Comscore Tracker

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini 

fresh graduate diwajibkan memiliki skill agar stand out 

Lulus kuliah dan menjadi fresh graduate tidak menjamin seseorang akan mendapatkan pekerjaan. Bahkan, saat ini banyak perusahaan memilih fresh graduate yang juga memiliki pengalaman kerja mumpuni.

Namun, ternyata memiliki pengalaman kerja yang mumpuni juga tidak menjamin fresh graduate mudah diterima kerja, loh. Skill yang mumpuni merupakan salah satu jembatan untuk fresh graduate yang sudah maupun belum memiliki pengalaman kerja untuk dilirik perusahaan-perusahaan.

Bukan hanya itu, fresh graduate juga harus memiliki skill yang sejalan dengan perkembangan zaman. Pastikan kamu para fresh graduate di era digital punya lima skill wajib ini supaya lebih stand out dari job seeker lain!

1. Public speaking

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini iilustrasi ke client (pexels.com/mikael-blomkvist

Banyak orang merasa skill berbicara di depan orang banyak atau public speaking hanya berguna jika kamu bekerja di bidang sales marketing yang terjun langsung dengan pelanggan, atau karyawan yang berada pada level atas seperti Chief.  Faktanya tidak demikian. Bahkan apabila bidang pekerjaanmu adalah menulis atau teknisi, public speaking sangat dibutuhkan juga loh. 

Pekerjaan dalam bidang apa pun pasti harus melaporkan hasil kerjanya ke atasan, sehingga public speaking akan membantu dalam hal itu. Di era digital sendiri, karyawan juga dituntut untuk dapat melaporkan hasil kerjanya melalui presentasi menggunakan slide Power Point. Untuk melakukan presentasi, karyawan harus mengungkapkan secara lisan yang mengandalkan kemampuan public speaking.

Selain itu, sebelum fresh graduate diterima di suatu perusahaan akan diwawancarai terlebih dahulu. Public speaking yang bagus akan membantu sekali untuk menarik perhatian recruiter.

2. Berbahasa asing

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini bahasa asing (pexels.com/stefan-g)

Sekarang memiliki kemampuan berbahasa asing bukan hal langka. Bahkan, banyak orang di Indonesia saat ini sudah sangat mahir berbahasa inggris. Hal tersebut juga didukung kampus-kampus yang menjadikan kemampuan bahasa inggris untuk syarat lulus kuliah. 

Sebagai fresh graduate, sudah seharusnya bisa berbahasa asing minimal bahasa inggris. Supaya lebih stand out lagi, fresh graduate juga bisa belajar bahasa asing lain, misalnya bahasa mandarin, arab, korea, jepang, jerman dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan kemampuan berbahasa asing, sebagai fresh graduate kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan dari perusahaan luar negeri melakukan kerja secara remote dari jauh.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Fresh Graduate yang Kompetitif, Terapkan, yuk!

3. Menggunakan software excel

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini ilustrasi input data ke excel (unsplash.com/windows)

Setiap bidang pekerjaan pasti akan membutuhkan data, entah itu data barang, karyawan, keuangan, maupun inventaris lain. Seiring perkembangan digitalisasi, data-data tersebut tidak lagi ditulis dan diolah di selembar kertas, melainkan di-input dalam data komputer. 

Perangkat lunak atau software yang sering digunakan untuk input data tersebut salah satunya adalah program Microsoft Excel. Sayangnya, tidak semua orang mahir menggunakan Excel, karena bukan hanya menulis data, tetapi juga mengolahnya menggunakan rumus-rumus. Oleh sebab itu, jika kamu fresh graduate dan mahir menggunakan Excel untuk mengolah data, kamu auto dilirik perusahaan deh. 

4. Time management

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini ilustrasi membuat to do list (unsplash.com/windows)

Manajemen waktu atau time management sering dianggap remeh bagi para karyawan dan pencari kerja seperti fresh graduate. Mereka menganggap bahwa time management merupakan hal yang mudah dan siapa pun bisa melakukannya.

Kendati demikian, ternyata time management merupakan skill paling susah untuk dikuasai loh. Sering telat dan menunda-nunda waktu merupakan hal biasa dilakukan pekerja jika mereka memiliki workload yang banyak. 

Makanya, nih, sebagai fresh graduate harus banget punya skill time management yang baik. Caranya bisa membuat to do list, jurnal, note, dan cara lainnya yang cocok dengan kepribadianmu. 

5. Computational thinking 

Jadi Fresh Graduate di Era Digital? Wajib Banget Punya 5 Skill Ini ilustrasi melakukan computational thinking (pexels.com/artempodrez)

Computational Thinking (CT) merupakan pemikiran secara komputasi (komputer) yang digunakan untuk memecahkan masalah. Menurut situs The Tech Interactive, cara memecahkan masalah melalui CT adalah dengan membongkar masalah ke dalam beberapa bagian, mencari persamaan, mengidentifikasi informasi yang relevan dan sederhana, serta membuat rancangan solusinya. 

Terdapat empat tahap dari CT, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Istilah ini memang asing di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, seiring dengan perkembangan digital, CT memang harus dimiliki fresh graduate supaya dilirik perusahaan-perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan impianmu adalah perusahaan teknologi.

 

Itu tadi lima skill yang wajib banget dimiliki seorang fresh graduate. Menjadi fresh graduate memang tidaklah mudah. Banyak perusahaan menginginkan calon karyawan yang harus memiliki pengalaman dan skill yang mumpuni. Sebagai fresh graduate sudah seharusnya mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja. Oleh sebab itu, fresh graduate  diwajibkan memiliki skill agar stand out di mata recruiter. Seiring perkembangan zaman, fresh graduate juga harus memiliki skill yang sejalan dengan perkembangan era digital.

Baca Juga: 5 Skill Tambahan Bagi Fresh Graduate yang Membuatmu Dilirik Perusahaan

Isna Ni’mah Mahmudah Photo Writer Isna Ni’mah Mahmudah

Penulis apapun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya