Comscore Tracker

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!

Mungkin kamu sendiri tidak menyadarinya

Negosiasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih, dimana tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mencapai kesepakatan bersama. Mungkin bagi sebagian besar orang pasti pernah melakukan suatu negosiasi. Namun tahukah kamu, ternyata hanya sebagian kecil orang yang bisa sukses dalam melancarkan aksi negosiasinya.

Bahkan bagi beberapa orang ada yang kerap kali menemui jalan buntu saat melakukan negosiasi. Sehingga, tak jarang negoisiasi yang dilakukan terkadang tidak membuahkan hasil yang maksimal. Dalam bernegosiasi sebenarnya dibutuhkan trik dan beberapa skill agar negosiasi berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun, hal ini terkadang tidak sepenuhnya berlaku bagi mereka yang memang diciptakan memiliki bakat untuk bernegosiasi.

Mereka yang ditakdirkan memiliki bakat tersebut secara naluri memiliki insting dan mengerti akan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan dari suatu negosiasi.

Nah, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi tanda kalau kamu adalah seorang negosiator handal. Apa aja, sih? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kamu memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan baik kepada semua orang

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!rawpixel.com/Felix

Tanda pertama kalau kamu seorang negosiator handal adalah kamu memiliki kemampuan menyampaikan informasi dengan baik ke semua orang. Seorang negosiator andal pada dasarnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik di mana ketika negosiator menyampaikan suatu  informasi, maka informasi tersebut akan sangat mudah dicerna oleh lawan bicaranya.

Hal ini tentunya juga menjadi ciri yang melekat pada kebanyakan negosiator andal lainnya. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang baik, maka hal ini akan berdampak pada kelancaran jalannya suatu negosiasi.

2. Ketika kamu berbicara, orang-orang dapat dengan mudah terpengaruh oleh perkataanmu

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!pexels.com/mentatdgt

Nah, tanda yang kedua ini adalah kamu mampu membuat orang yakin terhadap pandanganmu sehingga, apa pun yang kamu katakan akan membuat orang-orang terpengaruh dengan setiap penjelasan yang kamu berikan.

Perlu kamu ketahui bahwa seorang negosiator pastinya dituntut untuk bisa memiliki kemampuan mempengaruhi seseorang. Jika kamu memiliki bakat ini, mungkin akan sangat cocok jika kamu menjadi seorang negosiator.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Pahami Agar Didengar Orang Saat Berbicara

3. Dalam sebuah pembicaraan, kamu orang yang kritis hingga selalu mampu menemukan titik kelemahan lawan bicaramu

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!pexels.com/Jopwell

Sikap kritis ini menjadi ciri khusus yang  sering melekat pada seorang negosiator. Hal tersebut biasa mereka jadikan sebagai senjata untuk lawan bicaranya ketika mereka sedang dalam proses negosiasi.

Sikap kritis ini juga sering kali membuat mereka menjadi lebih kuat dalam berargumen karena mereka sangat mampu menemukan titik kelemahan lawan saat berbicara. Jika kamu merasa memiliki kemampuan ini, maka tidak diragukan lagi bahwa bakat untuk menjadi seorang negosiator ada pada dirimu. 

4. Kamu mampu menemukan solusi dari suatu permasalahan

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!pexels.com/Rawpixel

Seorang negosiator selain dituntut untuk peka terhadap suatu masalah yang terjadi, mereka juga harus dapat berpikir secara cepat & strategis. Hal ini berkaitan erat karena tujuan dari adanya negosiasi adalah sebuah kesepakatan.

Oleh karena itu, kesepakatan yang dibuat oleh negosiator tentunya harus berisi solusi yang bisa memberikan keuntungan yang sama untuk kedua belah pihak. Jika memiliki satu tanda ini bisa dipastikan kalau kamu memang berbakat untuk menjadi seorang negosiator.

5. Kamu orang yang percaya diri

5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Seorang Negosiator Andal!Pexels/rawpixel

Hal yang wajib untuk kamu ketahui adalah hampir semua negosiator profesional memiliki sikap percaya diri yang tinggi. Sikap percaya diri ini yang kemudian menjadi modal utama bagi seorang negosiator. Dengan percaya diri, maka seorang negosiator akan terlihat lebih berwibawa dan berkarakter. Hal tersebut juga menjadikan seorang negosiator akan terlihat lebih meyakinkan ketika ia sedang berkomunikasi.

Nah, itu dia guys, 5 tanda kalau kamu memiliki bakat untuk menjadi seorang negosiator andal. Lalu bagaimana denganmu, apakah kamu memiliki kelima tanda tersebut? 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Jadi Orang yang Terlalu Percaya Diri

Mochamad Dohan Photo Writer Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya