Comscore Tracker

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut Islam

Jangan kelamaan di kamar mandi, ya guys!

Salah satu aktivitas yang sering kali dilakukan di pagi hari adalah keluar masuk kamar mandi, entah itu hanya untuk cuci muka ataupun mandi pagi. Aktivitas tersebut pasti dilakukan minimal satu kali dalam sehari.

Sebagai umat beragama Islam, keluar masuk kamar mandi juga ada adabnya atau tata caranya agar apa yang kita lakukan menjadi nilai pahala bagi kita. Salah satu adab atau tata cara ke kamar mandi yaitu berdoa pada saat masuk ataupun keluar.

Selain berdoa, 5 tata cara ke kamar mandi ini harus diperhatikan menurut ajaran Islam. Yuk, simak penjelasanya!

1. Mendahulukan kaki kiri saat memasuki kamar mandi dan mendahulukan kaki kanan saat keluar

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut IslamUnsplash.com/Michał Parzuchowski

Sebaik-baiknya melangkah memang didahului dengan kaki sebelah kanan. Tapi lain halnya dengan langkah saat memasuki kamar mandi, kita dianjurkan menggunakan kaki kiri saat memasuki kamar mandi. Hal ini kamar mandi merupakan salah satu tempat yang kotor, sehingga kita diawali dengan kaki kiri yang bisa melambangkan ke kotoran.

Sementara pada saat kita keluar kamar mandi dianjurkan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu, karena sudah keluar dalam keadaan bersih.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya 

"Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap  perkara (yang baik-baik)." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Tidak menghadap kiblat dan membelakangi kiblat 

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut IslamUnplash.com/bruce mars

Sebagaimana Abu Ayyub Al Anshori berkata, bahawa  Nabi Muhammad Saw bersabda, yang artinya

"Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi, hadaplah ke arah timur atau barat." (HR. Bukhori dan Muslim)

Menghadap kiblat saat di kamar mandi, bisa juga dimaknai bahwa itu merupakan suatu bentuk penghinaan. Karena terdapat kiblatnya ummat islam berupa ka'bah. Larang menghadap kiblat saat di kamar mandi sebenarnya dilarang apabila tempat buang hajatnya terbuka tidak ada yang menghalanginya.

Untuk itu, alangkah baiknya pada saat kita membangun kamar mandi memperhatikan arah kiblatnya agar kita tidak menghadap atau membelakangi kiblat.

Baca Juga: Sepuluh Waktu Berdoa yang Mustajab Dikabulkan oleh Allah SWT

3. Jangan berdiam diri terlalu lama di kamar mandi

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut IslamUnsplash.com/Mitchell Orr

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang kotor, untuk itu islam mengajarkan agar sesegera mungkin keluar dari kamar mandi. Selain itu, kamar mandi juga merupakan salah satu rumah setan, sehingga di kamar mandi banyak godaan setan.

Sebagaimana Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu berkata,  bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya

"Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan." (HR. Ahmad)

4. Pada saat di kamar mandi diharuskan untuk diam, jangan bersuara

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut IslamUnsplash.com/Ava Sol

Sering kali pada saat di kamar mandi, terkadang dibarengi dengan menyanyi padahal hal ini dilarang dalam ajaran Islam. Bahkan sekalipun ada seseorang yang mengucapkan salam, kita dianjurkan untuk diam tidak mengeluarkan kata-kata sedikit pun.

Sebagaimana Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata:

"Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya." (HR. Muslim)

5. Tidak beristinja atau bersuci dengan tangan kanan

Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut IslamUnsplash.com/Jude Beck

Sebaik-baiknya hal adalah dilakukan dengan menggunakan tangan kanan, tetapi Islam mengajarkan pada saat kita beristinja atau bersuci sebaiknya menggunakan tangan kiri. Karena mengingat bahwa tangan kanan ini digunakan untuk makan dan hal-hal baik lainnya.

Larangan menggunakan tangan kanan saat beristinja atau bersuci telah disebutkan dalam sebuah hadis, dari Abu Qotadah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya

"Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja’ dengan tangan kanannya."
(HR. Bukhari dan Muslim )

Dengan hadis tersebut jelas sudah bahwa beristinja dengan tangan kanan dilarang dalam ajaran Islam, demi kebaikan kita semuanya.

Nah, itu 5 hal yang perlu diperhatikan pada saat kita ke kamar mandi. Walaupun hal tersebut sederhana terkadang kita lupa untuk melakukannya. Setelah kita tahu adab yang baik saat ke kamar mandi, mari kita belajar perlahan-lahan agar menjadi sesuatu kebiasaan yang baik, untuk mendatangkan pahala bagi kita semuanya.

Baca Juga: 5 Adab Makan dan Minum dalam Islam

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya