Comscore Tracker

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni Hatimu

Iri hati menimbulkan kedengkian, hujat, dan fitnah

Banyak hal yang menyebabkan seseorang diracuni oleh salah satu dari tujuh dosa mematikan (seven deadly sins) ini. Bahkan, tanpa kamu sadari perasaan ini kerap menyelinap di hatimu dan muncul tiba-tiba. Selama rasa iri itu bisa memotivasi kamu untuk mencapai kebaikan dengan cara yang positif, mengapa tidak? Sayangnya, rasa iri ini lebih merujuk pada hal negatif yang menimbulkan kedengkian, hujat, dan fitnah.

Saat hatimu dirasuki perasaan iri, pikiran-pikiran negatif pun datang menghampiri dan mengacaukan hidupmu. Tanpa kamu sadari, menjauhkanmu dari perasaan bahagia. Nah, 5 hal negatif ini akan merasuki dan meracuni hatimu akibat dari menyimpan rasa iri.

1. Pikiranmu dipenuhi prasangka buruk sehingga timbul kasak-kusuk yang bisa berakhir fitnah

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni HatimuPixabay/Baruska

Saat orang lain lebih berprestasi atau sukses darimu, sementara kamu dan orang tersebut berada pada posisi atau kedudukan yang sama, melakukan perjuangan dan usaha yang sama, timbul perasaan tidak senang, tidak puas, dan berakhir dengki. Karena tidak bisa menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapanmu, pikiran negatif pun menguasai kepalamu sehingga menimbulkan prasangka buruk dan kasak-kusuk bahwa orang tersebut mendapatkan semua itu secara tidak jujur. Bahkan, tak jarang berakhir fitnah.

2. Kamu selalu merasa tidak puas dengan apa yang kamu miliki dan terima sehingga sulit mengucap syukur

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni HatimuPixabay/Pexels

Dengan mengucap syukur kamu belajar untuk menerima apa yang sudah Tuhan berikan padamu, baik maupun buruk, sesuai maupun tidak dengan harapanmu. Dia tahu apa yang kamu butuhkan, berapa banyak yang kamu butuhkan, bahkan tidak menutup kemungkinan Dia akan menambahkan apa yang benar-benar kamu butuhkan. Ketika kamu sulit bersyukur, bahkan lupa  untuk mengucap syukur, saat itu pula hari-harimu jauh dari perasaan bahagia. Yang rugi kamu juga, ‘kan?

3. Timbul perasaan tidak nyaman saat kamu mendapatkan perlakuan yang tidak sama

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni HatimuPixabay/Mark_Mook_Fotografie

Iri hati juga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kamu menjadi sensitif, mudah emosi saat kamu merasa diperlakukan tidak sama. Amarahmu menjadi mudah tersulut karena merasa dibedakan. Alhasil, hatimu jadi dipenuhi oleh amarah karena sakit hati, sehingga timbullah perasaan dengki karena orang lain tidak menghargaimu dan menganggapmu remeh. Rasanya belum puas bila kamu belum melampiaskannya dalam tindakan nyata. Sadarlah, menyimpan rasa iri menimbulkan kekacauan dan merusak seluruh sendi kehidupanmu.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Rasa Iri Hati, Biar Gak Rugi Sendiri

4. Otakmu dikuasai pikiran jahat terhadap orang lain

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni HatimuPixabay/1388843

Ini yang paling meguras hati dan pikiranmu, bahkan energimu. Saat perasaan iri merasukimu dan meracuni hatimu, otakmu dikuasai oleh pikiran jahat atau negatif. Pikiran jahat ini pula yang bisa mendorongmu melakukan tindakan buruk demi memuaskan rasa tidak puas dan dengkimu akan keberhasilan dan keberuntungan orang yang kamu cemburui. Jika terus begini, kapan hidupmu akan tenang? Kapan kamu akan bahagia? Kapan kamu akan fokus memikirkan dirimu sendiri? Bukannya mengurusi hidup orang lain. Mengerikan sekali, betapa dahsyatnya dampak dari iri hati ini.

5. Mendorong kamu melakukan tindakan yang tidak masuk akal alias gelap mata yang bisa menghancurkan dirimu

5 Hal Negatif Ini Akan Merasukimu Saat Rasa Iri Meracuni HatimuPixabay/Engin_Akyurt

Masih berhubungan dengan poin empat. Timbunan rasa dengki dalam dirimu ini tentu saja membuat pikiran sehatmu tidak lagi bekerja dengan baik. Sebab, dorongan untuk melakukan tindakan jahat demi memuaskan hasrat dengkimu lebih dominan. Hidupmu jadi tersita untuk bisa menyaingi dan mengalahkan orang yang kamu cemburui. Kamu hanya fokus kepada orang yang kamu cemburui.

Kamu akan melakukan apa pun untuk memuaskan perasaan irimu ini. Alhasil, kamu tidak peduli lagi apakah tindakanmu akan merugikan dirimu sendiri atau tidak. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan melakukan tindakan ilegal. Imbasnya bisa menghancurkan dirimu sendiri.

Masih tetap mau menyimpan perasaan iri ini dalam hidupmu? Ingat, iri hati adalah salah satu penyebab utama bahagia menjauh darimu. Jadi, jangan biarkan iri hati meracuni hidupmu.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Kerap Dengki Melihat Keberhasilan Teman, Yuk Jauhi!

Ana Lydia Photo Community Writer Ana Lydia

God's plan is always more beautiful than our desire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You