Comscore Tracker

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahu

Yuk, mulai sekarang dibiasakan!

Sekilas mendengarkan adalah aktivitas yang mudah. Toh cuma modal telinga. Tapi jangan salah, mencari orang yang mau benar-benar mendengarkan saat orang lain bicara, termasuk sulit, lho. Karena kecenderungannya, orang lebih senang untuk ngomong dibanding mendengarkan ketika percakapan terjadi.

Nah, kalau kamu masih termasuk yang lebih senang ngomong, dibanding mendengarkan, coba deh simak ulasan di bawah ini. Ada beberapa manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang pendengar yang baik.

1. Melatihmu untuk fokus

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahupixabay.com/stocksnap

Menjadi pendengar yang baik, artinya kamu harus memperhatikan apa yang lawan bicara sampaikan. Bukan malah main gadget atau bengong. Kalau ini sudah kamu biasakan, tanpa sadar, kamu telah melatih dirimu untuk menjadi lebih fokus dan tidak teralihkan dengan hal-hal lain.

Kebiasaan ini bisa terbawa saat kamu mengerjakan tugas atau sedang belajar. Telah terbiasa untuk fokus, kamu akan menjadi lebih produktif.

2. Membuatmu jadi lebih sabar 

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahupexels.com/@radu

Mendengarkan itu butuh kesabaran, itulah sebabnya tak semua orang bisa melakukan. Seorang pendengar yang baik, harus menunggu lawan bicara mengutarakan maksudnya sampai selesai, dan menahan diri untuk tidak main gadget, sibuk dengan pikirannya sendiri, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang Lain

3. Melatihmu berpikir kritis

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahufreepik.com/cookie-studio

Saat mendengarkan cerita orang lain, kita jadi nambah wawasan dan sudut pandang baru. Bisa saja hal yang diceritakan ternyata bertentangan dengan pandangan kita selama ini, dan ini akan membuat kita mampu melihat segala situasi tidak semata-mata hitam dan putih.

Selain itu, biasanya ketika orang curhat, ia akan meminta opini kita. Dan ini bisa melatih kemampuan untuk berpikir cepat dan menyeluruh. Gimana caranya saran kita bisa dipakai, tapi tanpa menyinggung perasaan lawan bicara. Skill ini gak gampang, lho.

4. Orang lain merasa nyaman berhubungan denganmu

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahupexels.com/@allan-mas

Sebuah percakapan terjadi dua arah. Mendominasi percakapan memang bisa mendatangkan perasaan menyenangkan karena semua perhatian tertuju padamu. Tapi, jangan kaget kalau orang-orang di sekitarmu jadi enggan ngobrol.

Mereka jenuh karena selalu kamu yang menguasai pembicaraan tanpa memberi kesempatan orang lain untuk didengarkan. Menjadi pendengar yang baik membuat banyak orang jadi senang berbicara denganmu. Mereka merasa dihargai dan dapat mendatangkan perasaan nyaman dalam diri mereka.

5. Lebih dihormati

5 Manfaat Positif Menjadi Pendengar yang Baik, Penting untuk Kamu Tahupexels.com/@sam-lion

Mendengarkan orang lain merupakan perwujudan sikap menghormati, dan timbal baliknya, orang pun akan menghormati kamu. Dari sikap kamu yang selalu mendengarkan dengan seksama saat orang lain bicara, menunjukkan bahwa kamu bukan tipe orang yang egois atau narsis, yang hanya peduli terhadap dirinya sendiri.

Hal ini tak hanya menguntungkan dari segi hubungan pertemanan, tapi juga sisi profesional. Kebiasaan selalu mendengarkan dengan baik, membuatmu mampu memahami lebih dalam, apa yang dibutuhkan klien sehingga output yang didapat pun jauh lebih memuaskan. Dengan begitu, kariermu pun bisa jadi ikutan terangkat.

 


Dari paparan di atas, kita bisa menarik kesimpulan, dibalik kebiasaan yang terkesan sepele, menjadi pendengar yang baik, ternyata bisa mendatangkan berbagai keuntungan.

Tak hanya bagi orang lain (menimbulkan perasaan dihargai dan dihormati), tapi juga bagi diri sendiri. Gimana, tertarik untuk mulai menerapkannya mulai sekarang?

Baca Juga: 5 Kalimat yang Pantang Kamu Ucapkan Saat Menanggapi Curhat dari Teman 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya