Comscore Tracker

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidur

Hayo, di kamarmu ada, gak?

Kamar tidur selayaknya menjadi tempat kita merasa rileks setelah seharian beraktivitas di luar. Karenanya, kamar tidur harus terasa nyaman, bebas gangguan, dan bebas stres.

Sayangnya, tak sedikit dari kita yang tanpa sadar sering menaruh barang-barang yang ternyata berpotensi menyebabkan masalah tidur dan gangguan lainnya di kamar tidur. Apa saja kira-kira benda yang tidak boleh ditaruh di kamar tidur? Mari, lihat jawabannya di bawah ini.

1. HP

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidurunsplash.com/David Švihovec

Suara deringan dari notifikasi HP, media sosial, dan gangguan lain dari HP bisa membuat istirahatmu tidak nyaman. Selain itu, HP juga berpotensi menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Sebab, menurut CDC, frekuensi RF yang dipancarkan oleh HP telah terdaftar di International Agency for Research on Cancer sebagai materi yang berpotensi bersifat karsinogen bagi manusia. Walaupun sejauh ini HP belum terbukti menyebabkan kanker, tidak ada salahnya untuk beristirahat dari HP setiap malam.

Selain itu, laman Huffington Post melaporkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari HP dapat mengganggu produksi melatonin yang berkontribusi pada pola tidur yang buruk.

2. Televisi

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar TidurUnsplash.com/jens kreuter

Mirip dengan HP, menaruh televisi di kamar juga akan mengganggu waktu istirahatmu, salah satunya menyebabkan kurang tidur. Menurut National Sleep Foundation, menonton televisi sebelum tidur hanya akan membuatmu sulit tidur dan berakhir dengan begadang. Lebih lanjut, televisi juga memancarkan cahaya biru, seperti ponsel, yang dapat mengganggu siklus tidur harianmu.

Baca Juga: Tak Lazim, Ini 6 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Singkat

3. Hewan peliharaan

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidurunsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Menurut laman Everyday Health, hewan peliharaan dapat membawa kuman, kutu, atau bahkan kotoran ke dalam rumah. Namun, jika hewan-hewan ini dibersihkan dan diperiksa kesehatannya secara teratur, risiko ini bisa diminimalkan. Masalah lainnya, menaruh hewan peliharaan di dalam kamar tidur berpotensi mengganggu tidur karena kadang hewan suka membangunkan majikannya yang sedang tidur.

Jadi, sebaiknya kamu tidak membiasakan tidur bersama dengan hewan peliharaan. Kalaupun kamu terpaksa harus menaruh hewan peliharaan di dalam kamar, pastikan kamu memberinya tempat tidur sendiri dan latihlah agar ia tidak naik ke atas tempat tidurmu.

4. Makanan

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidurunsplash.com/Jeshoots.com

Makan di tempat tidur bisa membuat tempat tidur kotor karena remahan makanan yang jatuh berceceran. Belum lagi kemungkinan jika kamu malas untuk segera mencuci peralatan bekas makan atau mengganti seprai yang terlanjur kotor. Hal ini tentunya akan menarik hama ke dalam kamarmu yang kemudian memicu berbagai masalah.

Selain itu, makan di tempat tidur biasanya disertai dengan aktivitas lain, seperti menonton film, membaca, atau bermain HP, yang dapat membuatmu lebih sulit untuk fokus pada apa yang kamu makan, meningkatkan kemungkinan untuk makan berlebihan, dan membuatmu berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pencernaan.

Food & Wine menunjukkan bahwa makan adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di tempat tidur yang membuat otak mengasosiasikannya dengan hal-hal selain tidur sehingga membuat individu lebih sulit untuk tertidur di malam hari.

5. Pakaian kotor dan benda-benda kotor lainnya

Bikin Sulit Istirahat, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ditaruh di Kamar Tidurunsplash.com/Annie Spratt

Psychology Today melaporkan bahwa lingkungan yang berantakan dapat memberikan efek negatif yang signifikan pada kesehatan mental dan fisik. Sementara, kamar harus menjadi tempat yang paling bebas stres dalam hidup. Jika menaruh barang yang kotor, kamu akan terus dihantui keinginan untuk membersihkan kamarmu yang kotor. Hal ini tidaklah baik. Jadi, biasakan untuk tidak menaruh cucian kotor atau menunda-nunda membuang sampah agar tidak membebani pikiranmu.

Cek lagi apakah benda-benda di atas masih ada di dalam kamarmu, yuk! Kalau ya, segera singkirkan agar kamar tidurmu makin terasa nyaman dan waktu istirahatmu jadi makin berkualitas.

Baca Juga: Daripada Obat Tidur, Coba 6 Zat Alami pada Makanan dan Minuman Ini!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya