Comscore Tracker

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!

Memang benar uang tak bisa membeli kebahagiaan #IDNTimesLife

Saat ini, banyak hal yang kita butuhkan hanya bisa didapat dengan uang. "Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang" kata sebuah ungkapan populer. Hal itu ada benarnya. Itu karena untuk bisa hidup sejahtera, kita harus memenuhi berbagai kebutuhan dengan uang.

Namun, ada pula pepatah terkenal yang berbunyi "money can't buy happiness" alias 'uang tak bisa membeli kebahagiaan'. Mungkin kedengarannya basi, tapi faktanya memang hal-hal yang bisa memberi kita kebahagiaan sejati justru tak bisa dibeli dengan uang. Misalnya lima hal berikut ini yang pasti diinginkan semua orang, tapi mustahil bisa dibeli dengan uang.

1. Keluarga yang harmonis

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!ilustrasi keluarga bahagia (pexels.com/migs reyes)

Semua orang pasti setuju bahwa keluarga yang harmonis adalah salah satu kunci kebahagiaan. Seorang anak pasti bahagia kalau memiliki orangtua yang penyayang dan rukun serta saudara kandung yang juga menyayanginya. Kalau sudah menikah, kamu juga pasti ingin keluarga barumu harmonis.

Nah, apakah keharmonisan keluarga bisa dibeli dengan uang? Tentu tidak. Seandainya bisa, semua orang yang kaya raya pasti punya keluarga yang harmonis. Namun, faktanya tidak demikian. Banyak orang yang kaya raya tetap mengalami perceraian atau bermusuhan dengan anggota keluarganya sendiri.

Kalau memiliki keluarga yang harmonis, kamu patut bersyukur. Jangan sampai kamu kehilangan itu, apalagi gara-gara terlalu sibuk mencari uang. Sangat ironis kalau kamu mengorbankan keluarga demi mendapat uang, padahal uang sebanyak apa pun tidak akan bisa membeli kembali keharmonisan yang sudah hilang.

2. Hubungan asmara yang bahagia

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!ilustrasi pasangan (pexels.com/lucas souza)

Kamu pasti sadar bahwa menjalin hubungan asmara itu butuh uang, apalagi kalau kamu berencana melanjutkannya ke tahap yang lebih serius yaitu pernikahan. Tanpa uang yang cukup, pernikahanmu akan sulit bahagia, bahkan bisa cepat bubar. Namun, yang membuat hubungan asmara atau pernikahan bahagia tentu bukan uangnya.

Supaya bisa bahagia, kamu dan pasangan harus saling mencintai dan setia. Tanpa keduanya, uang sebanyak apa pun akan percuma dan hubunganmu akan tetap gak bahagia. Itu sebabnya, jangan hanya fokus mencari semakin banyak uang, tapi utamakan untuk semakin memperbaiki diri sehingga bisa semakin menyayangi satu sama lain.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Dapat Saat Keluar dari Zona Nyaman

3. Sahabat sejati

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!ilustrasi sahabat (pexels.com/ramil ugot)

Sahabat sejati juga tidak bisa dibeli dengan uang. Punya banyak uang memang memungkinkanmu memperluas relasi dan dapat banyak teman. Namun, tak ada jaminan bahwa mereka adalah teman sejati. Jangan-jangan, mereka justru adalah teman palsu yang hanya mendekatimu karena ingin turut menikmati kekayaanmu saja.

Sebaliknya, sahabat sejati tak peduli apakah kamu kaya atau miskin. Ia akan bahagia kalau uangmu banyak, tapi akan tetap setia kalau uangmu sedikit. Sahabat seperti itu gak bisa dibeli dengan uang. Justru kalau bisa dibeli dengan uang, itu artinya dia bukan sahabat sejati. Itu sebabnya, kalau kamu punya sahabat sejati, pertahankanlah hubungan dengannya.

4. Kesehatan fisik

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!ilustrasi gaya hidup sehat (pexels.com/nathan cowley)

Apakah uang bisa membeli kesehatan fisik yang baik? Banyak orang berpikir demikian karena dengan uang kita bisa membeli makanan bergizi, perlengkapan olahraga, dan bisa berobat ketika sakit. Namun, sebenarnya yang bisa membeli kesehatan yang baik bukan uang, tapi gaya hidup sehat.

Tanpa gaya hidup sehat, uang sebanyak apa pun gak ada gunanya. Dengan uang kamu bisa membeli makanan bergizi. Namun, kalau kamu malah lebih suka makan makanan yang tidak sehat, ya, percuma saja. Bisa juga kamu membeli banyak alat olahraga, tapi gak pernah menggunakannya karena malas. Hasilnya pun sama, yaitu percuma saja.

Itu sebabnya, yang penting bukan seberapa banyak uangmu, tapi seberapa besar niatmu untuk menjalani gaya hidup sehat. Untuk itu, jangan tunggu sampai kamu punya banyak uang baru mulai hidup sehat. Mulailah dari sekarang dan jadikan itu kebiasaan sehingga kamu pasti akan menikmati kesehatan yang baik.

5. Kesehatan mental

5 Hal Berharga yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang, Pertahankan!ilustrasi orang bermeditasi (pexels.com/cottonbro)

Selain kesehatan fisik, kamu tentu tahu bahwa kesehatan mental pun sangat penting. Apakah uang bisa membantumu merawat kesehatan mental? Bisa, misalnya untuk berlibur atau mencari hiburan. Namun, ada banyak hal yang penting untuk menjaga kesehatan mental yang tak bisa dibeli dengan uang.

Misalnya, saat menghadapi masalah, kamu butuh support system dari keluarga dan sahabat supaya jangan sampai terlalu stres. Kamu juga butuh tidur yang lelap dan cukup serta me time alias waktu untuk diri sendiri. Plus, kamu harus membiasakan diri berpikir positif dan bersyukur supaya pikiranmu tidak dipenuhi hal-hal negatif terus.

Semua hal itu tentu tidak bisa dibeli dengan uang. Malah, banyak orang justru mengalami kesehatan mental yang terganggu karena terlalu sibuk mencari uang. Jadi kalau sekarang kamu memiliki kesehatan mental yang baik, pertahankanlah itu. Jangan sampai itu hilang demi mencari uang, padahal uang sendiri tak bisa membeli kesehatan mental.

Lima hal di atas adalah kunci untuk menikmati kebahagiaan, tapi kelimanya tidak bisa dibeli dengan uang. Untuk itu, terbukti bahwa uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan. Jadi kalau kamu sudah memiliki lima hal tersebut saat ini, teruslah pertahankan!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Renungkan Saat Merasa Tak Berharga, Catat!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya