Comscore Tracker

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara ini

#GoodLife Kalau dibayangin aja, kamu sampainya?

Impian adalah sebuah bayangan indah yang kamu ciptakan, dan ingin mencapainya dengan tanganmu sendiri. Namun harus diakui, impian tidak mudah dicapai. Mengapa tidak mudah? Karena sebenarnya, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam rangka mencapai impianmu. Terkadang ada hal membuatmu tidak percaya diri justru bisa menghambatmu mencapai impianmu.

Kamu ingin impianmu tercapai? Inilah hal-hal yang harus kamu perhatikan agar impianmu perlahan-lahan bisa tercapai!

1. Kemampuan bersosialisasi

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/Toa Heftiba Şinca

Seberapa kuatnya berusaha untuk mencapai impianmu, kamu tidak akan bisa lepas dari lingkungan sosialmu.

Kemampuan bersosialisasi di sini bukan hanya sekadar bersenang-senang bersama teman dan orang di sekelilingmu. Tetapi justru skill bersosialisasi ini kamu gunakan untuk bekerja sama dalam rangka mencapai impianmu. Tentunya, kamu harus memiliki kemampuan persuasif yang tajam dan mencari teman yang cocok dengan bidang kesukaanmu.

Kamu memang memiliki banyak teman. Namun sebenarnya teman yang memiliki kesukaan bidang yang sama denganmu justru memiliki sikap pengertian, yang dalam terhadapmu dan teman diskusi terbaik. Kamu juga bisa bekerja sama dengan saudara dari keluargamu, tentunya mereka akan bersemangat mencobanya. Jadi, kalau ingin impianmu terwujud, carilah teman yang bisa mendukung minat dan bakatmu, ya.

2. Pola hidup

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/Pixabay

Pola hidup yang perlu diperhatikan adalah kebiasaanmu sehari-hari dan bagaimana cara kamu menjaga kesehatan. Namun sayangnya, banyak orang yang memiliki ambisi tinggi untuk mencapai impiannya rela untuk tidak memerhatikan pola hidupnya.

Contohnya saja Avicii, DJ berusia muda asal Swedia dengan lagunya yang masih fenomenal sampai saat ini memiliki pola hidup yang kacau. Sehingga menyebabkannya meninggal dunia. Ia tidak memperhatikan pola tidur dan sering mengonsumsi minuman mengandung alkohol. Itu baru sebagian contoh. Namun kenyataannya, masih banyak dari kita yang ingin mencapai impiannya ternyata mengorbankan dirinya untuk jatuh sakit.

Mulai sekarang, aturlah kebiasaanmu dan jagalah kesehatanmu. Hentikanlah kebiasaan buruk yang membentuk sikapmu dan membuatmu sakit. Jika kamu biasanya sering merokok, minum kopi, dan bergadang, hentikanlah sekarang. Ubahlah kebiasaanmu.

Seperti mulai mengonsumsi sayur-sayuran, jogging setiap pagi, dan tidur tepat waktu. Dengan begitu, dengan kondisimu yang prima dan sehat, kamu pasti akan siap melangkah untuk mencapai impianmu!

3. Ekonomi

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/Bruce Mars

Apakah kamu sering menghabiskan uang untuk kegiatan yang hanya memuaskan sementara untukmu? Sekarang berhentilah untuk melakukannya lagi jika kamu ingin mencapai impianmu.

Ingat, impianmu tidak bisa hanya di dalam bayang-bayangmu saja. Tetapi kamu juga harus menyusun anggaran untuk dirimu sendiri dalam rangka mencapai impianmu.

Contohnya saja Picasso. Pelukis asal Spanyol yang menghabiskan masa remajanya untuk mewujudkan impiannya sebagai seorang pelukis. Apakah kamu mengira dia hanya sekadar menyiapkan selembar kertas dan melukis untuk dirinya sendiri? Tidak.

Agar dirinya bisa menjadi Pelukis terkenal, dia harus mengatur keuangan yang diberikan Ibunya, dan hasil dari keringatnya sendiri untuk menyewa tempat untuk menjadi studionya dan membayarnya secara rutin.

Jadi, jika kamu ingin mewujudkan impianmu, aturlah keuanganmu dengan baik. Memang nantinya ada yang dikorbankan. Tetapi usaha keras dalam menggapai impianmu nanti pasti memiliki hasil yang baik dan tak sia-sia! Jadi, jangan putus asa!

4. Time Management

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/Startup Stock Photos

Tentunya dalam satu hari, kamu tidak hanya memiliki waktu untuk menekuni bidang yang menjadi impianmu saja, kan? Tentunya planning dan time management sangat diperlukan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Buatlah rencana untuk apa yang kamu lakukan dalam satu hari, atau karya apa yang kamu hasilkan dalam bidang yang kamu suka. Kemudian buatlah aturan dan jadwal yang pasti dan disertai waktu. Tentunya setelah membuatnya, kamu harus benar-benar melakukannya. Tentunya, semua ini kamu atur dalam rangka mencapai impianmu, kan?

5. Kekonsistenan tekadmu

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/João Jesus

Kekonsistenan tekadmu dalam mencapai impian sebenarnya berkaitan dengan pola hidup, planning dan time management yang kamu buat. Jika kamu menjalankan pola hidup dan mengikuti planning serta time management dengan baik, tentunya akan timbul sikap konsisten pada dirimu.

Tapi tidak hanya itu, konsistennya dirimu juga berkaitan dengan semangat dalam dirimu dalam mencapai impianmu. Jika sudah konsisten, percayalah, kamu tidak akan bermain-main lagi dalam rangka mencapai impianmu. Kamu akan lebih serius dan memiliki visi-misi kuat untuk masa depanmu dalam meraih impianmu.

Tentunya, kamu tidak peduli terhadap lingkungan sekitar yang meremehkanmu, karena akan timbul mental kuat secara alami pada dirimu.

6. Kesehatan mentalmu

Jangan Dibayangin saja, Wujudkan Impianmu Pakai 6 Cara iniPexels/freestock.org

Setelah kamu melakukan semuanya, yang terpenting dari semua hal diatas sebenarnya adalah kesehatan mentalmu. Terkadang, kita tidak bisa memaksakan lingkungan dan keadaan yang terjadi di sekitar kita. Pasti ada yang mendukung impianmu dan ada yang tidak mendukungmu. Terkadang, kamu lebih berfokus yang tidak mendukungmu.

Cobalah hapus bayangan tentang pendapat orang-orang itu dan fokuslah pada diri sendiri. Kenalilah dirimu lebih jauh lagi tentang kelebihan dan kekuranganmu. Kemudian pelajarilah proses refleksi dirimu itu dan ubahlah dirimu menjadi pribadi yang sehat dan lebih baik.

Dengan kamu benar-benar mengenali diri sendiri, kamu akan mendapatkan hikmah indah untuk perkembangan dirimu. Percayalah, jika benar-benar melakukannya, kamu akan memiliki keyakinan kuat bahwa kamu bisa meraih impianmu dan akan merasa bahagia karena itu!

Inilah yang harus kamu perhatikan dalam rangka mencapai impianmu. Para tokoh yang sudah sukses dalam mengeluarkan sebuah karya pun meyakini, bahwa impian tidak mudah untuk dicapai.

Semangat saja tak cukup. Tetapi bagaimana usaha kamu dalam melakukan cara-cara di atas secara sungguh-sungguh. Semoga dengan cara-cara di atas, kamu bisa lebih semangat untuk meraih impianmu, ya!

Starlight Photo Verified Writer Starlight

"Let's enjoy the journey and hope, we still have a chance to be exist."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You