Comscore Tracker

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!

Jangan biarkan anak menghadapi masalah sendirian

Orangtua menjadi sosok yang bertanggung jawab atas segala yang terjadi pada anaknya, sejak bayi hingga dewasa. Di setiap harinya, anak akan terus tumbuh dan menjalani hidupnya masing-masing.

Anak juga kerap dihadapkan dengan berbagai permasalahan pribadi, seperti masalah percintaan, pertemanan, hingga beragam hal lainnya. Orangtua pun tak boleh cuek dengan apa yang terjadi pada anaknya karena hal ini dapat membawa beragam dampak yang tak diinginkan.

Tentu sebagai orangtua, kita tidak ingin anak berjuang sendirian dengan masalahnya, bukan? Maka dari itu, orangtua harus pintar-pintar dalam melihat situasi yang dihadapi anak. Berikut ini lima tanda anak sedang memiliki masalah yang perlu kamu ketahui.

1. Perilaku yang tiba-tiba berubah 

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak sedang menyendiri (pexels.com/Drew Rae)

Orangtua pasti sudah mengenali perilaku anak, seperti apa kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Namun ketika terdapat waktu di mana anak tiba-tiba menunjukkan perilaku yang berubah, maka orangtua sudah sepatutnya curiga atas apa yang terjadi.

Lakukanlah pendekatan kepada anak untuk mencari tahu yang sedang dialami. Jangan biarkan anak menanggung masalahnya sendirian karena dikhawatirkan kesehatan mental dan psikis dapat terganggu.

2. Gak nafsu makan

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak malas makan (pexels.com/Kampus Production)

Nafsu makan yang juga tiba-tiba menghilang menjadi tanda utama anak sedang memiliki masalah. Selain itu, kondisi ini bisa saja menunjukkan gejala sakit, maka periksakan bagian tubuhnya, utamanya kesehatan mulut.

Namun apabila secara fisik ia terlihat baik-baik saja dan tidak ada masalah kesehatan yang serius, maka nafsu makan yang menurun dapat menjadi pertanda jika ia menghadapi permasalahan. Sama seperti orang dewasa, masalah yang berat memang membuat nafsu makan hilang sama sekali. Hal inilah yang sebaiknya diperhatikan orangtua lebih lanjut.

3. Gampang tersulut emosi 

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak sedang menangis (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Salah satu pertanda anak sedang memiliki masalah adalah gampang tersulut emosi. Anak-anak akan menjadi lebih sensitif terkait suatu hal. Apabila ditemukan anak yang lebih mudah menangis dan mudah marah, sudah sepatutnya orangtua mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang terjadi pada anak.

Usahakan orangtua tidak ikut meluapkan emosinya ketika menemukan anak dalam kondisi ini. Gunakan pendekatan yang lebih lembut agar anak dapat menceritakan masalahnya.

Baca Juga: 5 Ide Self Care untuk Orangtua, Bantu Pulihkan Mental dan Pikiran

4. Lebih banyak diam 

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak menyendiri (pexels.com/Matheus Bertelli)

Pada umumnya, anak-anak akan memiliki kepribadian yang ceria dan gemar bermain di setiap harinya. Beragam hal akan mereka lakukan, apalagi jika mereka berada dalam mood yang baik.

Namun, ketika anak tiba-tiba lebih pendiam dari biasanya, ini adalah pertanda yang buruk bagi orangtua. Hal ini tentu saja gak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu kesehatan mental anak-anak.

 5. Perubahan fisik   

5 Tanda Anak sedang Memiliki Masalah, Orangtua Harus Peka!ilustrasi penurunan berat badan (pexels.com/SHVETS production)

Masalah yang dihadapi seseorang akan mempengaruhi banyak hal, salah satunya masalah fisik. Anak yang sedang diberikan masalah akan menjadi malas makan, kebanyakan berpikir, berujung stres, hingga mempengaruhi berat badannya.

Anak yang tiba-tiba menunjukkan perubahan fisik ini pun patut dicurigai. Jangan sampai, karena masalah tersebut anak justru jatuh sakit. 

Setiap orangtua pastinya gak tega melihat anaknya sedang menanggung beban masalah sendirian. Oleh karenanya, ketika anak sedang menunjukkan tanda-tanda di atas, usahakan orangtua lebih cepat peka, ya!

Baca Juga: Kuncinya Kasih Sayang! 5 Cara Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak 

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya