Comscore Tracker

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwave

Penggunaan microwave yang sering tidak baik untuk tubuh!

Microwave sangat bermanfaat untuk menghangatkan makanan atau minuman. Penggunaannya yang praktis, cepat, dan tidak perlu memindahkan makanan atau minuman ke wadah lain. Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan oleh microwave, ternyata penggunaan yang terlalu sering dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut fakta-fakta yang perlu kamu ketahui tentang bahaya penggunaan microwave.

1. Panas yang tidak merata membuat bakteri jahat masih bertahan hidup

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwavesciencemag.org

Tujuan utama menggunakan microwave yaitu untuk memanaskan makanan. Dilansir dari World Health Organization, panas yang tidak merata pada makanan dapat menyebabkan mikroorganisme jahat masih bertahan hidup.

Bakteri jahat sangat mudah berkembang biak dan mampu memperbanyak diri dalam waktu singkat. Oleh karena itu, perlu memanaskan makanan secara merata sebelum dikonsumsi.

2. Merusak kandungan nutrisi makanan

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwavehealth.harvard.edu

Nutrisi yang terkandung di dalam makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, panas yang dihasilkan oleh microwave ternyata dapat merusak kandungan nutrisi.

Dikutip dari British Broadcasting Corporation (BBC), ternyata menggunakan microwave dapat merusak kandungan vitamin C di dalam makanan. Hal yang serupa juga dilansir dari Medical Daily bahwa microwave juga merusak kandungan vitamin B-12, khususnya daging dan susu. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwave

3. Microwave dapat menyebabkan makanan menjadi karsinogenik

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwaveonhealth.com

Masih mengutip dari Medical Daily, ternyata bahaya lain yang diakibatkan oleh penggunaan microwave yaitu menimbulkan karsinogen. Hal ini akan timbul apabila makanan yang akan dihangatkan di dalam microwave dibungkus dengan plastik atau menggunakan wadah plastik pada saat dimasukkan ke dalam microwave.

Hindari penggunaan wadah plastik apabila ingin menghangatkan makanan atau minuman di dalam microwave, ya!

4. Merusak kandungan antioksidan

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwavemcgill.ca

Zat antioksidan merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia sebagai penangkal radikal bebas. Dikutip dari laman Heath Line, ternyata panas yang dipancarkan oleh microwave malah merusak kandungan antioksidan, terutama yang terkandung dalam sayur seperti brokoli.

5. Dapat menyebabkan penyakit degeneratif (degenerative diseases)

5 Bahaya yang Mengancam jika Memanaskan Makanan dengan Microwavesciencemag.org

Dilansir dari laman Science Direct, pada 2017, pernah dilakukan penelitian pada sejumlah tikus albino yang diberi makanan hasil pemanasan microwave. Hasilnya, zat perlindungan antioksidan dalam tubuh mengalami penurunan. Penurunan kandungan zat ini diyakini dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, sebaiknya kamu mengurangi penggunaan microwave, ya. Meskipun penggunaannya sangat mudah dan praktis, sebaiknya tidak menggunakan microwave terlalu sering. Pemanasan makanan dan minuman mungkin lebih baik jika menggunakan cara yang konvensional seperti kompor.

Baca Juga: Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!

Gusti A Gultom Photo Writer Gusti A Gultom

Muda perbanyak ilmu, tua hidup bijaksana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya