TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pesan Berharga Bisa Kamu Dapatkan di Film "The Pursuit of Happyness"

Setiap usaha baik pasti berbuah manis

Columbia Pictures

The Pursuit of Happyness adalah salah satu film biografi terbaik pada masanya. Film yang dirilis tahun 2006 mengangkat kisah lika liku hidup pengusaha sekaligus filantropis bernama Chris Gardner. Dibintangi oleh Will Smith (Chris Gardner), Jaden Smith (Chris Gardner Jr.) dan Thandie Newton (Linda Gardner), film ini bisa bikin banjir air mata akibat dramatisasi perjuangan hidup sang pialang saham.

Inilah enam pesan berharga yang bisa kamu dapat dari film The Pursuit of Happyness. Semoga menginspirasimu, ya!

1. Jangan menyerah memperjuangkan cita-cita

Columbia Pictures

Bila kamu tengah mencari sosok yang punya determinasi tinggi, cobalah mengamati karakter Chris Gardner.

Sosok pria berkulit hitam ini menghabiskan seluruh uang tabungannya untuk berinvestasi mesin pemindai kepadatan tulang. Sejumlah dokter maupun rumah sakit menilai harga yang ditawarkan Chris terlalu mahal. Alhasil, ia harus berusaha ekstra menjual mesinnya itu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bila ia tak berhasil menjual setidaknya dua unit mesin dalam sebulan, biaya hidupnya tidak akan tertutupi.

Baca Juga: 5 Film Will Smith yang Paling Populer di Era 2000-an, Sudah Nonton?

2. Cerdas mengamati lingkungan sekitar

Columbia Pictures

Saat Chris berjalan melewati depan kantor pialang saham Dean Witter, ia iseng bertanya kepada salah satu broker. "Bagaimana caranya kamu bisa memiliki mobil sebagus itu?," tanya Chris. Lantas broker tersebut menjawab bila dirinya bekerja sebagai broker saham. Dari situlah, Chris mengirimkan surat lamarannya kepada pihak Dean Witter.

Ia terus mencoba mendekati pimpinan, mengikuti proses pelatihan, dan diterima sebagai pegawai baru di Dean Witter.

3. Setia terhadap pasangan

Columbia Pictures

Saat Chris berada di titik terbawah dalam hidupnya, sang istri bernama Linda memilih meninggalkan suami dan anaknya untuk mencari kehidupan baru.

Sikap Linda adalah contoh yang sebaiknya tak patut dicontoh. Ia tak menunjukkan dukungan terhadap suaminya yang berusaha mencari jalan keluar dari kesulitan ekonomi.

4. Bersikap sabar saat mencari jalan keluar setiap permasalahan

Columbia Pictures

Saat berjualan mesin, Chris benar-benar mendapat cobaan-cobaan hidup terberat. Chris ditinggalkan oleh istrinya, banyak tunggakan yang harus ia bayar, pindah-pindah kontrakan, motel, dan bahkan ia pernah bermalam di toilet. Bahkan, mesinnya tersebut hampir dicuri oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Belum lagi, Chris harus mengasuh anak semata wayangnya. Tapi, ia selalu bersikap bijak dan tak pernah terlihat mengeluh atas cobaan hidupnya.

Salut!

5. Mengambil setiap peluang usaha yang ada

Columbia Pictures

Chris masih berjualan mesin sembari menjadi pegawai magang guna menyambung hidup. Ia sama sekali sadar, hampir tak ada waktu istirahat baginya apalagi kesibukannya di Dean Witter tak dibayar selama pelatihan.

Tapi, ia memanfaatkan waktu dengan berusaha sebaik-baiknya dan berhasil lolos menjadi pegawai.

Andaikata Chris pada saat itu tak memanfaatkan peluang, mungkin kisah hidupnya takkan difilmkan.

Baca Juga: Perempuan Tangguh, Ini 8 Pelajaran Hidup dari Sosok Katniss Everden

Verified Writer

Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya