Comscore Tracker

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan Baik

Hati-hati, banyak informasi hoaks

Sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang makin mumpuni, pengguna internet kini juga kian jeli. Peningkatan teknologi digital juga membuat masyarakat semakin melek terhadap literasi digital

Sebagai generasi yang mendominasi isi Bumi, milenial dan generasi Z mau tak mau harus beradaptasi dengan perkembangan digital yang setiap harinya melahirkan hal baru. Berikut alasan mengapa milenial paham literasi digital adalah hal wajib!

1. Perkembangan teknologi digital semakin pesat

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan BaikIlustrasi perkembangan tekonologi digital (pexels.com/AlphaTradeZone)

Perkembangan digitalisasi seperti sekarang khususnya bagi milenial dan generasi Z harus dihadapi dengan cukup intens dengan memahami dan mengendalikan peran teknologi itu sendiri. Keseimbangan antara keduanya akan sangat berdampak dalam penggunaan teknologi era digital.

Teknologi digital memberikan kemudahan bagi siapapun untuk menyebarkan informasi. Maka tidaklah heran jika banyak dis-informasi dan mis-informasi. Merebaknya informasi hoaks menunjukkan belum selaras antara peningkatan penggunaan media dengan literasi digital.

2. Media sosial sebagai ruang komunikasi terbuka

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan BaikIlustrasi seorang wanita sedang membuat konten untuk media sosial. (Pexels.com/RODNAE Productions)

Media digital yang paling sering digunakan milenial dan generasi Z adalah media sosial. Digitalisasi menjadikan media sosial sebagai ruang komunikasi terbuka dalam mengakses dan berbagi informasi.

Media sosial memberikan kemudahan dalam mencari pertemanan. Seiring perkembangan teknologi media sosial juga digunakan sebagai salah satu akses menjalankan bisnis, mencari lowongan pekerjaan dan lain sebagainya. Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin memilki banyak pengguna terutama di kalangan milenial dan generasi Z.

3. Milenial dan generasi Z pengguna media sosial terbanyak

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan BaikIlustrasi tiga orang wanita sedang bermain handphone (pexels.com/Jessica Ticozzelli)

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan, setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia merupakan pengguna internet (kominfo.go.id). Sebagian besar media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Tik Tok didominasi oleh milenial dan generasi Z.

Berdasarkan survey Databoks (databoks.katadata.co.id) menyebutkan penggunaan internet pada milenial dan generasi Z lebih dari 7 jam/hari. Oleh karena itu perlunya generasi muda mempelajari literasi digital agar lebih bijak dalam bermedia sosial.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menerapkan Literasi Digital di Kehidupanmu

4. Untuk mengurangi penyebaran hoaks

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan BaikIlustrasi wanita sedang menggunakan komputer (pexels.com/Fauxels)

Adanya media sosial menjadikan informasi semakin masif dan cepat, serta mengubah pola pendistribusian berita. Pengguna media sosial pada akhirnya kini bertindak selayaknya media massa yang aktif membagikan berita atau informasi. 

Namun hal ini cenderung mengakibatkan munculnya hoaks atau informasi palsu. Diharapkan milenial dan generasi Z yang selama ini melek teknologi digital dapat memerangi hal ini dengan cara filtering informasi sebelum membagikannya di media sosial. 

5. Literasi digital menjadikan milenial dan generasi Z lebih kritis

5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan BaikIlustrasi orang-orang sedang berdiskusi (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Literasi digital penting bagi generasi Z dan milenial untuk menilai segala informasi dengan sudut pandang kritis. Melalui literasi digital, maka informasi yang didapat tidak langsung disebarluaskan melainkan dianalisis atau dinilai terlebih dahulu. 

Dengan literasi digital yang dienyam oleh milenial serta generasi Z, harapannya, sih, media sosial bisa menjadi wadah yang 'sehat' alias gak toksik, ya. Yuk, mulai dari sekarang sebarkan informasi dengan baik dan bijak.

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

Dewi Septiyani Photo Writer Dewi Septiyani

a girl who loves paint, write and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya