Comscore Tracker

5 Anime Terbaik yang Berlatar di Era Victoria

Nonton anime sambil belajar sejarah! #IDNTimesHype

Meskipun anime sudah menjadi bagian dari budaya Jepang, tidak semua anime sejarah (historical) selalu berlatarkan di era Edo Jepang. Kadang, para mangaka juga tertarik untuk mengambil latar di luar Jepang, seperti Britania Raya pada era Victoria.

Disebut sebagai era kejayaan Britania, era Victoria adalah periode pemerintahan Ratu Victoria yang dimulai pada 20 Juni 1837 hingga 22 Januari 1901. Kali ini, penulis sudah merangkum lima anime terbaik yang berlatar di era Victoria. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Black Butler

https://www.youtube.com/embed/S8j5iEklHyI

Dikenal juga dengan judul Kuroshisuji, Black Butler menceritakan tentang Ciel Phantomhive yang bekerja untuk melayani Ratu Victoria. Tak sendiri, Ciel ditemani oleh pelayannya, Sebastian, yang selalu membantunya dalam melakukan pekerjaannya.

Sementara Sebastian dikenal sebagai pelayan yang setia, Ciel ternyata memiliki masa lalu yang kelam dengan Sebastian. Untuk membalaskan dendam terhadap orang-orang yang membuatnya menderita, Ciel menjual jiwanya kepada Sebastian yang merupakan seorang iblis.

2. JoJo's Bizarre Adventure

https://www.youtube.com/embed/fvSKmPdD2a4

Pada 1868, Dario Brando menyelamatkan seorang bangsawan Inggris bernama George Joestar. Ketika Dario meninggalkan putranya, Dio Brando, George mengadopsi Dio dengan harapan dirinya dapat membayar hutangnya kepada orang yang pernah menyelamatkan hidupnya.

Namun, Dio ternyata menginginkan lebih dan berambisi untuk menguasai rumah Joestar. Dengan menggunakan topeng batu Aztec, Dio memulai perjalanannya untuk menghabisi George dan anaknya, Jonathan Joestar.

Setelah setengah abad berlalu, cucu Jonathan, Joseph Joestar, menemukan warisan yang ditinggalkan kakeknya untuknya. Setelah menemukan kebenaran di balik topeng batu, Joseph menyadari bahwa dirinya adalah satu-satunya orang yang dapat menghentikan Manusia Pilar, makhluk mistis dengan kekuatan tidak terukur.

Baca Juga: 5 Pengendali Cuaca Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime

3. Gosick

https://www.youtube.com/embed/fEWX9R_CiEU

Kazuya Kujou merupakan salah satu siswa di sebuah sekolah elite bernama Saint Marguerite Academy. Karena dirinya berasal dari Jepang dan memiliki rambut hitam legam serta mata cokelat tua, Kazuya dikucilkan oleh teman-temannya.

Hingga suatu hari, Kazuya pergi ke perpustakaan untuk mencari buku tentang cerita hantu. Di sana, dirinya bertemu dengan seorang gadis bernama Victorique de Blois. Rupanya, Kazuya dan Victorique sudah terikat oleh takdir dan mereka tidak memiliki pilihan lain selain saling mengandalkan satu sama lain.

4. Pandora Hearts

https://www.youtube.com/embed/9Psc_hBkOoc

Pada awalnya, Oz Vesslius menganggap bahwa dunia Abyss hanyalah cerita rakyat yang digunakan untuk menakuti-nakuti anak nakal. Hingga suatu hari, kehidupan Oz seketika berubah ketika klan Baskerville menyeretnya ke kedalaman Abyss.

Kini, Oz harus bertahan hidup di dunia Abyss dan mau tak mau harus menghadapi makhluk mengerikan yang dikenal dengan Chain. Tak sendiri, Oz juga ditemani oleh Alice, Chain misterius yang dijuluki sebagai Bloodstained Black Rabbit.

5. Moriarty the Patriot

https://www.youtube.com/embed/9du5oHqrWwA

Pada akhir abad ke-19, Britania Raya menjadi kerajaan terhebat yang pernah dikenal oleh dunia. Namun, di balik kejayaannya, sistem ekonomi di negara ini ternyata hanya menguntungkan para bangsawan sehingga membuat kelas pekerja semakin tertindas.

Anime ini berfokus pada William James Moriarty yang merupakan putra kedua dari keluarga Moriarty. Meskipun dirinya hidup sebagai bangsawan, James sangat peduli kepada rakyat biasa sehingga dirinya ingin membawa kejayaan kepada semua orang.

Itulah lima anime terbaik yang berlatar di era Victoria. Jadi, di antara kelima anime di atas, anime yang mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Pengguna Perisai Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya