Comscore Tracker

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buat

Penuh kebaikan hati nih!

Dalam kehidupan sedinamis saat ini terkadang kita tak menyadari bahwa masih ada orang dengan hati tulus di sekitar kita. Bahkan, kita sendiri sering tak menyangka bahwa kita termasuk orang yang punya ketulusan tersebut. Hal tersebut sangatlah wajar karena hal baik yang kita lakukan seolah terjadi begitu saja dan tak teringat di dalam benak.

Meski begitu, kita acapkali mempertanyakan kepada diri sendiri sudahkah kita berbuat tulus atau belum. Untuk menjawab rasa penasaran itu, tujuh sikap ini bisa menjadi petunjuk bahwa sejatinya kamu adalah sosok yang tulus.

1. Memperlakukan orang dengan rasa hormat

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpexels/buro-millennial

Orang yang punya ketulusan hati memperlakukan orang lain dengan rasa hormat. Tak hanya orang yang sudah dikenal, mereka juga berlaku seperti itu pada orang yang baru ditemuinya pertama kali. Sikap hormat mereka pada orang lain membuatnya dapat bergaul dengan mudah serta mendapat respek dan banyak cinta dari sesama.

2. Sabar dalam situasi apa pun

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpixabay/jakealdridge

Kesabaran adalah salah satu aspek yang dimiiliki seseorang yang tulus. Dalam situasi buruk sekalipun, mereka berusaha untuk tetap menjaga kesabaran meski rasa stres dan frustasi berupaya mengoyak diri. Mereka yakin ketenangan akan membuka jalan pada banyak usaha dan inspirasi yang membawa diri pada penyelesaian berbagai rintangan. 

3. Tak ragu sampaikan apa yang dirasakan

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpixabay/rawpixel

Orang tulus tak ingin membuang energi dan waktu untuk bergunjing. Justru, mereka lebih memilih mengutarakan apa yang menjadi pandangannya.

Tak jarang, sikap jujurnya ini disampaikan meski dalam situasi genting dan membuat orang lain merasa sedih karena fakta yang diucapkan. Namun, kejujuran inilah yang membuat mereka dipercaya orang lain. 

4. Tepati janji yang telah dibuat

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpexels/rawpixel

Orang tulus bukanlah pribadi yang menanggalkan janji. Mereka akan sekuat tenaga untuk menepati apa yang sudah dijanjikannya pada diri sendiri atau orang lain. Meski tak sesuai jadwal atau harapan, mereka sebisa mungkin menuntaskannya. Bagi mereka, menepati janji adalah hal baik dan perlu dituntaskan.

Baca Juga: Jangan Terjebak, Ini 5 Perbedaan Teman yang Tulus dan Cuma Modus!

5. Bukan ‘raja’ atau ‘ratu’ drama

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpexels/wildlittlethingsphoto

Bagi orang tulus, hidup yang dijalaninya bukanlah pementasan drama besar yang menguras emosi. Mereka meyakini hidup mereka adalah segala sesuatu yang sifatnya positif.

Tak ada waktu bagi mereka untuk menjatuhkan atau mencemooh. Jika ada orang yang ingin bermain ‘drama’, orang tulus tak ingin menanggapi dan memilih untuk berfokus pada hal yang menurutnya penting. 

6. Tak menggebu untuk jadi pusat perhatian

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpexels/rawpixel

Setiap orang pasti menginginkan jadi pusat perhatian. Namun, tak semua orang begitu menggebu ingin mendapat atensi dari banyak orang. Pribadi yang tulus termasuk orang yang tak terlalu mengejar perhatian orang lain.

Untuk mereka, dapat merealisasikan apa yang ingin dicapai jadi hal utama. Maka dari itu mereka memegang teguh prinsip aksi lebih baik daripada sekedar kata-kata

7. Membantu tanpa ada maksud tersembunyi

7 Tanda Sifat Tulusmu Itu Nyata dan Gak Dibuat-buatpexels/rawpixel

Menolong sesama manusia tentunya adalah hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Begitu pula halnya yang dilakukan oleh orang tulus.

Mereka akan menolong orang di sekitarnya tanpa memberi ekspektasi apa yang bakal didapatkannya kelak. Orang tulus akan benar-benar menolong dengan keikhlasan hati menyesuaikan kapasitas serta kemampuan yang dimiliki.

Tujuh sikap tadi bisa kamu jadikan cerminan apakah dirimu sudah menjadi orang yang tulus selama ini atau belum. Tak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi baik. Selama ada niat dan keikhlasan, kebaikan dan kedamaian hidup bisa dirimu lakukan dan dapatkan.

Baca Juga: 7 Sikap Kecil Tanda Kamu Benar-benar Orang yang Rendah Hati

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya