Comscore Tracker

5 Lagu Ciptaan Jungkook BTS yang Paling Banyak Diputar di Spotify 

Lagu-lagu ini siap memanjakan telingamu! 

Sejak debut, Jungkook BTS dikenal dengan sebutan “golden maknae”, yakni anggota termuda BTS yang mahir dalam melakukan banyak hal seperti menyanyi, menari dan juga rap. Sesuai dengan sebutan itu, Jungkook juga akhir-akhir ini semakin sering menunjukan kemampuannya dalam menciptakan lagu.

Lagu-lagu ciptaannya pun ramai didengarkan oleh banyak orang. Berikut di bawah ini, lima lagu ciptaan Jungkook BTS yang paling banyak diputar di platform Spotify.

1. "Magic Shop"

https://www.youtube.com/embed/38k5zr1e0HI
  • Produser             : Jungkook, Hiss Noise, ADORA
  • Penulis lagu        : Jungkook, Hiss Noise, RM, Jordan "DJ Swivel" Young, Candace Nicole Sosa, ADORA, j-hope, SUGA

"Magic Shop" berada di peringkat pertama dengan 196 juta streams di Spotify. Lagu ini rilis dalam album Love Yourself: Tear  pada 18 Mei 2018. Ada tiga hal yang membuat "Magic Shop" spesial, pertama karena merupakan lagu untuk penggemar (ARMY), kedua tercipta dari kolaborasi apik beberapa pihak, dan ketiga terinspirasi dari sebuah buku.

Dalam konferensi pers album, Jungkook mengatakan bahwa ia membuat “Magic Shop” dengan cintanya untuk para penggemar, sehingga tidak terasa seperti pekerjaan. Jungkook menggambarkan lagu ini seperti, “Ketika Anda jatuh dan lelah dan ingin melarikan diri dari kenyataan, buka pintu di dalam diri Anda dan akan ada “magic shop” di mana Anda akan menemukan tujuh dari kami menunggu untuk mendukung Anda dan menghibur Anda.”

Dalam siaran langsung RM : LOVE YOURSELF 轉 ‘Tear’ Behind, RM menjelaskan lagu ini berawal dari draft yang pertama kali diciptakan oleh Jungkook, lalu ia berkolaborasi dengan produser Big Hit, Hiss Noise. Selain itu, RM menyebutkan DJ Swivel yang menurutnya melakukan pekerjaan yang baik dalam menulis frasa melodi. RM juga mengatakan bahwa Jungkook telah melakukan pekerjaan yang baik dan "Magic Shop" adalah lagu penggemar yang sempurna.

Terakhir, "Magic Shop" terinspirasi dari buku Into the Magic Shop: A Neurosurgeon's Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secrets of the Heart karya James R. Doty. Dalam buku tersebut penulis menceritakan perjalanan hidupnya ketika ia tidak sengaja menemukan toko sulap dan bertemu penjaganya bernama Ruth yang nantinya mengubah hidupnya.

2. “Run” 

https://www.youtube.com/embed/wKysONrSmew
  • Produser             : Pdogg
  • Penulis lagu        : Pdogg, “Hitman” Bang, RM, SUGA, V, Jungkook, j-hope

Berada di posisi kedua, "Run" telah diputar sebanyak 168 juta kali di Spotify. "Run" merupakan title track untuk album The Most Beautiful Moment in Life, Pt. 2 yang rilis pada 30 November 2015. Sebelum rilis resmi, “Run” terlebih dahulu ditampilkan oleh BTS di konser The Most Beautiful Moment in Life On Stage pada 27 November 2015.

Lagu “Run” memiliki makna yang dalam terkait masa muda. Melansir The Korea Herald, “Run” adalah lagu bergenre rock-dance yang berisi pesan untuk terus bangkit dan berlari,
bahkan jika rintangan terus menjatuhkan dirimu.

“Run” juga dihasilkan dari kolaborasi apik anggota BTS. Dalam pidato di akhir konser The Most Beautiful Moment in Life On Stage, RM menceritakan jika mereka kesulitan menulis bagian B atau pre-chorus, bagian penting untuk menghubungkan rap dengan bagian lain dalam lagu “Run”.

Pada awalnya, Jungkook menciptakan melodi yang sangat bagus untuk bagian B. Namun, karena terlalu bagus, melodi itu membuat bagian yang lain menjadi tidak terlalu menonjol. Lalu, V datang dengan melodi yang menyelesaikan persoalan itu.

Pada akhirnya, BTS memutuskan untuk menempatkan lirik Jungkook di atas melodi V dan menurut mereka itu terdengar sangat bagus. Hal ini memperlihatkan kerja sama antar anggota BTS, khususnya kolaborasi Jungkook dan V dalam pembuatan lagu “Run”.

3. “My Time” 

https://www.youtube.com/embed/a_zk4JFK43g
  • Produser             : Sleep Deez, Pdogg
  • Penulis lagu        : Sleep Deez, RM, Jayrah Gibson, Pdogg, Printz Board, Richelle Alleyne, Jungkook

Posisi ketiga diduduki "My Time", lagu solo Jungkook di album Map of the Soul: 7 yang rilis pada 21 Februari 2020. Hingga 27 September, lagu bergenre RnB ini telah diputar sebanyak 141 juta kali.

Sebagai lagu solo, “My Time” memuat cerita khusus mengenai Jungkook. Dalam video promosi untuk Spotify, Jungkook menjelaskan bahwa melalui lagu “My Time”, ia ingin menyampaikan perasaan waktunya ketika ia mulai sebagai trainee yang berusia 15 tahun hingga ia menjadi dewasa saat ini.

Jungkook menggunakan analogi zona waktu untuk mengekpresikan perasaannya, seperti ruang apa ia berada atau apakah ia berada dalam kerangka waktu yang sama dengan orang lain.

Selain punya makna yang dalam, “My Time” merupakan lagu yang tidak mudah dalam proses pembuatannya. RM dalam siaran V LIVE Namjun’s 7 Behind, mengatakan bahwa lagu ini sulit untuk dikerjakan, namun berkat kemampuan Jungkook lagu ini berhasil diselesaikan.

Salah satu hal yang berkesan bagi RM yakni ketika Jungkook mengganti lirik yang RM tulis menjadi lirik “traces of losses”. Menurut RM, perubahan yang dilakukan Jungkook adalah perubahan yang bagus dan ia berpikir anggota termuda BTS itu jauh lebih baik dari dirinya.

Baca Juga: 11 Lagu Favorit Jungkook BTS di Spotify, Ada Lagu Ariana Grande 

4. “Film Out” 

https://www.youtube.com/embed/zFT3f9biz68
  • Produser             : back number, UTA
  • Penulis lagu        : Shimizu Iyori, Jungkook, UTA

“Film Out” telah diputar sebanyak 129 juta kali membuatnya duduk di posisi keempat lagu ciptaan Jungkook yang paling banyak diputar di Spotify. Lagu ini rilis sebagai single pada 2 April 2021 dan terdapat di album kompilasi Jepang BTS, The Best yang rilis pada 16 Juni 2021. Lewat lagu ini, BTS kembali mengisi soundtrack untuk film Jepang, yakni Signal The Movie.

“Film Out” juga menjadi kolaborasi pertama BTS dengan band rock asal Jepang, Back Number. Proses pembuatan lagunya diawali dari demo yang dibuat oleh Iyori Shimizu selaku vokalis dari Back Number. Demo tersebut lantas dikirim kepada BTS.

Melansir dari Billboard Japan, Jungkook mengusulkan melodi baru untuk “Film Out” terinspirasi dari melodi yang ditulis oleh Iyori Shimizu pada demo yang ia kirimkan. Dalam artikel yang sama, BTS juga memberi komentar akan lagu ini, dimana mereka mendeskripsikan “Film Out” sebagai sebuah lagu ballad yang memiliki melodi dan lirik yang menyakitkan dan akan membuat banyak hati menangis.

5. “Telepathy” 

https://www.youtube.com/embed/OGMeHzBLuM8
  • Produser             : EL CAPITXN, Hiss noise
  • Penulis lagu        : SUGA, EL CAPITXN, Hiss noise, RM, Jungkook

Berada di posisi kelima, “Telepathy” telah diputar sebanyak 126 juta kali di Spotify. Lagu bergenre disko-pop dengan nuansa retro ini merupakan track kelima dalam album BE yang rilis pada 20 November 2020.

“Telepathy” awalnya adalah lagu lama yang ditulis oleh SUGA yang ia susun ulang ketika BTS mempersiapkan album BE. Kemudian, Jungkook dan RM memberikan kontribusinya ke dalam lagu itu. Dalam video berjudul BTS (방탄소년단) SUGA's BE-hind 'Full' Story, SUGA menjelaskan mengapa lagu tersebut mengalami banyak modifikasi.

Hal itu disebabkan oleh permintaan Jungkook untuk memasukkan beberapa senandung ketika rekaman telah selesai. Bisa dibilang senandung indah di akhir lagu menjadi salah satu kontribusi Jungkook yang kita ketahui dalam lagu "Telepathy".

Lagu yang punya vibe ceria ini juga menyimpan makna yang dalam. Pada siaran langsung V LIVE berjudul BTS 'Live Goes On', SUGA mengatakan karena pandemik, banyak penggemar menunggu untuk bisa bertemu dengan BTS namun BTS tidak bisa menemui mereka dan lagu ini tentang bagaimana BTS merasa paling bahagia saat bersama penggemar.

Dalam konferensi pers album BE, Jin yang mewakili SUGA untuk menjelaskan lagu “Telepathy”, menyampaikan hal yang serupa dan berkata bahwa lagu ini berisi harapan bahwa BTS akan selalu bersama dengan penggemar meskipun mereka terpisah secara fisik untuk saat ini.

Selain lima lagu di atas, ada beberapa lagu lain ciptaan Jungkook lainnya yang terdapat di Spotify, Apple Music serta SoundCloud yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya juga sudah diputar lebih dari 100 juta kali di Spotify, seperti “Stay” dengan 106 juta stream dan “Your Eyes Tell” mencapai 113 juta. Di antara kelima lagu di atas, mana yang paling sering kalian dengarkan?

Baca Juga: Terbaru Not Today, 12 Lagu BTS yang Ditonton 500 Juta Kali di YouTube

Widyastuti Sari Photo Writer Widyastuti Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya