Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! 

Bos toxic bisa bikin suasana kerja ngga nyaman lho!

Toxic yang berarti “racun” saat ini sedang dijadikan sebagai kata kekinian yang banyak digunakan dan bermakna kepribadian seseorang yang merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Sifat toxic seolah menjadi racun dalam suatu lingkungan karena dapat membawa aura negatif dan merusak kebahagiaan serta kesehatan mental.

Sifat seperti itu dapat terjadi pada siapa saja termasuk bos kamu di kantor. Kantor yang semestinya menjadi rumah kedua dan menyenangkan malah memiliki aura negatif karena bosnya yang toxic. Memiliki bos toxic dapat merugikan karyawan dan mempengaruhi kinerja mereka. Berikut 5 tanda bahwa bos kamu memiliki sifat toxic, jangan sampai terpengaruh ya!

1. Sering membicarakan hal-hal yang gak penting

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! Pexels/Sora Shimazaki

Bos yang memiliki sifat toxic terkadang suka membicarakan hal yang tidak penting dan tidak sesuai dengan fakta. Misalnya, saat perusahaan mengalami krisis keuangan akibat pandemi COVID-19, pemimpin yang baik seharusnya memotivasi karyawan untuk semangat bekerja, sedangkan bos toxic selalu membicarakan bahwa krisis tersebut disebabkan oleh ulah karyawan yang tidak becus dalam bekerja.

Selain itu, bos toxic selalu membanggakan diri dan kemampuannya di depan karyawan atau bahkan client meskipun di balik itu sebenarnya ia tidak mengetahui proses kerja suatu project tapi mengklaim bahwa pekerjaan itu adalah karyanya. Selalu berada di garda terdepan jika perusahaan dipuji dan berada di garda paling belakang saat perusahaan mengalami masalah.

2. Tidak pernah mengapresiasi karyawanya 

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! Pexels/Andrea Piacquadio

Semua karyawan pasti ingin diapresiasi, dalam perkataan maupun perbuatan. Tidak harus apresiasi yang berlebihan, hanya dengan menghargai hasil kerjanya saja sudah cukup. Banyak perusahaan yang memberikan apresiasi kepada karyawan seperti bonus gaji maupun secara digital dengan memperkenalkan karyawannya sebagai tim yang hebat.

Namun hal itu jelas berbeda dengan bos toxic yang tidak pernah melihat proses kerja bahkan sering mengatakan bahwa karyawan tersebut tidak bekerja atau “lost time”. Hal tersebut tentu dapat menurunkan semangat kerja karyawan yang juga akan berdampak bagi perusahaan.

Baca Juga: 6 Tipe Bos dan Cara Kerja Terbaik Bersama Mereka

3. Sering menuduh dan menyalahkan karyawan 

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! Pexels/Lukas

Membuat kesalahan adalah hal yang wajar dalam dunia kerja, selama kita mau belajar bangkit dari kesalahan dan tidak melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Namun apa jadinya jika kamu melakukan kesalahan di depan bos kamu yang toxic? Bisa saja bos toxic akan baper dan langsung memberhentikan karyawan saat itu juga tanpa peringatan dan prosedur yang masuk akal.

Bahkan saat tidak melakukan kesalahan pun, bos toxic bisa saja menuduh dan mencari-cari kesalahan yang tidak pernah dibuat oleh karyawan. Harus hati-hati ya dalam dunia kerja.

4. Memiliki ego yang sangat tinggi 

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! Pexels/Cottonbro

Bos toxic cenderung memiliki ego yang tinggi sehingga ia punya cara untuk tetap mempertahankan harga dirinya. Dengan sifat seperti itu, bos toxic enggan untuk mengatakan maaf maupun terima kasih kepada karyawannya karena menganggap semua hasil perusahaan adalah hasil kerja kerasnya sendiri. Wah, bahaya banget ya kalo punya bos seperti ini.

5. Memberikan komentar buruk kepada karyawan di depan umum 

5 Tanda Bahwa Bos Kamu Memiliki Sifat Toxic, Jangan Terpengaruh Ya! Pexels/Product School

Tidak cukup menyalahkan karyawan secara pribadi, beberapa kasus perusahaan yang memiliki bos toxic bisa memberikan komentar buruk di belakang karyawan tersebut atau bahkan di depan umum saat sedang meeting. Hal tersebut dapat sangat mempengaruhi mental karyawan jika ucapan bos yang toxic tidak benar dan menyakitkan.

Jika kamu mengalami hal tersebut di kantor kamu saat ini, bersikaplah tenang dan jangan sampai terpengaruh ya. Ambil pengalaman dan hal positif dari tempat kerja kamu. Semangat!

Baca Juga: 9 Pelajaran Positif dari Perlakuan Bos yang Tidak Adil

Dhania Ulfa Aghniarahmah Photo Writer Dhania Ulfa Aghniarahmah

I have passion in content writing. Live your life, be young and free!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya