Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikir

#ANGPOIN Kira-kira kenapa ya?

Pasti kamu pernah mendapatkan ide-ide brilian saat kamu sedang melakukan ritual kebersihan harian kamu di kamar mandi. Atau kamu akan pergi ke kamar mandi untuk sekedar menenangkan diri dari kerjaan dan tugas yang menumpuk dan harus segera diselesaikan.

Kalau dipikir-pikir, ada banyak tempat lain yang jauh lebih keren dari kamar mandi untuk mendapatkan ide-ide brilian bin antimainstram dan menenangkan diri. Kira-kira kenapa, ya? Kuylah, disimak penjelasannya berikut ini.

1. Kamar mandi adalah ruangan dengan tingkat privasi yang tinggi

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikirpexels.com/CaiqueSilva

Saat kamu menggunakan kamar mandi, tentu saja kamu sendirian. Benar-benar sendirian dan terbebas dari orang-orang yang ada di ruangan lain di bangunan tersebut. Hal ini membuat tubuh serta otak kamu menjadi rileks. Saat tubuh kamu rileks kamu bisa berpikir dengan tenang dan jernih tanpa gangguan dan tekanan apa pun.

2. Membantu otak kita melepaskan hormon dopamin

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikirpecels.com/nappy

Bisa dibilang kamar mandi adalah tempat kedua setelah kamar tidur yang mampu membuat tubuh kita rileks dan melupakan kesibukan kita sejenak. Nah, di sinilah otak mulai melepaskan hormon dopamin yang mampu membuat kamu bisa menemukan ide-ide brilian.

Dopamin adalah sebuah neurotransmiter atau senyawa organik endogenus pembawa sinyal di antara neuron otak, yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak.

3. Memacu kita untuk berimajinasi lebih "liar" dari biasanya

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikirpexels.com/Pixabay

Saat melakukan aktivitas rutin di kamar mandi seperti mandi atau buang air, biasanya kita akan berimajinasi. Tingkat imajinasi kita saat berada di dalam kamar mandi pun tergolong lebih liar ketimbang saat kita berimajinasi di tempat lain seperti kantor dan tempat-tempat lainnya.

Hal ini terjadi karena bagian otak yang berkaitan dengan pengaturan sifat-sifat kepribadian manusia atau juga dikenal dengan istilah korteks prefontal dalam keadaan rileks. Sebaliknya, korteks prefontal yang berada dalam kondisi tegang akan menghadang ide-ide kreatif datang ke dalam otak kita.

Baca Juga: Banyak Orang Salah, Ini 5 Barang Sebaiknya Tak Disimpan di Kamar Mandi

4. Tempat yang tepat untuk memutuskan sesuatu atau sekedar berpikir

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikirpexels.com/Pixabay

Hormon dopamin yang sering kali dilepaskan oleh otak saat kita sedang berada di dalam kamar mandi juga ternyata mampu membantu kita dalam mengambil keputusan atau membuat tindakan. Selain karena dopamin memiliki tugas untuk membantu otak kita agar dapat mengatur tindakan dan respon emosional, ternyata tubuh yang santai dan nyaman mampu membuat cara berpikir kita menjadi lebih baik lagi.

5. No gadget-gadget club

5 Alasan Kenapa Kamar Mandi adalah Tempat Terbaik untuk Berpikirpexels.com/brucemars

Saat sedang berada di dalam kamar mandi, biasanya kita akan terlepas dari segala bentuk gadget dan alat elektronik lainnya. Otomatis, otak kamu  yang sebelumnya terfokus pada segala jenis aktivitas yang kamu lakukan melalui gadget akan terbebas. Sebagai gantinya, pikiran kamu pun akan berkelana dengan bebasnya dan mampu memunculkan ide-ide baru yang sangat fresh.

Gimana? Sudah nggak penasaran lagi, kan? Sekarang bisa tidur dengan nyenyak, deh.

Baca Juga: 6 Momen Konyol Ini Pasti Pernah Kamu Alami di Kamar Mandi

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya