Comscore Tracker

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukan

Kucinya adalah adil

Siapa yang tak ingin punya waktu luang di tengah-tengah kesibukan bekerja? Bisa hangout dengan sahabat, sering pulang kampung mengunjungi keluarga, menikmati lika-liku kuliah kelas karyawan sampai menjalani hubungan pribadi dengan orang yang kita sukai. Rasanya semua pekerja ingin punya banyak waktu untuk diri mereka sendiri. Terlebih setelah seharian penat dengan pekerjaan utama di kantor.

Tapi di balik banyaknya orang yang mendambakan waktu luang setelah lelah bekerja. Ada pula yang masih harus mengambil pekerjaan sampingan karena beberapa alasan. Mulai dari mendapatkan uang tambahan, melatih skill, dan masih banyak lagi. Tentu saja menikmati pekerjaan sampingan di tengah sibuknya kita dengan pekerjaan utama tidaklah mudah. Namun tetap bisa kita lakukan dengan seimbang dan meraih sukses di kedua bidang tersebut.

1. Pikirkan lebih dulu jenis Job Side kamu

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukanunsplash.com/@brookecagle

Sebelum memikirkan berapa jumlah uang tambahan yang kamu kumpulkan nanti, pikirkan lebih dulu jenis pekerjaan apa yang akan kamu ambil. Apakah kamu akan mengambil jenis pekerjaan yang sama dengan pekerjaan utamanu di kantor? Atau mengambil jenis pekerjaan yang lebih santai dan bisa sekalian berlibur? Semua bebas kamu pilih dan tentukan. Kamu pun harus tuntas memilih bahkan sebelum kamu mencarinya.

Dengan menyesuaikan jenis pekerjaan, kamu juga akan lebih mudah beradaptasi dengan tugas-tugasnya. Dan yang paling penting adalah kamu bisa lebih menikmati setiap aktivitasmu. Jelas saja, kamu harus mencari pekerjaan yang tak sekedar memberi fee besar, tapi juga suasana dan lingkungan yang nyaman dan nenunjang kamu untuk berkembang. Jangan tergesah-gesah, kamu bisa mencari sambil menikmatinya.

2. Atur juga waktu untuk mengerjakannya

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukanunsplash.com/@brookecagle

Setelah memilih jenis pekerjaan yang akan kamu ambil, kamu pun bisa mulai menentukan akan menyelesaikannya kapan. Apakah di akhir pekanmu atau sepulang dari pekerjaan utamamu. Saat kamu tahu kapan kamu bisa lebih produktif untuk bekerja kembali, di sanalah kamu lebih mudah menyelesaikan setiap tugasmu.

Memilih waktu yang tepat akan memudahkanmu mengatur waktu untuk kepentinganmu yang lain. Sehingga tak hanya memikirkan pekerjaan saja. Tapi kamu tetap bisa menikmati liburan, bertemu keluarga sampai menikmati hobimu di waktu senggang. Kamu juga jauh lebih mudah mrnawarkan diri saat melihat lowongab pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu.

3. Pastikan komunikasi dengan klien lancar

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukanunsplash.com/@mimithian

Banyak sekali perusahaan baik dalam maupun luar negeri yang membuka lowongan bagi para freelancer. Sehingga waktu bekerja pun tidak pula sama dengan para pekerja tetapnya. Bekerja dengan orang lain tentu membuat kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Ada kalanya mereka ingin kita menyelesaikan di jam-jam kerja, ada pula yang meminta di luar jam tersebut.

Namun lebih dari waktu yang terus butuh penyesuaian, yang tidak kalah penting adalah komunikasi dengan klien. Mau klienmu dari dalam maupun luar negeri, kamu harus memastikan media, waktu dan juga cara berkomunikas dengan klien. Sehingga tidak ada yang saling merugikan satu sama lainnya. Kalian bisa saling berkomunikasi di waktu yang tepat dan bisa menyelesaikan kewajiban masing-masing dengan baik.

Baca Juga: Belum Terlambat, Ini 5 Cara Memulai Karier di Usia 25 Tahun

4. Jika lelah istirahatlah, jangan memaksa

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukanunsplash.com/@stillsbyhernan

Siapa bilang melakukan pekerjaan sampingan tidak melelahkan? Kita harus membagi waktu dan tenaga antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan. Namun kebutuhan dan kewajiban mengharuskan kita untuk menunaikan dua tugas sekaligus.

Wajar jika kamu merasa teramat lelah dan butuh istirahat. Kamu harus tahu kondisi fisikmu sendiri. Sehingga jika kamu memang sudah lelah kamu harus segera berhenti untuk beristirahat. Bukannya lemah tapi kamu menyayangkan kondisi fisikmu sendiri. Menjaga kesehatan fisik untuk kesuksesanmu di masa depan.

5. Sesekali beri apresiasi bagi diri sendiri

5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukanunsplash.com/@duncan_shaffer

Perjuanganmu untuk memenuhi tanggungjawab memang sangat luar biasa. Kamu yang bertarung dengan pikiran, tenaga dan juga waktu mungkin sering lupa tentang memberi apresiasi. Apresiasi bukan hanya sekedar uang yang melimpah atau pengakuan dari banyak orang. Tapi juga apresiasi dari diri sendiri menjadi hal yang amat penting.

Tak perlu mewah apalagi yang membuat kagum banyak orang. Sekedar makan makanan kesukaan setelah gajian, atau pergi berbelanja di akhir perkan. Kamu akan lebih menikmati betapa indahnya hasil dari setiap kerja keras yang kamu lakukan selama ini. Ucapkan terima kasih untuk dirimu sendiri yang sudah berjuang selama ini. Tak mudah tapi kamu mau terus berusaha. Dengan begitu kamu pun siap untuk menyambut kesibukanmu esok hari.

Baca Juga: 5 Pencapaian Karier Ini Perlu Diraih Sebelum Menikah

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You