Comscore Tracker

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermakna

#RamadanMasaKini Biar makin disayang Allah

Bulan Ramadan adalah bulan ketika orang-orang berlomba menggapai pahala yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Salah satu berkah yang dapat kita capai di bulan ini adalah dengan khatam Al-Quran.

Tapi mungkin banyak dari kita yang belum bisa mengatur waktu untuk membiasakan membaca Al-Quran sehingga mencapai khatam itu cukup sulit. Tapi tenang, untuk kamu yang ingin sekali khatam Al-Quran, yuk ikuti cara-cara ini!

1. Sekarang, tentukan berapa ayat yang harus dibaca setelah shalat.

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermaknaislamicity.org

Setelah shalat adalah waktu yang terbaik untuk membaca Al-Quran. Maka dari itu, biasakanlah membaca Al-Qur'an setelah shalat dan tentukanlah berapa minimal ayat yang harus kamu baca.

Misalnya, kamu harus membaca 20 ayat setelah shalat. Bila dalam sehari kamu shalat lima waktu, maka tiap hari kamu akan membaca minimal 100 ayat. Banyak kan?

2. Mulai sekarang, bawa Al-Quran kecil kemanapun kamu pergi. Gak berat kok!

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermaknatokopedia.com

Untuk efisiensi dan menghindari alasan untuk tidak membaca Al-Quran, bawalah Al-Quran travel kemana-mana. Jadi di manapun kamu shalat, kamu bisa membaca Al-Quran setelahnya. Selain itu, kamu juga bisa membaca di tengah kesibukan misalnya saat kerja, atau saat di transportasi umum.

3. Atau, kamu bisa download aplikasi Al-Quran di handphonemu. Banyak banget kok yang enak dibaca.

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermaknayoutube.com

Banyak aplikasi-aplikasi seperti Al-Quran virtual di store yang bisa kamu download. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang tidak bisa lepas dari handphone dan gadget lain. Dengan ini, kamu akan terus ingat untuk membaca Al-Quran.

Baca Juga: Kamu Pasti Belum Tahu 9 Fakta Seputar Ramadhan Berikut Ini!

4. Pasang wallpaper handphone berisi pengingat kamu untuk membaca Al-Quran.

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermaknahuffingtonpost.com

Bila kamu adalah tipe orang yang cepat lupa, cooba pakailah wallpaper handphone atau barang pengingat lainnya yang akan mengingatkanmu untuk terus membaca Al-Quran sampai khatam. Cukup lah untuk jadi penyemangatmu untuk membaca.

5. Percayalah, sebenarnya kamu punya waktu untuk baca Al-Quran. Hanya saja, kadang kamu tak menyadarinya. Mulai sekarang coba deh baca di waktu senggang.

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermaknanew-muslims.info

Biasanya saat weekend, banyak sekali waktu senggang yang kamu miliki di rumah. Daripada hanya berdiam diri, ambillah wudhu dan pakailah pakaian shalat-mu lalu bacalah Al-Quran minimal beberapa ayat yang sudah kamu tentukan dari awal.

6. Budayakan shalat tahajud, lalu setelahnya baca Al-Quran. Dijamin hatimu juga akan tenang.

6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin BermaknaSumber Gambbar: muslimsforallah.com

Waktu shalat tahajud adalah waktu yang sangat baik dan tenang. Setelah shalat tahajud, kamu bisa sekalian membaca Al-Quran. Biasanya, membaca Al-Quran setelah shalat tahajud membuatmu membaca lebih banyak ayat karena faktor kenyamanan, ketenangan dan lainnya.

Ayo, masihkah ada alasan untuk tidak khatam Al-Quran? Mumpung di bulan Ramadan loh!

Baca Juga: SPBU Ini Gratiskan 2 Liter Pertamax Jika Kamu Baca 1 Juz Al-Quran, Mau?

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya