Comscore Tracker

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaan

Jangan mau hidupmu dijajah oleh pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Jumlah lapangan pekerjaan yang sedikit, banyaknya jumlah pelamar kerja, dan tingginya kualifikasi yang diterapkan perusahaan, membuat pekerjaan menjadi sesuatu yang amat diperjuangkan dan dipertahankan.

Tapi, bagaimana jika pekerjaan yang kamu lakukan itu ternyata membuatmu tersiksa hingga kepayahan? Belum lagi imbalan yang kamu terima tak sepada dengan pengorbanan yang kamu lakukan. Haruskah tetap bertahan?

Coba pertimbangkan hal-hal berikut ini sehingga kamu bisa mendapat gambaran apakah sebaiknya terus bertahan atau resign.

1. Waktu habis untuk bekerja

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanhollywoodreporter.com

Normalnya, jam kerja berlaku selama 8 jam dalam sehari. Lebih dari 8 jam, patutnya dihitung sebagai lembur. Jika kamu dalam sehari diharuskan bekerja selama lebih dari 8 jam dan itu tidak dihitung sebagai lembur, ada baiknya kamu menimbang-nimbang lagi.

2. Tidak punya kehidupan

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.pinterest.com

Karena waktumu banyak tersita untuk pekerjaan, otomatis sisa waktu yang kamu punya untuk melakukan kegiatan lain jadi amat terbatas. Kamu jadi kesulitan memiliki waktu untuk me time, family time, dan friend time. Apapun yang sedang kamu lakukan, kapan pun, dan dimana pun kamu berada, pekerjaan selalu menghantuimu. Kalau sudah seperti ini, pikir-pikir lagi deh. Meskipun kamu seorang workaholic, tidak seharusnya pekerjaan menjajah hidupmu!

3. Makan seingatnya, tidur seperlunya

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.dramapanda.com

Ini juga beberapa dampak dari pekerjaan yang berlebihan. Biasanya, seseorang sampai rela menahan lapar dan bergadang hingga tidak tidur demi pekerjaan. Kalau setiap hari kamu bekerja seperti ini, kesehatanmu bisa terganggu. Bahkan, nyawamu pun bisa jadi taruhannya. Sudah banyak lho kejadian pekerja yang tewas akibat terlalu lelah bekerja.

Baca Juga: 7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!

4. Gaji tak setimpal

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.koreaboo.com

Sudah bekerja lebih dari waktu yang berlaku, tidak dihitung lembur, ternyata gaji yang kamu terima tak setara dengan perjuangan yang telah kamu lakukan. Sudahlah lelah, jumlah uang yang kamu terima tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk ongkos pergi bekerja sekalipun. Pikir-pikir lagi deh.

5. Kurang dipercaya atasan

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.dramabeans.com

Atasan sering meminta kamu mengerjakan ini dan itu. Tapi, seringkali hasil kerjamu mendapat kritikan pedas darinya, dan hal itu terjadi setiap hari. Menurut atasan, hasil kerjamu kurang ini lah, kurang itu lah, dan sebagainya. Bukan karena kamu tak becus bekerja, tapi karena atasan terlalu menuntut kesempurnaan sehingga hasil kerjamu selalu kurang di matanya.

6. Dimanfaatkan rekan kerja

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.dramabeans.com

Ada rekan kerja yang sering bersikap manis sama kamu? Jangan terkecoh, guys. Di dunia kerja, istilah teman makan teman juga berlaku. Memang sih sebaiknya kamu tak asal curiga, tapi sebaiknya waspada. Teman kerja yang sikapnya terlampau manis dan baik hati bisa jadi punya modus tersembunyi. Kalau kamu sudah termakan bujuk rayu mereka, kamu bakal kesulitan menolak segala permintaan mereka. Jadi dimanfaatin terus deh kamunya.

7. Kurang apresiasi

7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaanwww.hancinema.net

Kamu sudah mengerahkan segala upaya terbaikmu dalam bekerja, dan itu sudah berlangsung cukup lama. Tapi, tetap saja kehidupanmu di tempat kerja tak berkembang dan tak ada perubahan ke arah yang lebih baik. Bukannya mengajarimu untuk bersikap picik. Tapi, jika kamu sudah memberikan yang terbaik, sudah selayaknya kamu mendapat atau menerima yang terbaik juga. 

Mendapatkan dan memiliki pekerjaan adalah rezeki. Namun, melepaskan pekerjaan karena alasan yang mendesak bukan berarti kamu tidak bersyukur. Kamu mungkin butuh uang, tapi bukan berarti kamu harus sampai menyiksa diri dan mengorbankan hidupmu demi pekerjaan. Sayangi dirimu, guys.

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 7 Cara Menghadapi Teman Sekantor yang Resign

Anisa Luciana Photo Verified Writer Anisa Luciana

Mencurahkan isi otak dalam bentuk kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya