Comscore Tracker

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit Manusia

Yuk, pelajari!

Bahasa Jepang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selain karena berhubungan dengan sejarah Indonesia di masa lalu, produk Negara Jepang sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena kualitasnya yang terjaga.

Kamu bisa dengan mudah menemukan barang-barang dari Jepang seperti alat elektronik, buah-buahan impor atau bahkan serial anime yang biasanya kamu tonton. Oleh karena itu, mempelajari Bahasa Jepang rasanya sudah mulai diminati di zaman sekarang. Salah satu metode belajar bahasa asing yang paling dasar adalah mengenal kosakata bahasa tersebut.

Berikut dua belas kosakata bahasa Jepang tentang penyakit yang ada pada manusia, yuk pelajari!

1. Influenza

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Engin_Akyurt

Penyakit ini biasanya menyerang sistem pernapasan terutama organ mencium kita yaitu hidung. Gejala awal dari penyakit ini adalah muncul lendir yang keluar dari rongga hidung yang akan terasa gatal, kemudian kita akan sering bersin-bersin.

Sama seperti masyarakat Indonesia, orang Jepang juga menyebut penyakit influenza dengan sebutan influenza (インフルエンザ). 

2. Sakit perut

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/derneuemann

Penyebab sakit perut sangat banyak sekali, salah satunya adalah pola makan yang tidak teratur atau mengonsumsi junk food secara terus-menerus. Dalam Bahasa Jepang penyakit sakit perut disebut dengan onaka-ga-itai (お腹が痛い). 

3. Diare

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Nastya_gepp

Hampir sama dengan sakit perut, diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang sistem pencernaan. Biasanya kamu akan sulit mengeluarkan feses atau disertai cairan yang berlebihan. Dalam Bahasa Jepang penyakit diare dikenal dengan geri (下痢). 

4. Penyakit kulit

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Nastya_gepp

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, anak-anak atau dewasa dapat terkena penyakit kulit. Bahkan beberapa penyakit kulit dapat menular dari satu orang ke orang lain. Penyebabnya bisa jadi karena kamu kurang memperhatikan kebersihan tubuh kamu. Orang Jepang menyebut penyakit kulit dengan hifubyu (皮膚病).

Baca Juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Indonesia Termasuk!

5. Sakit tenggorokan

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Nastya_gepp

Pernah gak sih merasakan rasa nyeri pada tenggorokan atau suara tiba-tiba serak? gejala-gejala tersebut biasanya akan menyebabkan sakit tenggorokan. Dalam Bahasa Jepang penyakit ini dikenal sebagai nogo-ga-itai (喉が痛い).

6. Maag

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Naturalherbsclinic

Penyakit ini bisa kambuh jika kamu sering melewatkan sarapan pagi. Kamu akan merasakan lemas dan nyeri pada perut. Biasanya penyakit maag akan diobati dengan obat maag yang bersifat basa. Orang Jepang menyebut penyakit maag dengan i-ga-itai (胃痛).

7. Batuk

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Nastya_gepp

Penyakit yang menyerang imunitas tubuh ini akan memperlihatkan gejala berupa batuk-batuk. Biasanya batuk tersebut akan disertai dahak yang keluar dari mulut atau hidung tersumbat. Dalam Bahasa Jepang penyakit batuk disebut sebagai seki-ga-deru (咳が出る).

8. Asma

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Nastya_gepp

Orang yang menderita penyakit asma biasanya akan membawa alat pembantu pernapasan kemana-mana. Gejala asma yang paling umum adalah sesak napas. Dalam Bahasa Jepang penyakit asma disebut dengan zensoku (喘息).

9. Demam

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Victoria_Borodinova

Setelah bermain hujan-hujanan biasanya tubuh kamu akan menggigil kemudian terjadi peningkatan suhu tubuh yang tinggi. Penyakit tersebut biasa kita kenal sebagai demam. Orang Jepang menyebut penyakit demam dengan netsu (熱).

10. Sakit kepala

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/RobinHiggins

Setiap orang pasti merasakan sakit kepala, entah itu sakit ringan seperti pusing atau sakit kepala yang benar-benar serius. Biasanya kamu tidak akan nyaman jika sedang sakit kepala. Dalam Bahasa Jepang sakit kepala disebut dengan memai (目眩).

11. Sakit gigi

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Engin_Akyurt

Penyakit ini akan menghampiri seseorang yang jarang merawat kebersihan gigi dan mulut atau sering memakan makanan yang mengandung banyak gula. Akibatnya, gigi kamu bisa berlubang dan rasanya akan nyilu sampai sakit di area mulut. Dalam Bahasa Jepang penyakit ini dikenal sebagai shitsuu (歯痛).

12. Patah tulang

Mudah Dihafal, 12 Kosakata Bahasa Jepang tentang Penyakit ManusiaPixabay.com/Victoria_Borodinova

Patah tulang dapat terjadi akibat kecelakaan atau kebiasaan duduk dengan posisi yang kurang tepat. Biasanya penanganan penyakit ini harus dioperasi atau sekedar dibalut perban dan mitela. Dalam Bahasa Jepang sakit patah tulang disebut dengan kossetsu (骨折). 

Nah, itu dia sepuluh kosakata Bahasa Jepang tentang penyakit yang menyerang manusia. Mempelajari kosakata dasar dalam sebuah bahasa merupakan langkah awal untuk mengenal bahasa asing. Pernahkah kamu mendengar salah satu kosakata di atas?

Baca Juga: 9 Kata Kerja Golongan Satu dalam Bahasa Jepang yang Berakhiran 'Ku'

Angra Eni Saepa Photo Verified Writer Angra Eni Saepa

Write when young

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya