Comscore Tracker

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai Waktu

Waktu adalah hal paling penting

Selama masih hidup di dunia manusia gak akan pernah lepas dari yang namanya waktu. Karena waktu adalah hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Oleh karena itu mengapa kita semua sangat membutuhkan waktu untuk menjalani kehidupannya masing-masing. Dengan adanya waktu, semua pekerjaan manusia akan terjalani dengan baik.

Namun, terkadang kita gak selalu dekat dengan ketepatan waktu. Alhasil, semua akan terlambat pada waktunya. Nah, biar kita lebih bisa belajar menghargai waktu, cobalah simak 7 cara mudahnya di bawah ini.

1. Aturkan rutinitas keseharian

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/Caleb Oquendo

Hal yang harus pertama terapkan adalah mengatur rutinitas. Atur segala rutinitas dari bangun tidur hingga tidur kembali supaya lebih baik lagi dalam mengontrol waktu.

Dan biar lebih mudah diingat, buatlah jadwal atau catatan rutinitas setiap hari di selembaran kertas lalu tempel di dinding atau di notes di ponsel.

2. Utamakan prioritas waktu yang paling penting

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/cottonbro

Jangan lupa untuk selalu memprioritaskan waktu yang paling utama. Waktu yang menurutmu paling penting dilakukan terlebih dahulu.

Misalnya berkumpul dengan keluarga, bertemu teman lama, meeting pekerjaan, dan lain sebagainya. Prioritaskan waktu-waktu tersebut supaya semua hal lainnya akan terjalani dengan lancar.

3. Harus berani mengatakan tidak

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/Valeriia Miller

Biasanya manusia selalu tidak menuruti sesuai keinginannya sendiri. Contohnya, seseorang memiliki jadwal yang telah diprioritaskan namun ada sesuatu hal yang menghalanginya, alhasil prioritas waktu tersebut batal dijalaninya.

Mungkin ada baiknya kita berani untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak penting menurutmu. Demi bisa menghargai waktu.

4. Selesaikan tugas di saat ada waktu luang

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/Valeria Boltneva

Hal ini berlaku pada rutinitas yang padat dan bisa sambil belajar mengelola waktu. Tapi kamu dituntut harus bisa bekerja cepat dan tepat kalau waktumu ingin terselesaikan semua dan tepat pada waktunya.

Atau hal tersebut bisa dibilang multitasking, ya. Carilah tugas-tugas yang menurutmu sulit dilakukan terlebih dahulu, supaya semua aktivitas akan terjalani dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Menu Selama Bulan Puasa agar Tidak Terbuang Sia-Sia

5. Terapkan batasan waktu pada platform media sosial

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/Mikoto

Secara tidak sadar, rata-rata manusia menatap gadget telah melebihi setengah waktu dari 24 jam perharinya, lho. Itu baru hanya sekadar melihat perkembangan di media sosaial.

Namun bila hal itu tidak segera dibatasi, akan berdampak pada waktu menjadi tak berguna. Jadi, kalau ingin memiliki waktu yang baik, batasilah waktu pada platform media sosial, dan kalau bisa harus memiliki komitmen pada waktunya yang telah ditentukan.

6. Banyak bergerak, bukan banyak berpikir

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/Startup Stock Photos

Pikiran yang berlebihan sebelum bertindak adalah sesuatu hal yang fatal pada waktu. Karena pikiran yang berlebihan akan tidak ada habisnya sehingga waktu akan menjadi terbuang sia-sia, apalagi pikiran-pikiran yang toxic yang akan menyerang dirimu menjadi terhambat. 

Alhasil semua perencanaan akan tertunda. Makanya itu, hindarilah overthinking pada sesuatu yang akan dijalani untuk menghindari penundaan waktu.

7. Beristirahat dengan waktu yang cukup

7 Langkah Menjadi Pribadi yang Selalu bisa Menghargai WaktuPexels/ELEVATE

Manusia pasti membutuhkan istirahat yang cukup, dan pastinya istirahat membutuhkan waktu. Jadi, buatlah jadwal waktu istirahat yang tercukupi agar energimu tetap terkontrol dan dapat menjalani aktivitas lainnya dengan lancar. Makanya, waktu memang paling penting untuk kehidupan manusia.

Bagaimana menurutmu dengan 7 cara tadi untuk bisa belajar menghargai waktu dengan baik? Dengan menerapkan ke tujuh cara di atas tadi, maka kamu akan lebih memahami betapa berharganya waktu di dalam kehidupan ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Finansial Masa Depanmu Aman dan Terjamin

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

Good leadership is teaching ordinary people to be able to do the work of extraordinary people. -John D. Rockefeller //FOUNDER//

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya