Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lain

Cukup berbuat baiklah

Ketika kita bisa berbuat baik pada orang lain maka kita mulia. Demikian berkat kebaikan tersebut punya nilai positif. Tapi kebaikan itu akan berkurang kemuliaannya jika menuntut kebaikan kembali pada orang lain. 

Tanpa sadar dari kita pasti pernah melakukannya. Karena harapan yang telah ditaruhkan. Sayangnya berharap orang lain membalas baik perlakukan kita adalah perilaku yang salah. Inilah alasan mengapa tak baik mengharapkan balasan baik orang lain.

1. Biar gak sakit hati karena kecewa

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lainilustrasi seseorang duduk (pexels.com/Engin Akyurt)

Kalau mau berbuat baik jangan membuat alasan mengapa harus melakukannya. Karena berbuat baik itu tidak harus pilih-pilih orang lho. Berbuatlah atas dasar naluri diri sendiri. 

Karena jika tidak akan timbul rasa menaruh harap berlebihan pada orang lain. Harapan itulah yang akan membuatmu bisa kapan saja hancur. Maka dari itulah ketika berbuat baik jangan mengharap kebaikan pada orang tersebut. 

2. Supaya tidak memicu ketidak ikhlasan berbuat baik

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lainilustrasi wanita ekspresi kecewa (pexels.com/Anna Shvets)

Kebaikan akan ternilai ibadah dan mendapatkan pahala jika dilakukan dengan ikhlas. Berbuat baik atas dasar kasih dan sayang bukan paksaan. Inilah yang menjadikan alasan berbuat baik itu tidak boleh menuntut balasan baik pula.

Karena agar tidak memicu ketidak ikhlasan yang bisa berujung pertikaian. Jadi mulai sekarang ingatlah bahwa saat berbuat baik jangan mengharapkan balasan yang setimpal pula. Belajarlah untuk ikhlas melakukannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Segera untuk Berbuat Baik, Lakukan Sekarang!

3. Enggan berbuat baik lagi

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lainilustrasi dua wanita marahan(pexels.com/Anna Shvets)

Ketika perbuatan baik yang dilakukan tak berbuah manis, kekecewaan bisa saja muncul. Ekspektasi tinggi mengharap orang lain membalas kebaikan kita dengan baik pula. Namun, apalah daya kita tidak bisa mengendalikan orang mau berbuat apa. 

Saat merasa perilaku baiknya tidak terbalas, bisa membuat orang malas berbuat baik. Enggan melakukannya sebab takut kecewa. Inilah alasan mengapa tak boleh mengharap balasan terlalu tinggi pada orang lain. 

4. Menjadi orang yang perhitungan

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lainilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Berbuat baik tak perlu ada kalkulasi. Karena kebaikan tak membutuhkan perhitungan. Jadi jika kamu menuntut balasan itu berarti kamu sangat perhitungan orangnya.

Akibatnya adalah kamu jadi tidak mudah percaya pada orang lain. Begitu pun sebaliknya, dirimu akan dihindari oleh banyak orang sebab sifatmu itu. Maka jika tak ingin mengalami dampak demikian, jangan jadi perhitungan ya.

5. Berbuat baik tak butuh validasi

5 Alasan Kuat Tak Usah Mengharap Balasan Baik Orang Lainilustrasi dua orang (pexels.com/RODNAE Productions)

Pengakuan sudah melakukan perbuatan baik tentu tak boleh di lakukan. Jika dalam berbuat baik masih butuh pengakuan itu sama saja pamrih. Bisa jadi pahala di sisi Tuhan akan berkurang nilainya.


Maka jangan lakukan hal demikian ya. Jika tak ingin akibat yang tidak baik akan kamu alami. Berbuat baiklah tanpa harus mengharap sesuatu.  

Berbuat baiklah jika kamu memang ingin melakukannya. Bukan karena orang lain ataupun ingin divalidasi, apalagi jika kamu berharap orang lain membalas kebaikanmu. Sebab tak ada gunanya mengharapkannya. 

Baca Juga: 5 Dampak yang Akan Dirasakan saat Terlalu Berharap pada Orang Lain

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya