Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidup

Jalanmu akan semakin mudah untuk meraih kesuksesan

Sosok panutan adalah seseorang atau lebih dari satu orang yang kamu jadikan teladan dalam hidup. Orang tersebut bisa berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, tergantung bagaimana kamu menilai mereka. Pada dasarnya memiliki sosok panutan akan membuat hidupmu jadi lebih terarah, sebab secara gak langsung kita pasti ingin menjadi seperti sosok yang kita kagumi. 

Bagus banget buat melancarkan prosesmu saat meraih kesuksesan, ini 5 alasan mengapa penting memiliki sosok panutan dalam hidup kita!

1. Kita akan lebih semangat untuk berusaha mencapai kesuksesan yang sama

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidupunsplash.com/@gregoryallen

Setidaknya memiliki panutan akan membuatmu berusaha mencapai titik yang sama dengan mereka. Motivasi kalian kuat untuk menjadi seorang yang juga punya tempat seperti sang idola. Lebih baik lagi kalau kamu memiliki ambisi untuk lebih sukses dari pada panutan kalian, bikin kamu merasa bangga akan pencapaian diri sendiri. 

2. Penyuntik energi saat kamu lelah atau malas untuk terus berusaha

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidupunsplash.com/@jakemelara

Gak bisa dipungkiri bahwa kita pasti akan merasakan bosan saat terus berjuang. Rasa lelah yang muncul juga kerap mendukung aksi malas dan berhenti berusaha. Dalam kondisi seperti ini panutan punya peran penting yang akan memengaruhi semangat kalian. Kamu akan merasa kembali segar dan terbakar api semangatnya saat melihat kesuksesan idola kalian. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Semangat dalam Meraih Impian

3. Menjaga fokus kita terhadap suatu hal yang kita inginkan

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidupunsplash.com/@brookecagle

Karena punya panutan apa yang kita kerjakan juga jadi terarah, kamu mengetahui apa yang ingin kalian capai dan bagaimana untuk mewujudkannya. Usahamu jadi lebih jelas dan tidak mudah kehilangan fokus. Mereka yang memiliki idola akan lebih mudah meraih kesuksesan dibanding orang yang berjalan tanpa arahan yang pasti. 

4. Menyadarkan kita tentang potensi yang tersimpan

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidupunsplash.com/@thkelley

Melihat kerja keras orang lain dalam memaksimalkan potensi diri secara tidak langsung juga bisa memotivasi kalian untuk ikut melakukannya. Kamu akan berpikiran terbuka dan mengenali potensi yang diam-diam tersimpan.

Mungkin awalnya kamu hanya mencoba mengikuti apa yang idola kamu kerjakan dalam meraih kesuksesan, hingga akhirnya kamu sadar bahwa kamu ternyata juga punya kemampuan yang sama dan bisa menjadi modalmu untuk mempercepat keberhasilan. 

5. Membuatmu tak merasa sendirian dan kesepian

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Sosok Panutan dalam Hidupunsplash.com/@clemono2

Sosok panutan itu bisa berasal dari berbagai latar belakang, kalau kamu mengidolakan publik figur maka kegiatan mereka saat bekerja bisa kamu simak dengan baik dan menjadikan pendamping dirimu saat sedang berusaha.

Kalau menjadikan orangtuamu sebagai sosok panutan, maka saat kamu merasa down nasihat mereka akan membuatmu merasa tidak sendirian. Sehebat itulah pengaruh panutan dalam meraih kesuksesan. 

Banyak usaha yang bisa kamu kerjakan saat ingin meraih kesuksesan, salah satunya dengan memiliki panutan seperti ini. Sebab lima alasan tadi sangat masuk akal dan jelas bisa membuat kamu lebih mudah mencapai garis finish!

Baca Juga: 5 Fakta Maudy Ayunda yang Sukses di bidang Akademik, Panutan Banget!

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya