Comscore Tracker

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah Sakit

Bisa jadi analis data kesehatan juga, lho!

Sarjana Ilmu Keperawatan ternyata gak hanya berpeluang kerja sebagai perawat saja di rumah sakit. Kompetensinya di dunia medis, bisa diaplikasikan di beberapa profesi. Berikut lima prospek kerja lulusan Ilmu Keperawatan selain di rumah sakit.

1. Perawat homecare

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah SakitUnsplash/CDC

Sarjana Ilmu Keperawatan, apalagi yang sudah mengambil studi profesi, bisa bekerja sebagai perawat homecare. Profesi ini akan sangat membantu bagi pasien rawat jalan yang memerlukan bantuan perawat untuk penanganan luka hingga terapi.

Sistem kerjanya seperti para freelancer. Perawat gak terikat dengan instansi mana pun. Kesepakatan kerja dibuat antara ia sendiri dengan pihak pasien yang menggunakan jasanya.

2. Perawat klinik kecantikan

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah SakitUnsplash/anabeautyacademy

Ambil studi Keperawatan, tapi punya minat tinggi pada dunia kecantikan? Tenang! Setelah lulus nanti, ada peluang kerja sebagai perawat di klinik kecantikan.

Pada dasarnya, profesi ini sama saja seperti tugas perawat pada umumnya. Namun, fokusnya lebih pada treatment kecantikan saja.

3. Asisten dokter

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah SakitPexels/Pranidchakan Boonrom

Menjadi asisten dokter di tempat praktik atau klinik pribadi, juga bisa jadi prospek lulusan Ilmu Keperawatan lho! Lingkup kerjanya lebih kecil dibanding rumah sakit, namun perannya sama seperti perawat pada umumnya.

Baca Juga: Cerita Anak Dokter Tak Bisa Tatap Muka dengan Ibu karena Virus Corona

4. Analis data klinis

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah SakitPexels/Lukas

Selain pekerjaan yang membutuhkan praktik langsung, lulusan Ilmu Keperawatan juga berpeluang menjadi analis data klinis. Ia bisa bekerja secara independen, bergabung dengan rumah sakit, atau instansi kesehatan.

Tugasnya adalah menganalisa data-data klinis seperti jenis penyakit, statistik pengunjung rumah sakit, angka kesembuhan, dan lain-lain. Fungsinya adalah untuk merumuskan tren kesehatan, sehingga didapat informasi penting untuk pengembangan di dunia medis.

5. Epidemiolog

5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Keperawatan, Gak Harus di Rumah SakitPexels/mentatdgt

Berikutnya, Sarjana Ilmu Keperawatan juga berpeluang mengisi profesi epidemiolog. Tugasnya adalah mendeteksi dan menganalisa masalah kesehatan yang terjadi di suatu wilayah sedini mungkin agar bisa diminimalisasi potensinya sebelum menjadi wabah.

Profesi ini sangat dibutuhkan di berbagai negara, mengingat masalah kesehatan pun terus berkembang dari yang awalnya sederhana menjadi versi lebih kompleks.

Ada yang tertarik mengambil kuliah Ilmu Keperawatan? Prospek kerja lulusan Ilmu Keperawatan ternyata banyak juga, lho!

Baca Juga: Dokter dan Perawat Meninggal karena Corona, Jokowi: Mereka Berdedikasi

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya