. Lapisan air adalah yang paling tebal dan mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein (kebanyakan enzim), glukosa dan zat lainnya.

Berbagai lemak di lapisan luar minyak berfungsi memperlambat penguapan. Namun, komposisi air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung kesehatanmu dan berbagai kondisi lainnya.

3. Air mata keluar dan mengalir melalui lubang kecil di dekat kelopak mata

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangiswikimedia.org

Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata yang terletak di sudut terluar setiap mata. Adapun, kedipan berguna untuk menyebarkan air mata ke seluruh permukaan mata. Lalu, air mata akan mengalir ke lubang-lubang kecil di kelopak mata, yang disebut puncta.

Setelah itu, air mata akan melalui saluran menuju rongga hidung. Nantinya, kamu akan menelannya atau menjadi bagian dari cairan hidung. Itu sebabnya hidungmu jadi kaku kalau kamu menangis. Sementara, jika produksinya berlebih, air mata akan tumpah dari kelopak mata bawah atau biasa disebut menangis.

4. Setiap manusia butuh air mata

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangispixabay.com/darksouls1

Selain melumasi mata dan membersihkan kotoran, air mata berfungsi mencerahkan pandangan yang terbentuk di retina dengan membersihkan kotoran di permukaan bola mata. Itu sebabnya orang dengan mata kering mungkin memiliki pandangan kabur.

Air mata juga berperan sebagai mekanisme pertahanan atau antibodi mata. Itu karena enzim dan komponen kekebalan pada air mata membantu melindungi mata terhadap mikroorganisme.

Baca Juga: Gimana Cara Orang Koma Makan dan Minum? Pasti Mereka Tetap Butuh Kan?

5. Ada tiga jenis air mata: basal, refleks dan emosional

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangishylo.de

Air mata basal atau berkelanjutan diproduksi sebagai pelumas mata agar gak kering. Air mata refleks terjadi ketika mata terkena cahaya yang berlebihan, dingin, angin, benda asing atau gas yang mengiritasi, seperti saat memotong bawang. Terakhir, air mata emosional atau psikogenik mengalir saat kamu merasakan perasaan emosional.

6. Ada banyak alasan orang menangis

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangisreadersdigest.com

Menangis adalah cara untuk menyampaikan keinginan dan mendapatkan perhatian dari orang lain. Hal itu terjadi, terutama saat masih bayi. Bisa juga jadi sarana untuk melepaskan ketegangan emosional.

Air mata emosional memiliki komposisi berbeda dengan air mata lainnya. Air mata tersebut berfungsi untuk membersihkan tubuh dari bahan kimia yang terkait dengan stres. Pria dan perempuan menangis dengan frekuensi yang sama. Namun, wanita lebih sering menangis daripada pria. Meski begitu, cara orang mengekspresikan emosi sangat tergantung pada faktor budaya dan psikologis.

7. Hewan pun mengeluarkan air mata

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangismnn.com

Semua vertebrata atau hewan bertulang belakang yang menghabiskan waktu di darat bisa menangis. Sementara itu, hanya manusia yang menangis karena alasan emosional. Meski begitu, gajah pun ada kemungkinan bisa menangis karena kesedihan berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan.

8. Bawang membuat seseorang menangis karena kandungan zat kimianya

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangisscienceabc.com

Ketika dipotong, bawang melepaskan enzim yang menyebabkan pembentukan zat kimia di udara dan mengiritasi mata.

9. Air mata bisa kering

9 Fakta Menakjubkan tentang Air Mata, Hewan pun Ada Alasannya Menangispatientpop.com

Jika produksi air mata menurun atau air mata menguap terlalu cepat, mata bisa menjadi kering. Selain menyebabkan rasa terbakar atau perih, sindrom mata kering dapat menyebabkan penglihatan buram dan berpotensi merusak mata.

Uniknya, hal ini bisa menyebabkan menangis berlebihan. Para perempuan, khususnya yang sudah tua dan menopause, berisiko lebih tinggi. Adapun, penyebab mata kering bisa karena kondisi lingkungan (kelembaban rendah, angin, asap dan debu), obat-obatan tertentu (seperti diuretik, antidepresan dan antihistamin), beberapa penyakit (termasuk Parkinson dan diabetes), merokok dan operasi LASIK. Jika tetes mata gak bisa membantu, temui doktermu ya.

Itu tadi fakta seputar air mata yang harus kamu tahu. Mana yang baru kamu tahu? Sampaikan di kolom komentar ya. Jangan lupa, sebarkan info ini untuk temanmu yang sering menangis.

Baca Juga: Apakah Air Kencing Berbau Manis Itu Normal? 7 Hal Inilah Penyebabnya 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You