Comscore Tracker

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Dia

Jangan dipendam terlalu lama!

Menjalani hubungan dengan orang tersayang sekalipun bukannya tanpa tantangan. Ada kalanya, masalah muncul tanpa adanya penyelesaian yang cepat atau jelas. Kondisi seperti ini yang dibiarkan berlarut-larut pun akan membuatmu jadi stres dan memengaruhi kondisi fisik maupun mental.

Dr. Nagma V. Clark PhD mengatakan bahwa stres karena hubungan dengan pasangan dapat menyebabkan stres kronis dan memengaruhi respons saraf dan dan endokrin. Psikolog Dr. Rachel Needle PsyD juga mengamini hal tersebut dan mempertegas adanya risiko kesehatan mental dan fisik yang dapt terganggu dari hubungan yang tengah dijalani bersama pasangan. Adapun beberapa gangguan kesehatan yang dapat kamu alami dan bersumber dari hubunganmu dengan si dia antara lain sebagai berikut.

1. Masalah kulit

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diamedicalnewstoday.com

Menurut Dr. Clark, beberapa masalah kulit seperti eksem juga bisa muncul karena stres yang kamu alami. Eksem sendiri merupakan gangguan yang ditandai dengan kulit menjadi kemerahan dan gatal maupun bercak kecokelatan dan benjolan yang berisik. Dermatolog Dr. Richard Torbeck pun mempertegas bahwa gangguan kulit dan gangguan kecemasan memiliki hubungan yang sangat kuat.

2. Sistem kekebalan tubuh melemah

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diaindependent.co.uk

Dijelaskan oleh Dr. Tania Elliott dari NYU Langone Health, stres akan memicu produksi hormon kortisol yang melemahkan sistem imun tubuh. Artinya, semakin lama masalah yang kamu alami dengan si dia berlarut, semakin besar pula kemungkinan kekebalan tubuhmu menurun. Kalau sudah begini, kamu pun makin mudah untuk terserang penyakit.

3. Gangguan kardiovaskular

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diamedicalnewstoday.com

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh tim epidemiolog dari University College London menemukan bahwa orang-orang yang berada dalam hubungan penuh dengan konflik memiliki risiko 34 persen lebih besar untuk mengalami serangan jantung. Selain itu, mereka pun juga berisiko untuk lebih sering mengalami nyeri di bagian dada. Seakan tak cukup, Dr. Clark menambahkan beberapa risiko kardiovaskular lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, resistansi insulin, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 9 Penyakit yang Bisa Disebarkan Lewat Nyamuk, Proteksi Dirimu darinya!

4. Penyakit pada sistem pencernaan

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diamedicalnewstoday.com

Saat tengah bersitegang atau patah hati, kamu mungkin merasakan sesuatu di sekitar perut seperti sensasi diremas atau bahkan ditusuk. Terkadang, mual juga ikut menghampiri sebagai dampak dari tingginya stres yang dialami. Tak hanya itu, seperti yang dikatakan psikolog Alex Grundleger PhD, gangguan sistem pencernaan karena hubungan yang kurang harmonis dan menyebabkan stres juga bisa memicu diare, konstipasi, maupun perut kembung. 

5. Emosi yang tak stabil

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diaunsplash.com/thoughtcatalog

Stres bisa mempermainkan emosimu: mulai merasa sedih luar biasa, marah hingga merusak barang-barang, lalu kembali tersenyum. Fluktuasi ini tentu cukup mengerikan sehingga penting buatmu tetap bisa mengendalikan emosi. Bila tidak, berbagai risiko lain juga turut menghampiri dan memperburuk situasi seperti pola tidur yang jadi tak karuan, berkurangnya produktivitas, dan lain-lain.

6. Gangguan tidur

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diaverywellhealth.com

Dr. Clark juga menjelaskan bahwa stres dari hubungan bisa membuatmu mengalami gangguan pada pola dan kualitas tidur seperti insomnia. Insomnia yang berlangsung lama pun berdampak pada mood swings, kurangnya energi untuk beraktivitas, dan semakin sulit untuk tidur. Risikonya, tentu saja, saat kamu tidak memiliki pola dan kualitas tidur yang bagus, sederet kondisi serius lainnya seperti obesitas, diabetes melitus, dan lain-lain.

7. Gangguan kesehatan mental

7 Macam Penyakit yang Bisa Disebabkan oleh Hubungan kamu dan Diacozycounselor.com

Kalau stres bisa memberikan dampak yang sedemikian hebat pada fisikmu, bayangkan apa yang terjadi di dalam otak. Depresi dan gangguan kecemasan adalah dua risiko yang sangat mungkin untuk dialami. Bahkan bukan tak mungkin, mimpi buruk di setiap tidur akan terjadi.

Hubungan yang kamu alami dengan dia tidak akan pernah selalu berjalan mulus. Namun, sedari awal kamu pun harus menyadari bahwa hubungan selalu membutuhkan waktu, usaha, dan pembelajaran. Ciptakan komunikasi yang baik dengan pasangan agar hubungan yang dijalani tetap sehat dan menjadi kebaikan bersama maupun masing-masing.

Baca Juga: 9 Penyakit yang Paling Tua di Dunia dan Sudah Dikenali Sebelum Masehi

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You