Comscore Tracker

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan Kamu

Gak sulit dipelajari! #LokalIDN

Sering kali ketika kita sedang menyukai seseorang, kita akan memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaan kita kepada orang tersebut. Banyak kalimat ungkapan cinta yang bisa dikatakan, salah satunya dengan bahasa daerah kita sendiri.

Dalam bahasa Indonesia, kita sering mengatakan Aku cinta kamu, atau Aku sayang kamu kepada seseorang yang kita suka. Tetapi dalam bahasa Banjar, agak berbeda, lho. Yuk, simak kalimat-kalimat ungkapan cinta dalam bahasa Banjar ini, siapa tau bisa kamu gunakan untuk gebetan! 

1. Ulun sayang pian atau Ulun cinta pian

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan KamuPixabay.com/StockSnap

Ungkapan  cinta dalam bahasa Banjar yang pertama yaitu, "Ulun sayang pain", dan "Ulun cinta pain". Hampir sama seperti bahasa Indonesia, tetapi dalam kata aku dan kamu, diganti dengan kata bahasa Banjar yaitu Ulun yang berarti aku, dan Pian yang berarti kamu.

Maka dari itu, ketika menyatakan cinta kepada seseorang, orang Banjar biasanya mengatakan "Ulun sayang pain" atau "Ulun cinta pian", yang berarti "aku sayang kamu, aku cinta kamu".

2. Ulun handak lawan pian

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan KamuPixabay.com/aliceabc0

Ketika kamu menyukai seseorang dan ingin bersama dengan seseorang yang disuka, biasanya kamu akan mengungkapkannya dengan mengatakan "Aku mau sama kamu", atau lebih gaulnya "Aku pengen sama kamu". Dalam bahasa Banjar sendiri, kalimat itu diucapkan "Ulun handak lawan pian".

Baca Juga: 5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!

3. Unda sayang nyawa

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan KamuPixabay.com/StockSnap

Sama nih seperti kalimat "Ulun sayang pian", "Unda sayang Nyawa" juga diartikan sebagai "Aku sayang kamu". Dalam bahasa Banjar, Unda sendiri diartikan sebagai Aku, dan Nyawa sendiri diartikan sebagai Kamu. 

4. Ulun ketuju lawan pian

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan KamuPixabay.com/Pexels

Dalam bahasa Banjar, jika kita sedang menyukai seseorang dan ingin mengungkapkannya, maka kita dapat mengatakan "Ulun ketuju lawan pian". Kalimat tersebut berarti "Aku suka sama kamu". 

5. Ulun kerindangan lawan pian

5 Kalimat Ungkapan Cinta dalam Bahasa Banjar, Cocok untuk Gebetan KamuPixabay.com/Candid_Shots

Sama nih seperti kalimat "Ulun ketuju lawan pian", kalimat "Ulun kerindangan lawan pian" juga digunakan untuk mengungkapkan rasa suka kita terhadap seseorang.

Itu tadi lima kalimat ungkapan cinta dalam bahasa Banjar, tidak sulit, kan? Yuk praktikan sekarang ke orang tercinta kamu.

Baca Juga: Penuh Makna, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Dapat dari Lagu Banjar

Rah Miya Photo Verified Writer Rah Miya

Someone who need to put her chaotic mind in a better place.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya