Comscore Tracker

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi Bucin

Kamu juga bisa dicintai orang lain #IDNTimesLife

Bucin memang menjadi fenomena yang mulai dihindari banyak orang. Karena efek bucin biasanya membawa kerugian bagi orang yang mengalaminya. Bagaimana kamu bisa bertahan dengan orang yang tak pernah bisa membuatmu bahagia?

Oleh karena itu, sekarang banyak orang yang ingin sekali bebas dari bucin, ketika dekat dengan seseorang. 

Nah, berikut ini ternyata lima sikap yang bisa membuatmu terhindar dari sikap bucin. Mulai sekarang bisa banget untuk dicoba dan diterapkan, ya. 

1. Mulai sadari bahwa dirimu berharga

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi BucinIlustrasi pria macho (pixabay.com/Olichel)

Penyebab orang bucin biasanya karena menganggap dirinya tidak berharga, tidak layak, dan tidak sempurna. Sehingga saat ada orang yang mendekatinya, mereka langsung memberikan seluruh cinta dan kasih sayang. Padahal, semua orang juga termasuk kamu, tidaklah sempurna. Namun bukan berarti tidak berharga.

Kamu punya hidup yang mungkin saja diinginkan orang lain. Jadi syukuri tentang apa adanya dirimu. Belajar untuk mencintai diri sendiri sehingga kamu akan tahu, bagaimana orang seharusnya memperlakukan kamu. 

2. Ketahui potensi yang ada dalam dirimu

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi BucinIlustrasi di rumah saja (pixabay.com/DizzyRoseblade)

Setelah mencintai diri sendiri, kamu harus sadari potensi apa yang kamu punya. Bohong banget jika kamu tak memiliki suatu kelebihan dari dalam dirimu. Sekecil apa pun, itu menunjukkan kamu memiliki nilai. Gunakan itu dan perdalamlah. Mungkin saja itu jadi sumber penghasilanmu juga. Dengan demikian, kamu bisa sadar bahwa kamu layak, kok dapat yang terbaik. 

Jika kamu hanya melihat potensi dalam diri gebetan, berarti kamu hanya akan memuji dia. Padahal, kamu juga harus punya modal percaya diri saat kamu akan berhubungan dengan orang lain.

3. Punya multigebetan

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi BucinIlustrasi teman pria dan wanita (pixabay.com/abhishekkandel45)

Selanjutnya adalah punya multigebetan, alias PDKTlah dengan banyak orang. Jangan hanya fokus sama satu orang. Jika demikian, kamu akan memecah fokus dengan beberapa orang dan sadar bahwa masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Sehingga saat gebetan yang satu pergi, kamu masih punya banyak gebetan yang sedang diprospek atau memprospek kamu. Tidak dosa, kok jika dalam PDKT punya banyak gebetan. 

Baca Juga: 6 Lagu Kyuhyun yang Bikin Percaya Diri saat Nyatakan Cinta, So Sweet!

4. Jangan terlalu "investasi" banyak di awal PDKT

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi BucinIlustrasi pernikahan (pixabay.com/2184077)

Selanjutnya, jangan terlalu banyak "investasi" di awal PDKT. Misalnya, selalu kepoin medsos dirinya, ini adalah investasi waktu. Selalu kasih makanan, ini bentuk investasi uang. Jangan melakukannya jika dia sendiri tak pernah berinvestasi sesuatu kepada kamu. Ingat, cinta itu jenis hubungan mutualisme. Tidak bisa satu pihak saja yang terus memberi.

Kamu tentunya ingin diperlakukan dengan baik juga, bukan? Jadi, tak apa sesekali memulai investasi. Tapi jika tak ada respon baik dari dirinya, sudahi saja. 

5. Berani untuk bilang sesuatu hal yang menurutmu salah

Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi BucinIlustrasi pasangan PDKT (pixabay.com/Free-Photos)

Biasanya di tahap PDKT, kamu dan dia masih malu-malu dan jaga image. Namun, kamu harus tahu, ada beberapa hal yang harus diutarakan secara langsung daripada jaim berlebihan. Contohnya masalah perlakuan dia ke kamu. Jika memang itu menyinggung kamu atau membuat kamu tidak nyaman, harus kamu utarakan. 

Jangan terbiasa membuat dirimu kesannya bebas di apain saja oleh gebetan. Semenarik apa pun dia, pasti lebih menarik gebetan yang bisa menghargai dan menjaga perasaanmu.

Jadi, dengan berlatih memiliki lima hal di atas, kamu bisa terhindar dari yang namanya bucin. Cintailah orang yang memang bisa dan mampu memberikan cintanya ke kamu. Jangan kamu terus yang memberi. Ingat, hubungan asmara harus mutual!

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Sebenarnya Tak Begitu Mencintaimu, Hati-hati!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya