Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangis

Kamu pernah mengalaminya?

Setiap lagu memiliki aliran tersendiri. Ada begitu banyak jenis lagu yang bisa kamu nikmati, mulai dari yang dapat mengundang semangat hingga yang bisa membuatmu sedih. Terlebih, biasanya seseorang menyesuaikan apa yang didengarkannya dengan suasana hati.

Bahkan pada waktu-waktu tertentu, mendengarkan lagu bisa membuat kita menangis, bahkan ketika kita merasa baik-baik saja. Kenapa ini bisa terjadi? Nah, berikut ini penjelasannya.

1. Lagu yang kamu dengar menyimpan banyak kenangan

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangisilustrasi mendengar lagu (pexels.com/Eren Li)

Mendengar lagu terkadang bisa membuatmu kembali mengingat masa lalu. Terlebih lagi lirik dan iramanya menggambarkan sebuah peristiwa yang kamu alami, bisa berupa kejadian yang berkesan atau kejadian kelam. Pastinya, hal ini akan membuat air mata gak berhenti mengalir.

Jika kamu mendengarkan dan menghayati setiap liriknya, pasti mampu menggetarkan jiwamu. Terlebih lagi liriknya yang mengingatkan kamu tentang suatu kejadian. Sebab itulah, lagu mampu membuat seseorang meneteskan air matanya.

2. Sangat mengagumi lirik, irama, maupun suara penyanyinya

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangisilustrasi mendengar lagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lagu bisa membuat seseorang berlinang air mata karena irama dan makna liriknya. Tak jarang, hal ini pun memengaruhi emosi. Kita bahkan bisa larut dalam suasana yang ada di dalam lagu tersebut.

Selain itu, suara penyanyi pun bisa membuat hati orang merasakan hal yang serupa. Terlebih lagi bila mereka melantunkan lagunya dengan suara yang indah dan penuh perasaan. Hal ini bisa membuat maknanya semakin mendalam.

Baca Juga: Sakit Kepala setelah Menangis, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Mewakili seluruh perasaanmu pada setiap lirik lagunya

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangisilustrasi mendengar lagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perasaan seseorang tidak bisa dibohongi. Ketika kamu mendengarkan lagu yang sesuai dengan perasaanmu, bisa saja liriknya membuat kamu menangis. Terlebih lagi maknanya sangat dalam. Pastinya hatimu luluh dan air matamu gak berhenti mengalir.

Memang cara terbaik melampiaskan isi hati adalah mendengar lagu yang kamu sukai. Artinya lagu adalah bentuk ungkapan hati yang kamu rasakan. Kesedihan dan kebahagiaan bisa kamu peroleh dari makna lagu.

4. Lagu yang kamu dengar mampu membangkitkan emosional

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangisilustrasi mendengar lagu (pexels.com/Mentatdgt)

Lagu yang baik adalah lagu yang memiliki makna yang kuat. Ada banyak jenis lagu yang bisa kamu dengar. Misalnya lagu galau yang bisa membuat kamu menangis.

Namun, tidak hanya lagu galau saja yang bisa membuat seseorang menangis. Ada juga, lho, lagu bergenre semangat yang membuat air mata kita berlinang. Misalnya lagu perjuangan, lagu religi, dan lain-lain. Lagu tersebut bisa membuat kamu menangis karena liriknya yang begitu mendalam.

5. Mendengar lagu merupakan tempat mencurahkan isi hati

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Lagu Bisa Membuat Seseorang Menangisilustrasi mendengar lagu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lagu adalah tempat yang cocok untuk seseorang mencurahkan isi hatinya. Mendengarkannya juga bisa meredakan stres, bahkan membuat kamu merasa rileks kembali.

Apabila kamu merasa sedih, kamu bisa mendengar lagu untuk menghibur hatimu yang kacau. Tidak hanya itu, lagu semangat juga bisa membangkitkan gairah dari dalam jiwamu.

Memang setiap lagu memiliki makna tersendiri. Itulah sebabnya lagu menjadi wajah bagi banyak orang untuk melampiaskan isi hatinya. Bahkan membuat mereka terbawa suasana darinya.

Baca Juga: 5 Alasan Terlalu Sering Menangis Gak Baik, Riskan Dikucilkan

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya