Comscore Tracker

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih Friendly

Ganti kalimat sapaanmu sekarang juga, guys

‘Hello’ biasanya digunakan untuk menyapa seseorang bisa teman, sahabat, tetangga, hingga saudara sekalipun. Namun, greeting ini dinilai terlalu umum dan mempunyai makna sempit, yakni hanya dapat digunakan untuk sekadar menyapa saja.

Padahal, greeting dalam bahasa Inggris begitu banyak jenisnya, baik itu disesuaikan saat berhadapan dengan siapa, berdasarkan pada waktu dan tempat, serta melihat situasi yang sedang berlangsung.

Jadi, pada intinya lebih spesifik ketika menyapa seseorang. Tanpa perlu banyak basa-basi, ini dia kedelapan frasa pengganti ‘hello’.

1. Hi dan Hey

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/Gustavo Fring

Apa hayo perbedaan dari keduanya? Jadi, ‘hi’ digunakan untuk menyapa seseorang yang baru dikenal atau bisa juga sudah lama kenal dalam suasana santai. Sedangkan, ‘hey’ biasa dipakai saat kamu sudah akrab dengannya. 

Jangan menggunakan ‘hey’ pada orang yang baru kamu kenal, karena dia pasti akan kebingungan mengingat siapa diri kamu, apakah pernah bertemu sebelumnya atau tidak?

Nah selain itu, ‘hey’ juga tidak selalu bermakna menyapa seseorang, sehingga dapat digunakan untuk menarik perhatian orang lain, menunjukkan ekspresi saat terkejut, atau memperingatkan seseorang misalnya,“Hey, don’t waste your money.”

Contoh penggunaan:

Hi, I’m David from Surabaya.

Hey, where are you having lunch?

2. What’s up?

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/mentatdgt

Kalimat sapaan ini tidak hanya digunakan untuk menyapa seseorang, akan tetapi cara lain dari mengucapkan ‘how are you?’. Untuk menjawabnya, gunakan seperti, “I’m fine”, “nothing much”, “as always”, “it’s better now that I met you”, “as you can see”, “never be this great”, dan lainnya. 

Bahasa slang dari what’s up ialah ‘sup?’ atau ‘whazzup?’, keduanya memiliki makna yang serupa dengan what’s up, dan sebaiknya dipakai saat dengan orang yang sudah dikenali sebelumnya.

Contoh penggunaan:

Ferdi: What’s up bro?

Angga: Yeah, I’m fine today.

3. Good morning, good afternoon, good evening, atau good night

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyUnsplash.com/Kristina Paparo

Agar terkesan lebih kasual maka kamu dapat mengucapkan ‘morning’, ‘evening’, ‘afternoon’ dan ‘night’ saja. Ternyata, terdapat perbedaan antara ‘good evening’ dengan ‘good night’ walaupun keduanya memiliki arti yang sama yaitu selamat malam.

Gunakan ‘good evening’ pada saat menyapa selamat malam kepada seseorang waktu bertemu baru pertama kali untuk memulai suatu pembicaraan, sedangkan ‘good night’ dipakai untuk menyatakan salam perpisahan dan acapkali diucapkan tatkala ingin tidur.

Contoh penggunaan:

Morning Bella, it’s a sunny day, right?

4. How do you do?

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/Yan

Untuk situasi formal atau sedang bercakap dengan orang yang lebih tua, ‘how do you do’ adalah greeting yang tepat. Untuk merespon sapaan tersebut bisa menjawabnya dengan ‘I’m doing well’ dan kamu dapat menanyakan kabarnya kembali dengan ‘how do you do’ pula.

Contoh penggunaan:

How do you do, Mrs. Pamela?

Baca Juga: 9 Ungkapan Bahasa Inggris Noob vs Pro, Kamu Termasuk yang Mana?

5. How’s your day?

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/iPrice Group

Selain menyapa, tidak ada salahnya untuk menanyakan seseorang yang sering bertemu denganmu mengenai bagaimana perasaannya pada hari ini, maka gunakanlah ‘how’s your day’. Untuk menjawabnya cukup mudah tinggal mengatakan ‘it’s going well’ atau hanya menjawab ‘fine’, ‘good’, ‘alright’, dan ‘not bad’.

Contoh penggunaan:

Andi: How’s your day?

Merlin: Hmm, yeah that’s not bad.

6. Yo! dan are you ok?

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyUnsplash.com/Tyler Nix

‘Yo’ sapaan yang biasa terdengar di kalangan anak muda Amerika Serikat. Sapaan ini hanya dapat diucapkan kepada teman dekat saja. Kemudian, ‘are you ok?’ atau ‘you alright’ umum digunakan oleh kaum muda-mudi di kawasan Inggris Raya. Biasanya mereka menanggapinya dengan ‘yeah’ atau ‘alright’.

Contoh penggunaan:

Yo Carissa, what do you feel today?

7. Long time no see!

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya kalimat ini digunakan pada saat kita memang sudah lama tidak pernah bertemu lagi dengan seseorang. Mungkin hingga hitungan bulan atau tahun, sehingga ada yang tampak berbeda dari penampilanmu saat ini.

Jika dibandingkan dengan kemarin saat terakhir kali bertemu. Sering kali frasa ini diikuti oleh pernyataan seperti ‘how are you’ atau ‘what’s new’.

Contoh penggunaan:

Long time no see, dad!

8. It’s nice to meet you!

8 Cara selain Bilang 'Hello' dalam Bahasa Inggris, biar Lebih FriendlyPexels.com/Gustavo Fring

Baru pertama kali mengenali seseorang? Gunakanlah kalimat sapaan ini untuk pembicaraan formal dan menunjukkan sikap sopan terhadap orang tersebut.

Jika bertemu kembali dengannya maka ucapkanlah ‘it’s nice to see you again’ sebagai tanda bahwa kamu memang mengingatnya dengan baik.

Contoh penggunaan:

It’s nice to meet you, Hani.

 

Nah, itu tadi deretan sapaan pengganti ‘hello’, dengan begini kalimat sapaanmu akan terdengar ramah dan begitu antusias. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 10 Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris biar Terdengar Pro!

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya