Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!

Agar hatimu bisa menjadi lega

Beban pikiran itu bisa datang sebab ada masalah dalam diri, pekerjaan kantor yang terlalu banyak, terlalu memforsir diri sendiri, dan sebab-sebab lainnya yang terjadi. Saat pikiran terlalu banyak beban, pastilah kamu akan merasakan otak terlalu penuh sesak, dan rasanya ingin sekali berteriak, serta bisa segera terbebas dari beban yang membelenggu tersebut.

Nah, berikut ini beberapa cara ampuh untuk melepaskan beban pikiran yang membelenggu dirimu itu agar kamu tak lagi merasa terbebani. Apa saja sih? Yuk, simak!

1. Pergi refreshing ke suatu tempat yang tenang dan menyenangkan

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!unsplash/Robson Hatsukami Morgan

Mungkin selama ini kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lupa bahwa dirimu pun juga butuh waktu untuk refreshing. Bisa jadi beban-beban yang menumpuk di pikiranmu itu disebabkan karena kamu tak memberikan jeda bagi dirimu untuk keluar dari rutinitasmu sehari-hari.

Coba deh saat kamu mulai merasa beban pikiranmu terlalu berat, sulit menemukan solusi, mungkin kamu perlu untuk refreshing sejenak dari rutinitasmu itu agar nanti pikiranmu pun bisa kembali fresh dan bisa berpikir serta mencari solusi dari masalah juga beban yang sedang kamu hadapi.

2. Ceritakanlah apa yang sedang kamu rasakan pada seseorang yang kamu percayai

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!unsplash/Harli Marten

Saat pikiran terasa penuh, masalah seakan menumpuk, mungkin kamu butuh seseorang sebagai teman bercerita untuk membuat hatimu sedikit lega. Sebab terkadang, masalah itu perlu disiasati. Bukan malah dipendam sendiri. Mungkin ketika kamu bercerita, kamu bisa menemukan solusi dari apa yang membelenggumu.

So, coba deh ceritakan apa yang sedang kamu rasakan kepada seseorang yang memang benar-benar kamu percayai. Semoga setelahnya, hatimu bisa sedikit lega, dan beban pikiranmu bisa sedikit berkurang.

Baca Juga: Sederhana, 5 Cara Menghilangkan Stres Ini Bisa Dilakukan Siapa Saja

3. Jauhkan dirimu dari hal-hal yang membebanimu untuk sementara waktu

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!unsplash/Tegan Mierle

Coba deh untuk sebentar jauhkan dirimu dari segala sesuatu yang membuatmu merasa terbebani itu. Misalnya perihal pekerjaan kantor yang menumpuk. Biarkan dirimu untuk relaks sebentar. Jangan terlalu memaksakan dirimu. Sebab yang dikhawatirkan, kamu malah menjadi semakin stres.

Mungkin kamu perlu memberikan ruang sebentar atau jeda untuk dirimu meski sesaat, agar kamu bisa kembali fresh dan fokus dengan kerjaanmu kembali.

4. Sesekali kamu juga perlu untuk quality time dengan dirimu sendiri

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!unsplash/Toa Heftiba

Sibuk dengan rutinitas, kerjaan, dan impian-impian yang ingin dikejar itu sah-sah saja. Tapi kamu juga jangan lupa untuk meluangkan waktu sekedar quality time dengan dirimu sendiri. Sebab, diri sendiri juga butuh dimanjakan. Jangan sampai kesibukanmu itu membuatmu lupa, bahwa dirimu juga punya hak untuk menikmati quality time untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

So, sudahkah kamu memberikan waktu untuk dirimu sendiri?

5. Jangan terlalu menuntut dirimu sendiri dan terimalah dirimu apa adanya

5 Cara Ampuh Melepaskan Beban Pikiran yang Membelenggu, Catat!unsplash/Brooke Cagle

Terkadang, beban pikiran itu juga bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak menuntut dirimu sendiri. Kamu terlalu banyak menuntut dirimu, tapi kamu lupa kapasitas akan dirimu. Kamu boleh saja menuntut dirimu untuk bisa ini dan itu. Tapi kamu juga perlu ingat dan melihat kapasitas diri yang kamu punya.

Jangan sampai gara gara itu, nantinya malah kamu jadi stres dan merasa terbebani dengan apa yang kamu perbuat dan lakukan itu.

Serta, kamu juga perlu menerima apa adanya dirimu, dan tak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Sebab setiap orang itu unik dan istimewa.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan dirimu dari beban pikiran yang membelenggu. Semoga setelahnya, kamu bisa kembali fresh dan tak lagi di bebani dengan hal-hal yang membuatmu stres dan merasa terbebani.

Baca Juga: 8 Penginapan Terpencil di Indonesia, Cocok Banget untuk Mengusir Stres

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya