Comscore Tracker

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahui

Hayo, sudah tahu, belum?

Di film pertama Harry Potter, kita disuguhi dengan awal yang ringan dan renyah. Namun, ada plot twist bahwa ternyata guru sekolahmu adalah pengikut Voldemort yang diam-diam punya wajah tambahan di kepalanya. Di film ketiga, tempat baru mulai bermunculan, salah satunya adalah Penjara Azkaban.

Apa yang membuat Azkaban menarik adalah barisan Dementor yang menjaganya digambarkan seperti harimau yang akan memangsa para narapidana jika mereka berbuat ulah. Kehadiran Azkaban akan sedikit membingungkan bagi pada Potterheads yang tak membaca versi bukunya. Agar tak bingung, ini enam fakta tentang Azkaban yang tak ditampilkan di versi filmnya.

1. Azkaban sebenarnya gak benar-benar berbentuk segitiga

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuiwizardingworld.com

Di adaptasi filmnya, Azkaban digambarkan sebagai tempat besar berbentuk segitiga yang ada di tengah-tengah pulau. Di bukunya, J.K. Rowling tak seberapa dalam menggambarkan Azkaban, hanya sebuah benteng besar. Bentuk segitiga hanyalah imajinasi dari para kru film karena Harry Potter tak pernah melihat Azkaban dan tak bisa menggambarkannya di buku.

2. Azkaban sebenarnya gak hanya penjara, tapi juga rumah sakit jiwa

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuimovies.stackexchange.com

Mungkin kamu penasaran kenapa Azkaban harus dikelilingi Dementor, 'kan? Sebenarnya, Azkaban adalah benteng yang dibangun oleh penyihir bernama Ekrizdis, yang merupakan seorang praktisi sihir kegelapan yang sangat kuat. Ekrizdis memancing, menyiksa, dan membunuh para muggle yang ia temui. Hal ini membuat kementerian Sihir menyadari keberadaan Azkaban.

Saat ditemukan kementerian sihir, tempat itu sudah terlanjur dikelilingi Dementor sehingga kementerian sihir tak punya pilihan lain selain membiarkan Dementor tetap di Azkaban. Penggunaan Azkaban sebagai penjara baru disarankan oleh Menteri Damocles Rowles yang memang sadis. Dementor tak pernah meninggalkan Azkaban karena mereka mendapat suplai "makanan" di sana. Harapan dan kebahagiaan para tahanan disedot habis-habisan oleh mereka.

Itu sebabnya, para tahanan yang lama-lama menjadi gila, kemudian tetap di Azkaban dan sebagian tempatnya menjadi rumah sakit jiwa.

3. Azkaban berarti 'penjara neraka'

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuiinverse.com

Menurut J.K. Rowling, nama Azkaban adalah amalgamasi dari dua konsep nama. Pertama adalah Alcatraz, yang mana juga seperti Azkaban, adalah pulau penjara dan merupakan salah satu penjara paling mengerikan di bumi. Azkaban juga berada di tengah-tengah lautan dan hampir tak ada cara untuk melarikan dari situ selama hampir tiga abad.

Kedua, Azkaban juga berasal dari salah satu bahasa Ibrani, abbadon yang artinya 'tempat penghancuran' atau 'kedalaman neraka'.

Baca Juga: Harry Potter: Squib, Bukan Penyihir tapi Juga Bukan Muggle, Lalu Apa?

4. Kementerian Sihir ternyata menentang keberadaan Azkaban

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuifanpop.com

Tempat seperti itu ternyata juga menimbulkan konflik di antara otoritas Kementerian Sihir, bahkan Albus Dumbledore menentang keberadaan Azkaban. Eldritch Diggory sempat mengunjungi Azkaban dan apa yang ia lihat di sana benar-benar membuatnya berpikir bahwa Azkaban adalah tempat yang mengerikan.

Sayangnya, Diggory meninggal karena penyakit sebelum keputusan untuk memindah penjara dari Azkaban ke tempat lainnya.

5. Sirius Black bukanlah orang pertama yang berhasil kabur dari Azkaban

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuiinverse.com

Ketika Azkaban berhasil mempertahankan clean streak alias tak pernah ada yang kabur selama 300 tahun, ternyata Sirius Black bukanlah orang pertama yang berhasil kabur dari situ. Orang pertama yang berhasil kabur adalah... Barty Crouch Junior!

Bisa kita ingat bahwa orang yang menjebloskan Barty Crouch Jr. adalah ayahnya sendiri, Barty Crouch Sr., setelah mengetahui bahwa anaknya adalah seorang Death Eater. Namun, ibu Barty Jr. yang sudah sekarat meminum ramuan polyjuice untuk menjadi anaknya dan mendekam di Azkaban.

6. Keturunan muggle banyak yang meninggal di sana

6 Fakta Soal Harry Potter & Prisoner of Azkaban yang Jarang Diketahuibustle.com

Dolores Umbridge mungkin lebih dibenci dari Voldemort sendiri. Kamu pun mungkin akan lebih membencinya setelah tahu fakta kalau ia sebenarnya mengirim keturanan muggle ke Azkaban hanya karena dianggap "mencuri kekuatan sihir" karena berasal dari keturunan nonsihir. Ia melakukannya terhadap banyak penyihir keturunan muggle sejak ia menjadi sekretaris di Kementerian Sihir.

Itulah keenam fakta tentang Azkaban yang gak ada di versi filmnya. Kira-kira, penjahat di Indonesia kalau dikirim ke Azkaban bisa bertahan berapa hari, ya?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata ala Harry Potter yang Bikin Liburan Jadi Makin Seru

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You