Comscore Tracker

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidup

Lindungi diri dan orang di sekitar kita dari penyakit mental

Depresi merupakan penyakit mental serius yang bisa menimpa siapa pun. Berbeda dengan perasaan sedih pada umumnya, gejala depresi tidak mudah hilang begitu saja, bahkan bisa berlangsung cukup lama.

Kondisi ini tentu berdampak pada kualitas hidup penderitanya. Mereka akan merasa kecewa, pesimis, hilang harapan, sulit berkonsentrasi, bahkan pada tingkat yang paling parah, melakukan percobaan bunuh diri.

Untungnya, depresi sangat mungkin untuk dicegah, diantaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut 7 cara untuk mencegah risiko penyakit mental depresi.

1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi orang makan makanan sehat (unsplash.com/Louis Hansel)

Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal NCBI tahun 2020, diet atau pola makan yang sehat dapat memberikan efek yang signifikan dalam pencegahan dan penanganan depresi. Untuk itu, peneliti menyarankan untuk memperbanyak asupan sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serat, dan gandum. Makanan yang kaya akan magnesium, asam folat, dan vitamin B juga diketahui efektif untuk memerangi depresi.

Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan olahan atau yang mengandung gula dan lemak tinggi. Kategori makanan tersebut, menurut penelitian, turut andil dalam meningkatkan risiko gejala depresi.

2. Rajin berolahraga

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi orang berolahraga (unsplash.com/Gabin Vallet)

Olahraga tak hanya membuat tubuhmu sehat secara fisik, namun juga sehat secara mental. Dilansir Mayo Clinic, dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan mengeluarkan endorfin, yakni zat kimia alami yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan rileks. Selain itu, aktif melakukan kegiatan fisik juga membantu menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang dapat memancing depresi. 

Dilansir NHS, orang dewasa disarankan untuk meluangkan waktu 150 menit untuk olahraga dengan intensitas sedang atau 75 menit untuk standar olahraga berat setiap minggunya. Bagi kamu yang tidak terbiasa berolahraga, cobalah temukan aktivitas menarik yang bisa membuatmu ingin melakukannya secara rutin. Kamu bisa mengikuti gim, bergabung dengan tim olahraga, atau mencoba berjalan kaki atau bersepeda setiap hari ke tempat kerja.

Baca Juga: Depresi hingga Tak Bisa Mandi dan Makan, Waspadai Depresi Mayor

3. Batasi aktivitas di media sosial

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi orang menggunakan media sosial (unsplash.com/Austin Distel)

Kepopuleran media sosial memang tak terbantahkan, terutama di kalangan kawula muda. Berinteraksi dan berbagi informasi menjadi lebih cepat, mudah dan menyenangkan. Namun, terlepas dari manfaat yang ditawarkannya, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa media sosial bisa berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang.

Dalam jurnal NCBI yang diterbitkan tahun 2016, responden yang sering mengakses media sosial diketahui mengalami peningkatan depresi yang signifikan dibandingkan mereka yang jarang mengaksesnya. Platform online ini juga memungkinkan individu untuk menyebarkan rumor berbahaya dan kata-kata kasar kepada orang lain, seperti yang disebutkan dalam Medical News Today.

Demi menghindari dampak negatif tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membatasi waktu dalam penggunaan media sosial. Memasang timer atau aplikasi pengukur waktu di smartphone dapat mencegahmu dari scrolling berjam-jam tanpa sadar. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti membaca buku atau jalan-jalan untuk mengalihkanmu dari ketergantungan pada media sosial.

4. Tidur cukup

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi perempuan tidur (unsplash.com/Ashley Byrd)

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu syarat yang penting untuk memperoleh mental yang sehat. Orang yang imsonia, seperti dikutip dari laman John Hopkins Medicine, bisa berisiko mengalami depresi hingga 10 kali lipat ketimbang mereka yang cukup tidur.

Agar bisa tidur cukup dan nyenyak, hindari mengonsumsi kafein dan telat makan pada malam hari. Tempat tidur yang nyaman, meditasi, dan menghindari perangkat penghasil sinar biru paling tidak dua jam sebelum tidur juga dapat mencegahmu dari kesulitan tidur.

5. Hindari mengonsumsi alkohol dan jauhi narkoba

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi orang minum alkohol (unsplash.com/Kelsey Chance)

Baik alkohol maupun obat-obatan yang digunakan untuk keperluan non-medis, termasuk narkotika, dapat membuat seseorang merasa lebih baik untuk sementara waktu. Namun seperti dikutip Medical News Today, keduanya dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko depresi sekaligus membuat gejala penyakit ini jadi makin parah.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan sebisa mungkin menghindar dari pergaulan atau aktivitas sosial yang kurang sehat. Jika kamu atau orang-orang di sekitarmu memiliki masalah yang berhubungan dengan alkohol dan obat-obatan, sebaiknya segera cari pertolongan pada dokter atau ahli yang terkait.

6. Membangun hubungan sosial yang kuat

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi sekelompok teman (unsplash.com/Felix Rostig)

Menurut hasil penelitian, mempunyai hubungan sosial yang kuat terbukti berdampak baik bagi kesehatan mental, termasuk dalam mencegah depresi. Dalam hal ini, kamu selalu memiliki orang lain untuk saling berbagi suka dan duka.

Sesibuk apapun harimu, usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga, teman dan orang-orang terdekat, baik secara langsung ataupun melalui telepon. Selain itu, menghadiri acara atau kegiatan sosial juga bisa menjadi kesempatan untuk bagimu bertemu orang baru dan memperluas relasi.

7. Hindari pemicu yang dapat membuatmu depresi

7 Cara Menjaga Diri dari Depresi, Mulai Perbaiki Gaya Hidupilustrasi perempuan depresi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Faktor pemicu depresi cukup beragam dan bisa berbeda-beda pada setiap orangnya. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan sebisa mungkin menghindari atau mengurangi paparan dari pemicu tersebut. 

Misalnya, jika seseorang rentan merasa depresi setelah mendengar berita buruk yang muncul di media, usahakan orang tersebut dapat mengakses berita di televisi atau media lainnya pada jam-jam tertentu saja.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari risiko dan gejala depresi. Apabila kamu atau orang di sekitarmu menunjukkan gejala depresi dan sulit untuk ditangani secara pribadi, segeralah hubungi dan konsultasikan dengan pihak medis. Jangan remehkan kesehatan mental, sebab kondisi tersebut sama krusialnya dengan kesehatan fisik kita.

Fatimah Nasir Photo Verified Writer Fatimah Nasir

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya