Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  

Suasana kos baru yang asing sering bikin kamu merasa sendiri

Pindah tempat kos sering kali terjadi, entah karena jarak, kenyamanan, atau pun karena harganya jauh lebih murah. Banyak alasan yang melatarbelakanginya. Kepindahan ini terkadang menjadi hal yang berat dilakukan, terlebih bila kamu dekat dengan teman-teman di kos sebelumnya.

Selepas pindah, pasti kamu akan merasa kesepian karena tidak memiliki teman di tempat baru. Untuk itu, agar kamu betah di kos baru dan tidak merasa kesepian, coba lakukan tips di bawah ini.

1. Kenalan dengan teman kos baru

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  ilustrasi wanita berbincang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat menempati kos baru adalah berkenalan dengan tetangga dan teman kos yang lain. Siapkan bingkisan atau makanan kecil untuk mereka, ketuk pintu kamarnya, dan coba memberikannya sambil memperkenalkan diri.

Mereka yang menerima pemberian darimu akan menyambutmu dengan hangat. Namamu akan diingat dan kamu bisa memiliki teman baru di tempat baru dalam waktu singkat.

2. Bersikap ramah saat bertemu atau berpapasan

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Keira Burton)

Jangan hanya berkenalan saja dan selepas itu kamu gak pernah menyapa lagi. Pastikan bahwa kamu bisa menjadi sosok yang ramah untuk dijadikan seorang teman. Cara untuk bersikap ramah adalah dengan tersenyum dan menyapa saat kamu bertemu dengan mereka, entah itu di jalan atau saat berpapasan di dalam kos.

Dari keramahan ini, akan timbul stigma dalam diri mereka bahwa kamu adalah sosok yang asyik. Mereka akan membuka diri dan kamu bisa dekat dengan semuanya.

Baca Juga: Sebelum Sewa Kos, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

3. Melakukan rutinitas seperti biasa 

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  ilustrasi beraktivitas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Kesepian hadir saat kamu tidak memiliki kesibukan sama sekali, seperti saat kamu hanya rebahan saja di dalam kamar. Untuk mengatasi kesepian yang kamu rasakan, maka lakukan aktivitas harianmu. Jika kamu sedang menganggur, maka lakukan hal produktif.

Rutinitas harian seperti berangkat kerja, pulang, makan dan istirahat cukup untuk mengatasi rasa kesepianmu. Gak akan ada rasa galau karena kamu merasa sendirian dan hampa.

4. Bertemu teman lama saat libur 

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  ilustrasi bertemu teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jangan gunakan libur hanya untuk rebahan saja dan menyendiri. Jika belum akrab dengan semua orang di kos baru, maka kamu bisa coba untuk main dengan teman-teman lain.

Mereka pasti mau jika itu mengasyikkan. Bertemu dengan teman akan membuat hari liburmu menyenangkan karena kamu bisa tertawa bersama dengan mendengarkan cerita baru dari mereka.

5. Bangun mindset bahwa kesepian bukanlah hal negatif 

5 Tips agar Kamu Gak Merasa Kesepian setelah Pindah Kos  ilustrasi sendirian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesepian sering kali diidentikkan dengan kesedihan dan kemalangan. Padahal, itu sama sekali tidak. Kamu harus bisa membangun mindset yang benar dalam dirimu bahwa kesepian itu bukanlah masalah yang besar.

Jika kamu bisa membangun mindset ini, maka ada ataupun tanpa teman, hidupmu gak akan kesepian. Kamu masih tetap bisa bahagia dengan kesendirian yang kamu milik ini.

Pindah tempat kos bukanlah masalah jika kamu bisa mengatasi rasa kesepianmu sendiri. Ingat bahwa semuanya bisa kamu lakukan dan kamu harus melakukan tipsnya seperti di atas. Proses pengenalan tidak semuanya bisa berjalan cepat karena ada kalanya kamu akan menemukan kedekatan yang dilakukan dalam waktu yang lumayan lama.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya