Comscore Tracker

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovarium

Lezat sih, tapi bahaya banget!

Kista ovarium merupakan penyakit tumbuhnya kantong berisi cairan di dalam ovarium atau indung telur wanita. Meskipun kerap dianggap penyakit yang umum, kista ovarium menjadi momok menakutkan bagi wanita. Kista yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala dan bisa sembuh dengan obat-obatan yang diresepkan dokter. Namun lain cerita bila kista terus tumbuh membesar, selain menimbulkan rasa sakit, hal ini juga berisiko menimbulkan penyakit yang lebih serius. 

Penyakit yang berkaitan erat dengan siklus menstruasi ini dapat dipicu oleh pola makan. Pasien yang divonis menderita kista dianjurkan untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan, di antaranya 7 ini. Yuk simak!

1. Makanan cepat saji dan berpengawet

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/RitaE

Divonis kista ovarium atau tidak, makanan cepat saji memang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun lezat, makanan ini berpotensi meningkatkan risiko kanker ovarium. Begitu juga dengan makanan seperti mi instan, ikan asin dan makanan kaleng, bahan pengawet yang terkandung di dalamnya bisa memperbesar ukuran kista. 

2. Makanan laut

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/NadineDoerle

Makanan laut dikenal dengan lemak dan kolesterol yang tinggi. Hal ini sangat tidak baik untuk penderita kista. Jika kamu pecinta seafood, maka mulai sekarang kurangi mengonsumsi makanan lezat ini, ya!

3. Buah-buahan: nanas, durian, anggur, lengkeng dan nangka

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/Security

Meskipun mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, ternyata buah-buahan di atas malah berbahaya bagi penderita kista ovarium. Nangka dan lengkeng mengandung zat yang tidak baik untuk kista. Sedangkan durian, nanas, duku dan anggur mengandung alkohol yang bisa memicu kista ovarium berkembang menjadi kanker. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kecolongan, Ini 10 Makanan yang Berbahaya bagi Kucingmu!

4. Sayuran: sawi putih, kangkung, tauge dan cabe

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/misskursovie2013

Bagi penderita kista ovarium, tauge dianggap tidak baik karena akan mendorong pertumbuhan sel yang akan mengembangkan penyakit kista. Sawi putih dan kangkung mengurangi kinerja obat penyembuhan kista. Sedangkan mengonsumsi cabai secara berlebihan akan menurunkan kadar oksigen di dalam tubuh. 

4. Daging unggas

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/Lebensmittelfotos

Bukan tidak boleh mengonsumsi daging unggas, hanya saja penderita kista ovarium harus menghindari unggas yang disuntik obat-obatan kimia. Penyuntikan ini biasanya digunakan sebagai hormon buatan agar bobot unggas bertambah. Bila masuk ke dalam tubuh, bahan kimia ini bisa menimbulkan berbagai penyakit. 

6. Minuman berkafein

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/Free-Photos

Kalau kamu kerap nongkrong sambil meminum kopi, tampaknya kebiasaan ini harus segera dikurangi. Kandungan kafein dalam kopi dan teh bisa mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Mulai sekarang, batasi ya!

7. Minuman bersoda dan beralkohol

Catat! Hindari 7 Makanan Ini Bila Kamu Penderita Kista Ovariumpixabay.com/bridgesward

Pasien penderita kista harus segera menghentikan kebiasaannya meminum minuman soda dan beralkohol. Selain tidak baik bagi tubuh secara umum, dua produk ini bisa meningkatkan kadar esterogen yang akan memperburuk kondisi kesehatan. 

Perbaikan pola makan sangat berpengaruh dalam proses pengobatan kista ovarium. Bila kamu divonis menderita penyakit ini, yuk segera ubah pola makanmu agar lekas sembuh.

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini ke teman atau keluargamu yang membutuhkan, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Bahan Ini Ternyata Berbahaya Saat Dicampur dalam Minuman 

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya