7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasa

Lakukan supaya bisa beraktivitas normal kembali!

Mengalami patah tulang memang tidak menyenangkan. Aktivitas jadi terhambat karena harus beristirahat untuk memulihkan diri. Akan lebih merepotkan apabila patah tulang terjadi di anggota gerak, seperti tangan dan kaki. Rasanya ingin agar cepat sembuh, deh!

Tenang, kamu bisa mempercepat penyembuhan patah tulang dengan cara-cara berikut! Apa saja tip yang bisa kamu terapkan? Baca lebih lanjut di bawah ini, ya!

1. Berikan tubuh energi yang cukup

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasastayathomemum.com

Patah tulang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Perawatan bisa berlangsung dari berbulan-bulan hingga satu tahun lebih! Penyembuhan patah tulang membutuhkan banyak energi, oleh karena itu kamu perlu meningkatkan asupan kalori untuk mempercepat penyembuhan, ujar laman Better Bones.

Orang dewasa yang aktif rata-rata memerlukan hingga 2.500 kalori per hari. Berbeda dengan pasien yang berbaring di atas tempat tidur akibat patah tulang yang memerlukan hingga 6.000 kalori per hari! Jika hal ini tidak terpenuhi, maka proses penyembuhan tulang akan sedikit terhambat.

2. Tambah asupan protein dalam makanan

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasatastingtable.com

Mengonsumsi makanan tinggi protein adalah kunci untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Setidaknya, dibutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Kolagen adalah protein penting untuk menyusun tulang. That's why, jangan sepelekan hal ini dan penuhi asupan protein harianmu jika ingin cepat pulih!

Beberapa contoh makanan yang tinggi protein adalah telur, dada ayam, daging merah, susu, ikan tuna, ikan salmon dan udang. Protein nabati bisa kamu dapatkan dari kacang almond, brokoli, edamame dan kacang walnut. Makanan tinggi protein penting untuk pembaruan tulang dan kerangka serta kekuatan otot, jelas laman Better Bones.

3. Meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi anti oksidan

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasasilverblog.bistromd.com

Ketika patah tulang terjadi, jaringan yang rusak menghasilkan radikal bebas. Kerusakan ini terjadi saat kolagen yang terikat erat pada tulang tiba-tiba rusak. Untaian kolagen yang rusak menyebabkan radikal bebas. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kadar anti oksidan untuk memperbaiki kerusakan pada tulang.

Dalam kasus ini, anti oksidan bisa menekan efek destruktif radikal bebas dan mempercepat penyembuhan patah tulang, terang laman Better Bones. Beberapa makanan yang disarankan adalah labu, mangga, wortel dan bayam yang tinggi beta karoten. Lalu teh hijau, jeruk dan apel yang kaya flavonoid. Kaya nutrisi dan menyehatkan!

4. Jangan lupa konsumsi makanan yang kaya kalsium!

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasahawaiipacifichealth.org

Sudah sedari lama kalsium dikaitkan dengan kesehatan tulang. Faktanya, kalsium memang bisa membuat tulang jadi kuat dan mempercepat proses pemulihan patah tulang, jelas laman Web MD. Kebutuhan kalsium harian pada orang dewasa berkisar antara 1.000-1.200 mg per hari.

Selain susu, kamu juga bisa mengonsumsi keju, yogurt, ikan salmon, ikan sarden, kacang-kacangan, tahu, edamame dan telur. Beberapa sayuran juga tinggi kalsium, seperti brokoli, sawi, bayam, asparagus, alpukat, kacang panjang, daging buah kelapa dan lain sebagainya. Selalu rutin konsumsi agar kamu cepat pulih, ya!

Baca Juga: Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!

5. Konsumsi makanan yang tinggi seng

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasamedicalnewstoday.com

Selain kalsium, jangan lupa mengonsumsi makanan yang tinggi seng! Tubuh memerlukan seng untuk penyembuhan luka, kekebalan tubuh, sintesis protein hingga pertumbuhan dan perkembangan. Karena tubuh tidak memproduksi seng, maka kita perlu mendapatkannya dari makanan atau suplemen, saran laman Health Line.

Suplemen seng membantu dalam pembentukan kalus (jaringan lunak yang tebal), meningkatkan produksi protein pada tulang dan merangsang penyembuhan tulang, jelas laman Better Bones. Seng diperlukan untuk menghasilkan matriks benang protein yang membentuk tulang, oleh karena itu keberadaannya cukup vital.

6. Tulang memerlukan vitamin C agar cepat pulih

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasacnnchile.com

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C diperlukan agar cepat pulih dari patah tulang. Vitamin C sangat penting untuk sintesis pada matriks protein kolagen tulang. Vitamin C juga bertindak sebagai anti oksidan dan nutrisi anti inflamasi. Karena perannya untuk pembentukan kolagen pada tulang, asupan vitamin C perlu diperhatikan!

Agar lebih meyakinkan, penelitian dilakukan untuk mengetahui korelasi antara vitamin C dan tulang. Penelitian ini dilakukan pada tikus dan ditemukan hasil bahwa suplemen vitamin C mempercepat penyembuhan patah tulang. Tikus dengan asupan vitamin C lebih tinggi mampu mengembangkan kalus fraktur yang lebih kuat, ungkap laman Better Bones.

7. Asupan vitamin D dan vitamin K juga diperlukan, lho!

7 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang, Segera Pulih Tanpa Terasaswansonvitamins.com

Terakhir, jangan lupa konsumsi makanan dengan vitamin D dan K yang cukup! Vitamin D bisa memaksimalkan penyerapan kalsium dan mempercepat penyembuhan patah tulang. Sementara, vitamin K penting untuk mengikat kalsium ke tulang dan bisa membentuk protein tulang osteocalcin, ungkap laman Better Bones.

Sejak tahun 1960-an, vitamin K memiliki efek menguntungkan pada penyembuhan patah tulang dan memiliki efek nyata pada semua jaringan kolagen, terutama jaringan tulang. Vitamin D dapat ditemukan dalam ikan salmon, ikan herring, ikan sarden, tuna, kerang dan udang, sementara vitamin K ditemukan dalam telur, daging, hati hingga brokoli.

Nah, itulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Ingat, tulang boleh patah, tapi semangat jangan sampai patah, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Selain untuk Kepadatan Tulang

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You