Comscore Tracker

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times Community

Apa kamu sering kehabisan ide pada saat menulis?

Bagi kamu yang suka menulis, apalagi menulis di media sebesar IDN Times, maka ide-ide original atau tema yang menarik dan menggugah pembaca, merupakan salah satu kunci kesuksesanmu dalam menulis sebuah artikel.

Namun tak jarang pastinya kamu mengalami buntu atau kehabisan ide dalam menulis. Hal itu wajar kok, mengingat memang seorang penulis diharuskan kreatif dan mampu mengolah tema-tema positif yang mampu menarik banyak pembaca.

Nah, kalau saat ini kamu sedang buntu dengan tulisan kamu, mungkin lima tips sederhana ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ide-ide baru. Disimak, yuk!

1. Sering membaca dari sumber manapun

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times CommunityIlustrasi orang membaca (Unsplash/Ben White)

Baca, baca, dan baca. Itulah tips awal jika kamu tidak ingin kehabisan ide dalam menulis. Seorang penulis yang aktif dan kreatif harus sering membaca untuk memberikan otak asupan "makanan". Ya, otak kita akan lebih aktif jika kita sering membaca.

Jika kamu memiliki waktu luang, gunakan waktu luangmu untuk membaca sesuatu. Kamu bisa membaca novel, majalah, koran, jurnal online, berita, bahkan kamus. Apapun bisa kamu baca untuk membuat otakmu senantiasa aktif. Jika sudah begini, kamu akan lebih mudah menemukan ide-ide baru yang bisa kamu tuangkan dalam tulisanmu.

2. Menonton sesuatu yang mendidik

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times CommunityIlustrasi orang menonton film di komputer (Pixabay/mohamed_hassan)

Selain membaca, menonton sesuatu yang positif juga dapat membuatmu kaya akan ide. Tontonlah sesuatu yang dapat memberikanmu pengetahuan-pengetahuan baru, bisa sains, ilmu kedokteran, flora dan fauna, atau bahkan referensi tentang film-film yang sedang tayang di bioskop.

Dengan banyaknya ide-ide baru yang kamu serap, kamu juga akan lebih mudah menuangkan ide-ide baru tersebut ke dalam tulisan kamu, tentu dengan gaya penulisanmu.

3. Segera catat jika terlintas ide baru

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times CommunityIlustrasi orang menulis (Unsplash/Green Cameleon)

Tak jarang terlintas ide bagus di kepala kamu pada saat-saat tertentu, bukan? Namun sayangnya kamu lupa pada saat akan menuliskannya. Nah, coba deh mulai dari sekarang kamu jangan malas untuk mencatat ide-ide apa saja yang muncul di benak kamu.

Sayang banget kalau ide segar yang sempat muncul, lalu dilupakan begitu saja. Padahal mungkin saja ide tersebut bisa menjadi modal utama untuk tulisan kamu. Jadi kamu bisa mencatatnya di kertas kecil atau di HP kamu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!

4. Belajar dari lingkungan kamu

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times CommunityIlustrasi orang bercengkerama (Unsplash/Ben Duchac)

Pada dasarnya ide bisa muncul dari mana saja dan di waktu kapan aja. Jadi coba deh, kamu pelajari dengan teliti lagi dalam mengamati lingkungan di sekitarmu. Bisa di lingkungan kampus, kantor, atau lingkungan tempat nongkrong kamu bersama teman-temanmu.

Biasanya ide dapat muncul begitu saja dari kejadian-kejadian yang gak kamu sangka. Nah, kalau sudah begini, kamu bisa segera mencatat ide-ide kamu itu untuk dijadikan bahan tulisan kamu berikutnya.

5. Jangan porsir otak kamu dan sesekali cari suasana baru dalam menulis

5 Tips Buatmu Agar Gak Kehabisan Ide Menulis di IDN Times CommunityIlustrasi orang membaca (Unsplash/Vadim Fomenok)

Jika kamu benar-benar buntu dan kehabisan ide, maka jangan paksa otak kamu untuk terus bekerja keras. Sempatkan istirahat agar pikiranmu kembali segar. Jika perlu kamu harus mencari suasana baru agar kamu tak jenuh dengan rutinitas menulismu.

Bisa saja ide-ide yang awalnya mau kamu tuliskan malah buntu total, mungkin ini disebabkan kamu sedang jenuh dan membutuhkan suasana baru dalam menulis. Jika biasanya kamu menulis di ruangan tertutup, coba deh sesekali kamu melakukannya di alam terbuka, mungkin ini bisa membantumu mendapatkan ide baru.

Nah bagaimana, semoga tips menulis di atas bisa membantumu dalam mendapatkan ide-ide yang kreatif untuk tulisan kamu, ya! Tetap semangat dalam menulis, dan teruslah berkreasi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya