Comscore Tracker

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh Terlewatkan

Harus difoto, nih!

Bagi orangtua, momen bersama sang buah hati tentu momen yang sangat berkesan. Namun, ketika sang bayi masih di awal tahap perkembangannya, ada momen-momen spesial yang bakal membuat setiap orangtua berdebar-debar. Momen spesial ini pun pasti bakal diabadikan lewat foto atau video oleh para orangtua millennials

Kira-kira apa saja, ya momennya? Yuk kita cari tahu!

1. Tersenyum dan tertawa

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh Terlewatkanpexels/pixabay

Ketika lahir, bayi akan menangis. Di awal-awal kelahirannya pun bayi bakal rutin banget menangis ketika haus, mengantuk atau merasa tidak nyaman lainnya. Memang menangis adalah caranya berkomunikasi kepada sang orangtua. 

Intensitas menangis ini memang cukup sering. Sehingga, ketika bayi tersenyum apalagi tertawa, tentu orangtua akan merasa sangat bahagia. Apalagi kalau sang buah hati tertawa berkat orangtuanya. Ada perasaan damai, gemas, dan juga bahagia yang pasti dirasakan semua orangtua.

2. Mengangkat kepala, berguling, duduk, merangkak hingga berdiri

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh TerlewatkanPexels/Victoria Borodinova

Perkembangan bayi memang bakal sangat dinanti-nantikan ayah dan ibu. Terutama perkembangan motorik bayi. Ketika berusia 0-3 bulan, saraf motorik bayi di bagian leher mulai berkembang, sehingga bayi akan berusaha untuk mengangkat kepalanya.

Lalu di usia 4-6 bulan, kemampuan motorik bayi semakin meningkat ditandai dengan kemampuan berguling. Di sekitar usianya yang ke 6 bulan, bayi juga sudah memiliki otot cukup kuat untuk duduk sendiri. Hingga akhirnya menuju umur 9 bulan, bayi belajar untuk berdiri dan berjalan.

Setiap perkembangan motorik bayi ini tentu menjadi momen yang spesial untuk orangtua. Mama dan papa pasti bakal sabar banget membimbing sang buah hati untuk mengembangkan seluruh otot-otot motoriknya. Nah, tapi jangan lupa juga ya untuk mengabadikan momen perkembangan motorik bayi ini!

3. MPASI

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh Terlewatkanpexels/amsw photography

Bayi sudah bisa menerima MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) kira-kira di usia 6 bulan.  Momen MPASI adalah momen yang banyak ditunggu-tunggu orangtua, terutama para mama. Pasti, mama udah gak sabar bereksperimen untuk membuat makanan lezat dan bergizi buat si kecil.

Sebelum menerima MPASI, bayi hanya menerima ASI. Lidahnya belum dikenali dengan berbagai macam rasa dan kelezatan makanan dan minuman. Oleh karena itu, MPASI juga menjadi momen yang sangat istimewa untuk bayi. Apalagi ketika bayi merasakan pertama kalinya rasa yang 'berbeda'. Reaksi sang bayi pasti bakal spesial banget untuk mama. 

Baca Juga: Menggemaskan, Bayi-Bayi Artis Ini Sudah Bisa Makan Sendiri

4. Toilet traning

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh Terlewatkanbaby.lovetoknow.com

Ketika bayi berusia sekitar 18 hingga 24 bulan,  orangtua sudah bisa mengajarkannya BAB dan BAK sendiri. Namun, proses toilet training ini gak mudah. Mama atau papa harus sabar mendudukkan anak berkali-kali di toilet supaya anak memiliki 'naluri' sendiri ketika ingin ke toilet.

Meskipun gak mudah, toilet training juga menjadi momen yang sangat istimewa yang perlu banget diabadikan lho!  Apalagi kalau anak akhirnya berhasil ke toilet sendiri. Tentu mama papa bakal bangga banget, ya!

5. Kata pertama

5 Momen Istimewa Bayi yang Gak Boleh TerlewatkanPexels/Daniel Reche

Momen spesial terakhir yang gak boleh dilewatkan orangtua adalah 'kata pertama' bayi. Sebelum berusia 1 tahun, bayi akan sering mengoceh tidak jelas. Ia berusaha untuk berbicara meskipun ia tidak bisa berbicara. Namun seiring perkembangannya, ia akan mulai mengerti kosa kata dan akhirnya melontarkan kata pertama.

Umumnya, kata pertama Bayi adalah 'Mama' atau 'Dada'. Di sini, orangtua sering banget berebut untuk menjadi kata pertama yang diucapkan sang buah hati. Mama Papa boleh kok berharap menjadi yang pertama disebut si kecil, tapi jangan sampai bertengkar, ya karena hal ini!

Kira-kira begitu 5 momen istimewa bayi yang gak boleh terlewatkan. Jadi, momen apa saja yang sudah mama dan papa abadikan?

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diterapkan Ibu Supaya Tak Stress Setelah Punya Bayi

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You