Comscore Tracker

Review Nokta Merah Perkawinan dan Film Inang, Wajib Nonton!

Jangan sampai melewatkan kedua film ini

Film-film Indonesia saat ini secara perlahan telah menunjukkan kebolehannya. Sejak awal tahun 2022, sudah banyak film Tanah Air yang sukses mendapat pujian dan respons baik dari masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap sineas bangsa pun tumbuh secara perlahan.

Termasuk dengan film Noktah Merah Perkawinan dan Inang. Kedua film tersebut memang punya genre yang berbeda, namun sama-sama mendapat reaksi positif dari penonton. Bedanya, Noktah Merah Perkawinan telah mendapatkannya secara nasional, sedangkan Inang sudah secara internasional.

Semakin penasaran dengan kedua film tersebut? Yuk, simak bareng-bareng review film Noktah Merah Perkawinan dan Inang di bawah ini!

Nokta Merah Perkawinan: Cerminan nyata masalah rumah tangga saat ini

https://www.youtube.com/embed/1GYzfiYLa1A

Meskipun film ini adalah hasil adaptasi dari sinetron di tahun 90-an, sang sutradara Sabrina Rochelle Kalangi mampu me-remake Noktah Merah Perkawinan dengan begitu apik. Padahal, konflik yang dibangun pun nggak berbeda dengan versi aslinya, sama-sama soal masalah rumah tangga sebuah pasangan.

Dibintangi oleh Oka Antara (Gilang) dan Marsha Timothy (Ambar) sebagai pasangan, film ini sukses membius penonton dengan jalan cerita yang sangat realistis dan relevan dengan keadaan saat ini. Duet antara Sabrina dan Titien Wattimena sebagai penulis telah menciptakan karakter-karakter yang terasa nyata di mata penonton.

Suguhan permainan emosi yang turun dan naik sangat terasa di dalam film ini. Bagaimana tidak, pernikahan Gilang dan Ambar yang berusia 11 tahun itu pun masih bisa diterjang berbagai permasalahan yang cukup pelik hingga di ambang perpisahan.

Penonton melihat bagaimana cara pasangan itu menyelesaikan masalah atau justru membuatnya menjadi lebih kacau balau. Masalahnya pun bukan cuma dari faktor internal, tapi juga faktor eksternal. Korban dari pertengkaran Ambar dan Gilang pun berimbas kepada Bagas dan Ayu, buah hati mereka sendiri.

Di tengah-tengah badai di antara mereka, muncul sosok Yuli (Sheila Dara Aisha), yang dianggap sebagai orang ketiga di rumah tangga keduanya. Sangat sinetron sekali, bukan? Namun, Sabrina dan Titien menampilkannya dengan cara berbeda.

Review Nokta Merah Perkawinan dan Film Inang, Wajib Nonton!Noktah Merah Perkawinan. (ig/rapifilm)

Yulinar digambarkan sebagai figur tenang dan kalem yang dijadikan tempat singgah untuk Gilang yang lelah dengan perkawinannya. Sabrina dan Titien menampilkan sudut pandang yang sangat manusiawi melalui karakter Yulinar ini. Penonton diajak berpikir, apakah dalam perselingkuhan itu hanya sosok perempuan yang jadi pihak tersalah?

Klimaks dalam film ini ketika Ambar dan Gilang bertengkar hebat di dapur. Segala emosi yang mereka berdua miliki bertumpah ruah dalam adegan tersebut. Penonton ikut dibuat tegang ketika muncul scene ikonik satu itu, saat Ambar meminta Gilang untuk menamparnya.

Film Noktah Merah Perkawinan menampilkan gambaran rumah tangga yang kerap terjadi belakangan ini. Berbagai pesan tersirat pun mampu tersampaikan dengan baik berkat cara penyampaiannya melalui setiap karakternya.

Tak hanya itu, film ini akan membuatmu sadar dan yakin bahwa komunikasi adalah kunci utama dalam setiap hubungan. Film ini telah tayang sejak 15 September 2022 lalu. Jadi, jangan lupa segera nonton kisah Ambar dan Gilang, ya!

Inang: Singgung soal mitos Jawa Rebo Wekasan

https://www.youtube.com/embed/IugWMQMyc0Y

Sebelum tayang di Indonesia, film Inang sudah terlebih dahulu dipamerkan dalam Bucheon International Fantastic Film Festival atau BIFAN pada 8 Juli 2022 lalu dan berhasil mendapat respons baik dari kritikus film. Torehkan prestasi, film produksi IDN Pictures yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini jadi film horror pertama yang sukes lolos ke BIFAN.

Tak sampai di sana, The Womb, judul bahasa Inggirs Inang, kembali ditayangkan pada 13 Juli 2022 di Korea Selatan. Lagi-lagi mendapat reaksi positif dari masyarakat sana yang bisa dilihat dari ludesnya tiket beberapa jam sebelum penayangan film.

Film Inang dibintangi oleh aktor veteran Naysila Mirdad yang berperan sebagai Wulan, tokoh utama dalam kisah ini. Dimas Anggara pun ikut menemani Naysila dalam film horror pertama kepunyaan Fajar ini.

Plot cerita dalam Inang berangkat dari tradisi Jawa Rabu Wekasan. Masyarakat Jawa percaya bahwa Rabu Wekasan atau Rabu terakhir di bulan Safar sama seperti hari sial. Dipercaya pada hari itu turun puluhan ribu malapetaka yang mampu mengguncang kedamaian. Untuk menghalau berbagai macam kesialan itu, ada ritual khusus yang perlu dilakukan.

Kesuksesan film Inang di kancah internasional ini membuat Fajar Nugros berharap kepada industri film Tanah Air untuk terus dan selalu berkarya. Tak lama lagi, kamu juga bisa menikmati film horror satu ini, lho. Pasalnya, Inang dijadwalkan akan tayang serentak di Indonesia pada 13 Oktober 2022 mendatang.

Itulah review singkat tentang film Noktah Merah Perkawinan dan Inang. Jadi, apakah kamu telah bertemu dengan Ambar di bioskop dan siap menyapa Wulan bulan Oktober nanti?

Baca Juga: Sinopsis Mumun dan Film Inang, Mana yang Lebih Seram?

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya