Comscore Tracker

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!

Anak-anak yang menggemaskan!

Ilmu parenting dapat kamu dapatkan dari banyak sumber, salah satunya adalah acara televisi. Acara televisi reality show korea, The Return of Superman kerap dijadikan contoh para orangtua untuk mendidik anaknya. Acara ini mengusung tema ayah dan anak yang menghabiskan waktu bersama selama 48 jam. Kira-kira apa saja ya pelajaran parenting yang bisa diambil dari reality show ini? Yuk kita simak!

1. Berikan anak pengalaman yang beragam

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!Youtube.com/KBS Entertain

Memberi anak pengalaman yang beragam akan menambah pengetahuan dan membentuk pola pikir mereka. Seperti triplet yang telah mencoba banyak jenis makanan, hasilnya mereka tidak menjadi seorang yang pilih-pilih makanan dan berkembang lebih cepat dari anak yang seusia dengannya.

2. Minta pendapat anak agar mereka merasa dihargai

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!Youtube.com/KBS World Tv

Dalam epidose ini, pesepakbola Park Jooho, Naeun dan Gunhoo singgah di salah satu toko sepatu. Jooho meminta Naeun memilih sepatu yang akan ia kenakan untuk menghadiri acara penghargaan tahunan. Dengah wajah gembira dan berseri Naeun memilih sepatu untuk sang ayah tercinta.

Memupuk rasa percaya pada anak dan menghargai atas pilihannya akan membuat anak merasa dihargai. Selain itu anak akan lebih terbiasa untuk mengutarakan pendapatnya.

3. Sekali-kali beri anak sebuah misi agar mandiri dan bertanggung jawab

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!Youtube.com/KBS World Tv

Pada episode ini, Sungjae meminta ayahnya untuk mengantar menemui Yian. Namun,  sang ayah menolak dengan alasan ada pekerjaan. Lalu, ayah Sungjae pun menantang Sungjae untuk menaiki subway seorang diri. Seungjae pun menyanggupi dan sampai dengan selamat.

Memberikan sebuah misi pada anak membuat anak mengeksplor lebih jauh dirinya sendiri. Meninggalkan zona nyaman dan "dipaksa" untuk menjadi mandiri adalah salah satu treatment untuk ia berkembang, tapi tetap beri pengawasan ya.

Baca Juga: 5 Metode Parenting ala Kerajaan Inggris yang Patut Kita Tiru 

4. Beri treatment setelah ia bertengkar atau melakukan kesalahan

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!Youtube.com/KBS World Tv

Seola dan Sian kerap terlibat pertengkaran, seperti dalam episode ini. Saat bertengkar Dongguk memberi treatment pada kakak beradik ini dengan memakaikan mereka dalam satu kaos bertuliskan "Jangan bertengkar" dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Treatment sangat disarankan apabila buah hati terlibat perkelahian agar mereka mendapat efek jera atas perbuatannya. Namun jangan lupa untuk memberitahu alasan mereka mendapat treatment tersebut.

5. Ajari anak etika sejak dini

5 Pelajaran Parenting yang Bisa Disontek dari The Return Of Superman!Youtube.com/KBS World Tv

William selalu makan menggunakan tangannya, padahal untuk anak seusianya sudah memulai makan dengan sendok atau garpu. Sam pun memberi tahu bahwa sekarang ia harus mulai makan dengan garpu. William yang sudah terbiasa makan menggunakan tangan merasa kesulitan, namun ia tetap berusaha untuk makan menggunakan garpu.

Sam terlihat sangat disiplin dan konsisten pada anaknya saat mengajari etika saat makan. Saat William berhasil makan menggunakan garpu tak lupa Sam memuji atas kerja kerasnya.

Nah, itu dia pelajaran parenting dari The Return of Superman yang bisa kamu sontek. Apa ada pelajaran lain yang kamu dapatkan? Isi kolom komentar ya!

Baca Juga: Menikah di Usia Muda, Ini Parenting ala Jenahara Nasution

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya