Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh Pertimbangan

Membuatmu lebih bijaksana dalam segala aspek kehidupan

Berpikir matang dan penuh pertimbangan adalah hal positif yang sudah seharusnya dilakukan dalam berbagai situasi kehidupan. Memang cara berpikir ini tidak bisa didapatkan secara instan, maka perlu terus berlatih untuk dapat menjadikannya sebagai pola pikir dalam dirimu.

Nah, kamu sendiri sudah bisa berpikir secara matang dan penuh pertimbangan, belum? Coba simak yuk 5 tandanya berikut ini!

1. Kamu berpikir sebelum bicara atau bertindak 

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh PertimbanganUnsplash/NeONBRAND

Orang yang penuh pertimbangan selalu memikirkan secara matang segala hal sebelum diucapkan atau dilakukan. Ia tidak mau gegabah dan terburu-buru hanya untuk menyampaikan atau melakukan gagasannya. Karena ia tahu bahwa ada hukum sebab dan akibat.

Segala yang dikatakan atau dilakukan akan berdampak pada orang lain atau diri sendiri. Maka, ia sangat hati-hati menjaga lisan dan tindakannya agar selalu mengarah pada hal-hal baik dan positif.

2. Kamu tidak tergesa-gesa membuat keputusan kecil atau besar

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh PertimbanganUnsplash/Ethan Sykes

Membuat keputusan kecil atau besar sudah sebaiknya sama-sama dipertimbangkan. Jadi, karena hal kecil bukan berarti disepelekan untuk tetap dipikirkan. Malah, dari hal-hal kecillah kita bisa lebih belajar menghargai hal-hal yang lebih. Pun, melatih kita untuk memutuskan hal-hal yang besar.

Hal kecil dan hal besar keduanya selalu punya dampak. Namun, yang membedakan hanyalah cara dalam memutuskan keduanya. Jadi, orang yang berpikir matang tidak akan abai untuk memikirkan hal-hal kecil dengan baik.

3. Kamu menganalisis secara detail dan menyeluruh setiap permasalahan

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh PertimbanganUnsplash/Green Chameleon

Orang yang berpikir matang selalu punya kebiasaan menganalisis secara tepat. Ia menganalisis secara detail dan menyeluruh setiap permasalahan atau kasus yang dihadapinya. Sehingga, ia benar-benar memahami apa yang sedang dan akan dihadapinya.

Kamu tidak hanya berpikir secara gambaran besar, namun juga mengulas hal-hal yang lebih kecil lagi. Pun, segala kemungkinan seperti tantangan beserta solusinya juga telah dipikirkan olehmu. Selain itu, kamu terkadang juga berpikir dengan analisis yang lebih jauh dan mendalam seperti membuat rencana atau pemikiran lainnya sebagai cadangan.

Baca Juga: 7 Tipe Orang Mengisi Waktu Ketika Physical Distancing, Kamu Tipe Mana?

4. Kamu mengenali emosi dan cara berpikirmu sendiri

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh PertimbanganUnsplash/Adolfo Félix

Orang yang berpikir matang memahami benar bagaimana dirinya dalam berpikir dan memutuskan sesuatu. Karena ia sedang menganalisis pemikiran dan perasaanya juga sebelum memutuskan sesuatu. Ia mengenali kapan emosi dan logikanya harus digunakan dan kapan harus dikendalikan.

Orang yang berpikir matang sadar bahwa terkadang pikiran dan perasaannya bisa terpengaruh kepada hal-hal positif dan negatif, sehingga hal ini akan berpengaruh pula pada hal-hal yang dipertimbangkannya. Maka, biasanya orang yang berpikir matang dan penuh pertimbangan memiliki kontrol diri yang baik dalam menggunakan emosi dan logikanya.

5. Kamu tidak tertarik pada hal-hal yang tidak memberi manfaat dan kebaikan

5 Tanda Kamu Memiliki Pemikiran Matang dan Penuh PertimbanganUnsplash/Nadine Shaabana

Orang yang penuh pertimbangan selalu memikirkan baik dan buruk dalam berbagai aspek kehidupan. Ia cenderung memilih hal-hal baik dan bermanfaat untuk dirinya. Kembali lagi, karena ia sadar akan sebab dan akibat dari setiap yang dipertimbangkannya.

Jadi, ia selalu memiliki alasan yang melatarbelakangi setiap tindakan dan ucapan yang dipilihnya. Karena adanya kesadaran dalam diri dan penghargaan terhadap kehidupan. Jadi, kamu tidak ingin menggunakannya untuk hal yang sia-sia dan tidak memiliki dampak baik.

Nah, itulah tadi 5 tanda bahwa kamu adalah pribadi yang berpikir matang dan penuh pertimbangan. Semoga pembahasan di atas bisa membantu dan menginspirasimu ya!

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Gak Perlu Kamu Dengar Omongannya, Gak Penting! 

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: miariantilubis4798@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya