Comscore Tracker

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!

Anak mungkin saja kurang diperhatikan oleh kedua orangtuanya

Setiap anak tentunya membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang penuh dari kedua orangtua, serta orang-orang yang ada di sekitarnya. Meski pun sering kali banyak orangtua yang keliru, sebab hanya mengutamakan kebutuhan anak secara finansial, tetapi abai dalam memberikannya perhatian.

Anak-anak yang tumbuh dalam situasi yang seperti itu, justru akan membuat mereka menjadi sosok yang kerap cari perhatian. Hal tersebut biasanya bisa dilihat melalui beberapa tanda anak sedang cari perhatian, berikut ini.

1. Gemar membuat masalah

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak menangis (unsplash.com/@zacharykadolph)

Tanda pertama adalah anak memiliki kebiasaan buruk yang senang sekali membuat masalah. Memang hal ini juga sering kali disebabkan karena banyak anak yang belum memahami mana yang salah dan mana yang benar.

Tujuan dari membuat masalah sebetulnya agar anak memperoleh perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Meskipun dampaknya juga tak selalu baik, sebab banyak pula orangtua yang merespon dengan cara keliru.

2. Kerap mengajukan pertanyaan retorik

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/@annushka-ahuja)

Banyak anak yang sering kali memiliki hobi bertanya pada orangtua atau orang-orang di sekitarnya. Sering kali pertanyaan tersebut juga bisa bersifat random atau bisa juga sesuai dengan apa yang dipikirkan anak.

Tak sedikit anak yang berusaha mencari perhatian dengan cara bertanya hal-hal yang sebetulnya retorik. Pertanyaan retorik ini sebetulnya memiliki tujuan agar orang-orang di sekitar memberikan perhatian padanya, sehingga ia tak merasa diabaikan.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Kurang Kasih Sayang, Berbuat Onar Cari Perhatian

3. Sering mendramatisir situasi

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak menangis (unsplash.com/@zahraamiri_)

Memang sering kali banyak cara bagi anak untuk memperoleh perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Bahkan tak jarang justru anak akan berusaha mendramatisir suatu situasi yang menimpanya.

Tujuan mendramatisir situasi ini agar orang-orang dapat memusatkan perhatiannya padanya. Dengan demikian, anak akan merasa diperhatikan dan tidak diabaikan oleh orang-orang di sekelilingnya.

4. Mudah emosi karena hal sepele

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!ilustrasi anak menangis (unsplash.com/@arwanod)

Memang tidak dapat ditampik bahwa tanda yang paling jelas dari anak-anak yang gemar mencari perhatian adalah dapat dilihat dari kontrol emosinya. Biasanya mereka justru tak akan ragu dalam meluapkan emosinya, meski disebabkan karena hal sepele sekali pun.

Cara meluapkan emosi terkadang bisa berbeda-beda. Dari mulai menangis, berteriak, hingga melakukan hal-hal yang membuat orangtuanya khawatir.

5. Menyakiti dirinya sendiri

5 Tanda Anak Sedang Cari Perhatian, Orangtua Harus Peka!ilustrasi bayi marah (unsplash.com/@weekendw0rrier)

Satu hal yang sudah ekstrem adalah bila anak sampai berani menyakiti dirinya sendiri. Memang mungkin anak memiliki maksud agar diperhatikan. Namun, jika sudah sampai tahap ini, maka jelas akan sangat berbahaya.

Justru hal ini bisa mengancam keselamatan anak, apabila orangtua tetap abai dalam memperhatikannya. Itulah konsekuensi yang juga harus siap dihadapi oleh orangtua apabila tak memperhatikan anaknya dengan seksama.

Itulah beberapa tanda anak sedang cari perhatian, yang perlu diamati oleh para orangtua. Terkadang kesibukan orangtua memang membuat mereka tak sempat memperhatikan anak-anaknya. Dampaknya membuat anak jadi kekurangan perhatian, sehingga mencari hal tersebut dengan cara yang lain. Jangan sampai anak seperti ini, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Saat Dewasa jika Anak Kurang Disayang, Jadi Haus Perhatian

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya