Comscore Tracker

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara Kelas

Gak melulu menyenangkan lho jadi juara kelas

Sistem pendidikan di Indonesia erat kaitannya dengan ranking atau peringkat yang diberikan kepada para siswanya dengan tujuan sebagai apresiasi dan menambah motivasi kepada murid lainnya sehingga berlombalah dalam meraih predikat sebagai sang juara kelas.

Meski dirasa cukup membangkitkan suasana kompetitif dan memberikan kebanggaan kepada siapapun yang berhasil mendapatkan predikat tersebut, tapi faktanya selalu saja ada hal menyebalkan menjadi juara kelas.

Untuk kamu yang penasaran tentang hal-hal menyebalkan yang dirasakan sang juara kelas, simak yuk apa saja!

1. Dianggap paling pintar

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara KelasPexels/Joshua McKnight

Asumsi ini mungkin bagai dua mata uang yang berbeda. Ada sisi dimana siapapun akan bangga mendapatkan predikat yang paling pintar di kelas, tetapi di lain sisi menjadi beban tersendiri karena justru di saat itulah mereka yang menjadi juara kelas harus mampu dituntut menjadi yang terbaik dengan menunjukkan kemampuannya.

Terkadang dengan anggapan seperti ini, justru tidak banyak murid lain yang ingin belajar bersama atau mengungkapkan pendapatnya.

2. Menjadi yang paling diandalkan

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara KelasPexels/Buro Millennial

Hal satu ini mungkin bisa dikatakan menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan khususnya ketika menyangkut kerja kelompok, bagaimana tidak? Tentu karena anggota kelompok akan memberikan kepercayaan penuh kepada diri kita sehingga akan terus menerus mengandal kita untuk memagang alih kerja kelompok. Tentunya hal itu sangat membebani ya.

Baca Juga: 13 Tipe Ketua Kelompok ini Pasti Pernah Kamu Temui di Sekolah

3. Sering dicontek

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara Kelasvox.com

Sudah bukan hal aneh lagi saat buku catatan sang juara kelas menjadi piala bergilir bagi anak-anak kelas. Meski tidak selalu begitu, tapi hal ini bukanlah sesuatu yang baru.

Karena dirasa memiliki kemampuan melebihi murid lainnya, tentu saja hasil pekerjaan rumah sang juara kelas akan lebih laku untuk dicontek oleh murid lainnya dengan alasan keakuratan dalam jawaban.

4. Dianggap pelit ilmu

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara KelasPexels/LinkedIn Sales Navigator

Jika pada poin sebelumnya pekerjaan rumah juara kelas banyak menjadi rebutan, lain halnya apabila justru sang juara kelas memiliki karakteristik yang tidak terlalu banyak bicara dan lebih memilih asyik dengan dunianya. Tentu akan banyak murid lain yang segan untuk berinteraksi atau menanyakan hal lain, bahkan tidak segan untuk mencap sebagai murid yang pelit ilmu padahal tidak selalu begitu.

5. Juara kelas akan mendadak tidak mendengar saat ujian berlangsung

Gak Selalu Keren, 5 Hal Menyebalkan Ini Sering Dirasakan Juara Kelasdnaindia.com

Tentu istilah di atas sudah sangat umum dan menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan bagi sang juara kelas. Padahal hal ini dirasa wajar karena terkadang ada beberapa orang yang membutuhkan konsentrasi serta fokus saat mengerjakan ujian tanpa perlu terburu-buru dan diganggu oleh murid lainnya. Apalagi dengan berlangsungnya ujian, tentu berarti tidak ada diskusi lagi di dalamnya.

Nah, 5 hal di atas adalah sesuatu menyebalkan yang sering dirasakan sang juara kelas. Meski begitu, kita sang juara kelas harus tetap bersyukur dan lebih bersemangat lagi dalam menuntut ilmu. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ini 7 Sekolah dengan Seragam Paling Stylish & Unik di Dunia

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya