Comscore Tracker

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'

Setiap episodenya mengandung pesan yang berbeda-beda!

KDrama "Mystic Pop-Up Bar" telah memasuki episode terakhir pada 25 Juni lalu. Drama ini merupakan comeback pertama idol sekaligus aktor Yook Sungjae setelah ia sukses memerankan diri sebagai keponakan Goblin 3 tahun lalu.

"Mystic Pop-Up Bar" mengisahkan tentang Wolju (Hwang Jung-Eum) yang harus menyelesaikan masalah dari 100.000 manusia dalam waktu 500 tahun demi menjalani hukuman. Ia memiliki kemampuan masuk ke dalam alam bawah sadar seseorang untuk memecahkan masalah mereka. Demi menuntaskan target tersebut, Wolju dibantu oleh Han Kangbae (Yook Sungjae) dan Chief Gwi (Choi Wonyoung).

Meski "Mystic Pop-Up Bar" memiliki genre fantasi-komedi, namun ternyata tak hanya misteri dan komedi yang ditampilkan. Banyak juga pesan moral dalam drama ini yang cocok untuk dijadikan pelajaran agar hidup kita lebih baik.

1. Mengetahui segala hal bukanlah hal yang baik

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'jtbc.joins.com

Kadang, kita selalu ingin tau apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Namun, ternyata lebih baik untuk tidak mengetahui hal tersebut. Han Kangbae memiliki kemampuan yang membuat orang lain tanpa sadar langsung menceritakan isi hatinya ketika ia menyentuh mereka. Hal ini membuat hidupnya selama 27 tahun seperti kutukan.

Ia sering mendapati orang-orang di sekitarnya yang hanya ingin memanfaatkannya dan tak pernah tulus dalam berteman dengannya. Orang lain pun jadi tak mau dekat-dekat dengannya karena Kangbae selalu bisa mengetahui perasaan yang sebenarnya tak ingin mereka tunjukan.

Menurut Kangbae, jika ingin memiliki hubungan baik dengan orang lain, lebih baik hanya mengenal "luarnya" saja dan jangan mencoba untuk mengetahui perasaan terdalam mereka.

2. Janji adalah utang yang harus dibayar

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'jtbc.joins.com

Saat masih menjadi sepasang kekasih, Putra Mahkota berjanji kalau ia akan selalu menjaga Wolju. Namun, sayangnya ia tak berhasil melakukan hal tersebut hingga membuat Wolju bunuh diri. Setelah meninggal, Putra Mahkota memohon kepada Dewa agar ia bisa menepati janji kepada Wolju.

Setelah 500 tahun meyakinkan Dewa dengan kinerjanya yang baik selama diberi tugas sebagai kepala kepolisian alam baka. Dewa pun kembali mempertemukannya dengan sang pujaan hati hingga akhirnya ia bisa menjaga Wolju dari berbagai marabahaya.

Wolju pun selama ini tak mengetahui siapa yang selalu ada di sisinya sehingga ketulusan dan kesetiaan Putra Mahkota dalam menjaga Wolju juga patut diacungi jempol!

Baca Juga: 10 Momen Manis Kang Bae & Yeo Rin di Mystic Pop-Up Bar, Couple Ajaib!

3. Mendengarkan sebuah kisah dari sisi orang lain

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'jtbc.joins.com

Selama 500 tahun, Wolju menyimpan dendam kepada Putra Mahkota karena kekasihnya tersebut meninggalkannya demi menikah dengan orang lain. Selain itu, ia juga mengira bahwa Putra Mahkota-lah yang membunuh ibunya hingga membuat Wolju ikut bunuh diri.

Wolju bahkan mengusir Putra Mahkota setelah mengetahui bahwa selama ini mantan kekasihnya tersebut ternyata selalu ada di sisinya. Ia selama ini hanya percaya apa yang ia lihat dulu. Namun, ternyata semua hal yang Wolju lihat dan pikirkan itu tak semuanya benar.

Setelah mendengar pengakuan dari orang lain yang melihat langsung kejadian tersebut di masa lalu, Wolju akhirnya mau mendengarkan penjelasan Putra Mahkota dan mereka pun kembali memiliki hubungan yang baik setelah 500 tahun lamanya.

4. Seorang ibu rela mengorbankan dirinya untuk sang anak

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'jtbc.joins.com

Setelah gantung diri di sebuah pohon keramat, Wolju baru diberi tahu oleh Dewa bahwa ternyata dirinya sedang mengandung seorang anak. Hal ini membuatnya tak hanya membunuh dirinya, namun juga ia tak memberikan kesempatan darah dagingnya untuk lahir ke dunia.

Wolju pun diberi tahu bahwa roh yang ada di pohon keramat ternyata masuk ke dalam diri anaknya sehingga sang anak tak akan bisa bahagia di kehidupan selanjutnya. Wolju pun bersedia untuk menerima hukuman agar hidup anaknya bisa bahagia.

Setelah 500 tahun, Wolju akhirnya mengetahui nasib malang sang anak sepanjang hidupnya setelah bereinkarnasi. Wolju jadi merasa sangat bersalah dan berusaha keras untuk memenuhi targetnya agar roh pohon keramat bisa pergi dari tubuh sang anak supaya ia bisa hidup normal seperti manusia yang lain.

5. Lidah seseorang mampu membunuh manusia

Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'jtbc.joins.com

Untuk menyelesaikan masalah 100.000 manusia, Wolju selalu mendengarkan cerita orang lain agar ia bisa memecahkannya. Salah satu cerita yang disuguhkan di drama ini adalah saat seorang nenek yang sedang sakit keras sedang bimbang harus memberi tahu sesuatu kepada anaknya atau tidak.

Setelah digali, ternyata anak tersebut bukanlah anak kandung sang nenek, melainkan buah hati temannya. Saat muda sang nenek jatuh cinta dengan seorang lelaki yang merupakan suami sahabatnya. Karena tak suka melihat mereka hidup bahagia, sang nenek membuat cerita bohong tentang sahabatnya yang ia utarakan langsung di depan lelaki tersebut. Hubungan rumah tangga pasangan tersebut pun hancur dan sahabat sang nenek meninggal tertabrak mobil saat mengejar suaminya.

Dari sini, kita belajar bahwa lidah seseorang ternyata juga mampu membunuh manusia. Jadi, berpikirlah sebelum bicara.

Nah, itulah 5 pelajaran yang dapat diambil dari KDrama "Mystic Pop-Up Bar". Sebenarnya, bukan hanya pesan-pesan di atas saja yang ditampilkan dalam "Mystic Pop-Up Bar".

Di setiap episodenya, drama ini selalu memberikan pelajaran hidup dengan berbagai cerita unik dari setiap "pelanggan" Wolju. Kalau ingin tahu kisah unik beserta pesan moral lainnya, jangan lupa saksikan "Mystic Pop-Up Bar"ya! Tersedia di Netflix juga, lho!

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Para Pemain "Mystic Pop-Up Bar" di Balik Layar

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya