Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  

Menulis artikel sesuai SEO agar terindeks Google

Webinar Indonesia Writing Festival yang diadakan IDN Media, telah di mulai 21 September 2020. Banyak pilihan kelas menulis bisa diikuti secara live lewat aplikasi Zoom, YouTube dan Instagram.

Salah satu bahasan di kelas menulis sesi dua, pada hari pertama yaitu Annyeongha-SEO, dibawakan oleh Septi Maulida membahas tentang SEO. Bahasan materi seperti cara kerja SEO atau kegunaanya dijelaskan dengan gamblang oleh Septi Maulida.

Lalu, bagaimana karakteristik SEO bisa membuat artikel dapat menarik pembaca online, yuk simak ulasannya.

1. Buat konten artikel organic, evergreen, dan long term

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  unsplash.com/Kaleidico

Di awal kelas menulis Annyeongha-SEO, pemateri Septi Maulida banyak menjelaskan seputar SEO. Search Engine Optimization atau SEO merupakan teknik tools di dunia digital, untuk mengoptimalkan pencarian artikel di laman mesin pencari seperti Google.

Lalu bagaimana cara artikel penulis agar bisa terindeks oleh Google bahkan menjadi pencarian no 1, yaitu dengan memahami karakteristik SEO.

Agar artikel muncul di laman depan pencarian Google, karakteristik SEO yang harus diterapkan adalah membuat konten artikel yang organic, evergreen dan long term. Menurut Septi Maulida, membuat isi artikel yang dapat diakses segala usia bisa menjadi peluang tampil di laman depan Google.

2. Judul click worthy

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  Dok.pribadi

Selain membuat artikel dengan konten menarik, hal lain yang bisa mempengaruhi tampil di laman depan Google adalah membuat judul click worthy. Pemilihan judul memang hal penting menulis artikel tapi masih banyak penulis yang membuat judul clickbait, hanya agar pembaca penasaran untuk mengklik.

Septi Maulida menyarankan sebaiknya pilihlah judul artikel yang memang berisi sesuai artikel, agar pembaca online mendapat impact yang diinginkan dari artikel.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Mengembangkan Passion Menulis ala Nadhifa Tsana

3. Menulis artikel dengan long time keyword

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  pexels.com/Pixabay

Bagi penulis pemula atau blogger mungkin akan mengalami writer's block, saat melihat viewer artikel tidak seperti yang diinginkan. Hal yang perlu dilakukan menurut Septi Maulida yaitu, terus menulis sesuai tema yang kita sukai (passion) dan menerapkan long time keyword.

Hal ini akan membantu karena cara kerja dasar SEO adalah optimalisasi sesuai keyword search. Jadi meski viewer sedikit, tapi Google akan otomatis mengindeks sesuai keyword search artikel.

4. Keyword artikel focus and speed

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  unsplash.com/Ali Yahya

Hal lain yang diperlukan artikel agar tampil dalam laman mesin pencarian yaitu fokus pada keyword dan ketepatan pencarian. Cara kerja SEO yang mengoptimalkan keyword ternyata berpengaruh pada keseluruhan artikel, tidak hanya pada judul.

Jadi agar tampilan artikel baik, kita perlu menggunakan keywords counter untuk tau berapa persen sih porsi kata yang kamu gunakan dalam artikel. Kamu bisa akses wordcounter.net untuk tau ambang batas kata yang kamu gunakan, idealnya sekitar 2 - 4 persen.

5. Menulis artikel sesuai kebutuhan pembaca

IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  pexels.com/bongkarn thanyakij

Menulis sesuai kesenangan atau hobi memang sangat asyik tapi untuk tampil di laman depan mesin pencarian ada baiknya kita menulis sesuai kebutuhan informasi pembaca. Septi Maulida menyarankan untuk rajin mengecek apa saja hal trending atau populer yang sedang terjadi. Lewat Google trends atau Google news bisa membantu agar ide menulis berkembang.

Nah sudah tau karakter dan cara kerja SEO kan, yuk buat artikel menarik yang worthy untuk dibaca juga bisa first rank di Google. Hwaiting!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: Gunakan 5 Teknik SEO Ini agar Artikelmu Dibaca Banyak Orang

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya